Sering Gagal Berbisnis, Hadapi Dengan 10 Cara Ini


  • Sering Gagal Berbisnis, Hadapi Dengan 10 Cara Ini
    Kegagalan memang tidak bisa dihindari dan bisa terjadi dalam skala kecil atau skala besar. Namun, gagal bukan berarti berhenti mencoba. (Foto: Dok. Pexels.com/Kaboompics.com)

    Kegagalan bisa terjadi dalam skala kecil seperti kalah pitching atau justru dalam skala besar, misalnya tak mampu menggaji karyawan.

    Namun, sosok entrepreneur yang baik bukan didefinisikan dari kegagalannya, melainkan dari cara kamu menghadapinya, karena kemampuan mengendalikan situasi eskternal dan internal dalam kondisi sulit bisa membentuk entrepreneurship yang baik.

    Jika kegagalan tengah melanda, berikut cara mengatasinya:





    (Siapkan rencana darurat untuk hadapi potensi kegagalan. Foto: Dok. Pexels.com/mentatdgt)

    Menyiapkan diri

    Kamu tak harus membuat rencana darurat yang sempurna demi menghadapi semua jenis kegagalan. Namun, mempersiapkan mental untuk menghadapi masa-masa sulit sangatlah penting. Jika kamu punya ekspektasi tinggi, maka saat ada hal yang tak berjalan sesuai rencana, ini akan terasa lebih sulit.

    Temukan sumber semangat

    Jika kamu punya sumber pelarian untuk menemukan kembali rasa semangat biasanya akan lebih mudah saat dihadapkan dengan masa sulit. Sumber semangat bisa berbentuk olahraga, menghabiskan waktu bersama orang terkasih, atau pergi ke tempat untuk menenangkan diri.

    Hindari membuat keputusan emosional

    Sangat mudah membuat keputusan emosional sesaat setelah hal buruk terjadi. Namun, hal ini sebenarnya hanya akan merugikanmu. Tenangkan diri selama 5 menit sebelum memutuskan sesuatu.

    Punya support system yang kuat

    Kelilingi diri dengan teman, keluarga, dan mentor yang suportif selagi menghadapi masa sulit. Mungkin kamu merasa sendirian di tempat kerja, namun memiliki dukungan dari orang di luar kantor akan menjaga semangat.



    (Gunakan sebagai kesempatan ini untuk mengevaluasi ulang diri. Foto: Dok. Pexels.com/Christina Morillo)

    Evaluasi lagi situasimu

    Kegagalan adalah kesempatan yang baik untuk mengevaluasi ulang situasi kamu. Tanyakan pada diri sendiri, mengapa kamu gagal, bagaimana perasaanmu, dan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jika bisnis gagal karena kurang adanya komitmen, pikir ulang seberapa besar kepedulianmu terhadap bisnis ini.

    Jangan terlalu serius

    Kadang saat gagal, seluruh dunia rasanya runtuh. Beberapa contoh kegagalan memang lebih ekstrem dari yang lain, namun perlu diingat bahwa ini adalah bagian dari hidup. Meski saat ini rasanya sangat sulit, ketahuilah bahwa semua bisa terlewati dan berakhir dengan baik.

    Bisnis gagal, bukan berarti kamu yang gagal

    Salah satu bagian tersulit saat mengalami kegagalan adalah berhenti menyalahkan diri sendiri. Ini bukan cara yang baik. Ingat, semua orang pasti pernah dan akan dihadapkan dengan kegagalan. Bayangkan apa jadinya jika semua orang di dunia bisa mendapatkan yang diinginkan dengan mudahnya.



    (Terjebak dalam perasaan gagal tak akan membantu jadi lebih produktif. Foto: Dok. Pexels.com/energepic.com)


    Jangan tinggal dalam kegagalan

    Jika menilik ke belakang, semua orang sukses pasti pernah gagal. J.K. Rowling dan buku Harry Potter-nya sempat ditolak beberapa publisher besar. Albert Einstein gagal menjadi seorang profesor. Terjebak dalam perasaan gagal tak akan membantu kamu lebih produktif. Sebaliknya, dengan berpikir ke depan justru akan memudahkanmu melewati beragam cobaan yang ada.

    Belajar dari kegagalan

    Moving on sangat diperlukan, namun memahami faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut juga tak kalah penting. Belajar dari kesalahan dan bagaimana kamu bisa memperbaikinya di masa depan adalah bagian terberat dari kegagalan. Rasanya sulit sekali menanyakan hal ini, apalagi saat harus menghadapi jawaban yang mungkin akan keluar. Namun, dengan melakukan hal ini, pada akhirnya kamu bisa terhindar dari kegagalan yang sama di masa depan.

    Memahami risiko

    Sebagai entrepreneur, kamu akan menemukan banyak kegagalan. Jika kamu ingin mencari kehidupan yang lebih mudah atau justru tak terbiasa menghadapi kegagalan, rasanya mendirikan bisnis atau bidang usaha bukan jalan yang tepat. Siapkan ekspekstasi secara efektif dan ketahui segala risiko akan membantumu melewati segala rintangan.

    Itulah 10 cara mengatasi kegagalan dalam berbisnis. Ingat, semua kesuksesan pasti telah berhasil melewati banyak kegagalan. Tetap semangat dan jangan pernah lelah untuk mencoba.