Rekomendasi Busana Modis Untuk Panggilan Interview Kerja


  • Rekomendasi Busana Modis Untuk Panggilan Interview Kerja
    Inspirasi busana yang bisa digunakan saat interview atau wawancara kerja(Foto:Dok/berbagai sumber)


    Merasa deg-degan karena dapat panggilan untuk interview atau wawancara kerja? Adalah normal karena momen interview merupakan kesan pertama yang akan diperoleh oleh pemberi kerja dan pembuat keputusan. Oleh karenanya, bagaimana membuat kesan pertama ini sukses? 

    Pilihan busana jadi penting. Dengan persiapan matang akan busana yang dikenakan, maka kamu turut menciptakan kesan pertama, sekaligus menentukan diterima atau tidaknya pekerjaan yang dilamar. Pilihan busana yang tepat juga akan menambah rasa percaya diri kala diwawancara. 



    Hal utama yang harus diingat adalah busana yang dipilih mesti disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar. Namun, apapun posisinya, dan meskipun tak ada aturan atau dress code yang dicantumkan dalam panggilan wawancara kerja, cobalah terlihat rapih dan enak dilihat. 

    Jika kamu butuh beberapa inspirasi pilihan busana untuk interview kerja, berikut di antaranya yang bisa jadi pertimbangan. 

    (Baca Juga: Inspirasi Gaya 5 Artis di Rumah Untuk Dicontek Selama WFH)


    1. Navy Blue Blazer 


    (Blazer biru navy untuk interview kerja. Foto: Dok. Bodgan/Pexels)

    Blazer biru navy dan kombinasi bersama blouse bisa jadi salah satu pilihan busana untuk interview kerja. Sekilas tampak simple, tapi sangat versatile. Nilai tambahnya, navy blue blazer juga bisa dipakai lagi dalam beberapa event lainnya, dan dipadupadan dengan busana lain. Diantaranya dipasangkan dengan kemeja, rok dan atau celana khaki. 


    2. Blouse dengan detail 


    (Blouse dengan detail pita. Foto: Dok. cutewayz.com)

    Mengenakan blouse dengan detail bisa juga jadi pilihan. Misalkan, blouse berpita yang memberi tampilan elegan, yang bisa dipadupadan dengan rok atau celana bahan. Tambahkan ikat pinggang mini sebagai pelengkap penampilan. Sementara, buat bawahannya, bisa kenakan rok pensil warna hitam yang simple tapi sharp. Lagi-lagi cocokkan dengan posisi apa kamu diwawancara. Jika perlu, tambahkan jaket atau luaran untuk tampilan keseluruhan. 

    (Baca Juga: 5 Item Simple Yang Wajib Ada Di Mini Bag Kamu!)


    3. Sentuhan maskulin 


    (Blazer khaki sentuhan maskulin. Foto: Dok. shopee.co.id)

    Busana versatile dari wardrobe pasangan bisa juga jadi pilihan. Misalkan blazer khaki miliknya yang bisa dipadupadan dengan blouse atau kemeja dengan detail kerah yang menarik, misalkan kerah Peter Pan. Di samping itu, bisa juga dipadu dengan rok berwarna senada, atau bawahan blue navy buat tampilan lebih menarik. 


    4. Gaya klasik 


    (Gaya klask dengan black dress. Foto: Dok. mmlafluer.com)

    Jika mau bermain aman, pilihan gaya klasik seperti little black dress bisa juga jadi pilihan. Simple, tapi masih berkesan formal. Tak ada salahnya juga berinvestasi lewat satu item ini, karena nantinya masih bisa digunakan lagi untuk event-event lain di kemudian hari. Dress hitam fit body dan detail yang modis memberi kesan professional juga modern. Sebagai tambahan atau pelengkapnya, padupadan dress dengan celana bertekstur, dan sepatu heel hitam yang timeless

    (Baca Juga: Rekomendasi 5 Busana Bermotif Unik Dari Brand Lokal)


    5. Sweater dan celana hitam 


    (Black dress pants. Foto: Dok. aliaexpress.com)

    Celana panjang hitam juga jadi salah satu item yang penting dalam lemari pakaian, karena selain bisa buat interview, juga buat sehari-hari saat kerja. Sekali, kamu punya black dress pants, maka mudah untuk dipadupadan dengan lainnya, misalkan dengan kemeja atau blazer buat formal look. Di samping itu, bisa juga dipadu dengan sweater untuk tampilan business casual. Dengan sedikit kreativitas, celana panjang hitam tak akan tampil membosankan. 


    6. Statement dress


    (Statement dress. Foto: Dok. thebalancecareers.com)

    Meski momen interview kerja mesti dijalani dengan nuansa profesional dan serius, tak ada salahnya sedikit bereksperimen dengan bermain warna pada busana. Misalkan, warna biru laut atau merah marun, yang bisa jadi tambahan untuk wardrobe busana kerja. Dengan pilihan warna dan statement dress seperti ini, kamu tak lagi butuh tambahan aksesori lainnya, karena sudah mewakili pilihan karakter dan kepribadian kamu. Namun, pastikan jika sudah memilih warna terang untuk dress, maka item busana yang lainnya mesti tampil simple tak berlebihan, misalkan sepatunya pilih berwarna hitam. 

    (Baca Juga: 7 Ide Busana Untuk Tampil Memukau di Tahun Baru)


    7. V-Neck Sweater dan celana bahan 


    (Menggunakan V-neck sweater. Foto: Dok. hergamut.com)

    Padupadan blouse atau kemeja dengan V-neck sweater buat tampilan yang versatile. Dengan bawahannya celana panjang hitam atau rok, atau bisa juga dengan dark-wash jeans jika itu perusahaan startup yang kasual. Yang menarik dari kombinasi ini adalah sangat mudah untuk dipadupadankan. Jika mau investasi lagi, maka lengkapi dengan tiga blouse simple dan tiga sweater dengan pilihan warna yang bisa di mix-and-match. Usai interview, busana ini bisa kamu pakai lagi saat kerja. 


    8. Print dan cardigan


    (Blouse bermotif dengan cardigan. Foto: Dok. twinset.com)

    Di samping bermain aman dengan berbagai pilihan busana di atas, jangan takut juga dengan motif. Meski kerap disarankan untuk tidak mencolok, mengenakan busana bermotif tak ada salahnya (asal bukan animal print). Pilih yang masih tepat dan sesuai, misalkan cardigan polos dengan dalaman blouse bermotif, atau cardigan dua warna atau two-tone print. Namun jika ingin memakai bold print pastikan outfit lain padu-padannya simple sehingga tak tampil berlebihan. 

    Bagaimana, sudah siap untuk pilihan yang akan dikenakan buat interview kerja? 


    (Teks: Rai Rahman Indra) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below