Life & health

Cara Negosiasi dengan Atasan

By : Anindita Nadya - 2016-08-08 06:39:52 Cara  Negosiasi dengan Atasan

Dalam urusan pekerjaan, negosiasi dengan klien eksternal mungkin sudah biasa bagi Anda. Tetapi, salah satu negosiasi yang lumayan menantang adalah negosiasi dengan atasan Anda. Yuk, simak cara negosiasi dengan atasan berikut ini!

Pastikan waktunya tepat

Sebelum melakukan pendekatan negosiasi, cari waktu yang tepat. Contohnya adalah seperti setelah selesainya suatu proyek yang Anda kerjakan.

Persiapkan dengan baik

Pastikan Anda telah melakukan penelitian tentang orang-orang yang berada di posisi sama dengan Anda yang telah menerima sesuatu yang Anda ingin negosiasikan atau tentang bagaimana organisasi lain menggaji orang yang memiliki keahlian sama seperti Anda.

Jaga emosi Anda

Usahakan untuk tetap netral dan tetap bertahan pada hal yang ingin dinegosiasikan dan tidak terbawa perasaan. Jangan terlalu menunjukkan seberapa besar hal tersebut berarti bagi Anda karena sebaliknya, hal ini dapat melemahkan posisi Anda.

Dukung argumen dengan fakta dan contoh

Daripada terlalu banyak berbicara tentang apa saja pengalaman atau keahlian Anda, coba berikan contoh-contoh konkrit nilai yang Anda berikan untuk perusahaan atau kesuksesan perusahaan yang Anda hasilkan.

Tempatkan diri Anda di posisi atasan Anda

Pikirkan bagaimana ekspektasi hasil yang Anda inginkan dapat menjadi suatu keuntungan bagi bos Anda. Seperti contohnya jika Anda ingin jam kerja yang lebih fleksibel, hal tersebut dapat memberikan Anda waktu lebih untuk berkerja dengan efekif. Berikan contoh bahwa dari sesuatu yang Anda inginkan, atasan Anda juga mendapat keuntungan lebih.

 

(FOTO: DOK. PHOTOGRAPHEE.EU/SHUTTERSTOCK)

Life & health