4 Cara Mudah Mengatasi Masalah Keuangan


  • 4 Cara Mudah Mengatasi Masalah Keuangan
    Punya masalah keuangan? Ini 4 cara mudah mengatasinya! (Foto: Dok. Katemangostar/Freepik)

    Siapa saja dapat mengalami masalah keuangan, berapapun penghasilannya. Kondisi keuangan yang tidak stabil tidak melulu disebabkan karena besar kecilnya pendapatan atau gaji yang didapatkan setiap bulannya.


    Penyebab masalah keuangan yang umum terjadi yaitu ketidakmampuan seseorang untuk mengelola keuangan dengan baik, ditambah dengan gaya hidup yang konsumtif. Jika kamu sedang mengalami masalah keuangan yang tak kunjung membaik, coba terapkan cara mengatasi masalah keuangan berikut ini. 




    1. Merencanakan anggaran


    Kondisi keuangan yang tidak stabil kerap kali terjadi karena tidak ada kejelasan anggaran yang perlu dikeluarkan setiap bulannya. Oleh karena itu, kamu harus membuat daftar anggaran setiap bulannya, pisahkan uang berdasarkan kebutuhannya dan tulis secara detail jumlah pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengontrol kebutuhan apa saja yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa ditunda. Satu lagi, tetap disiplin pada anggaran yang sudah kamu buat. 


    2. Kurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting


    Kebiasaan membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting adalah salah satu penyebab masalah keuangan yang mungkin sedang kamu alami. Jika ingin keluar dari masalah ini, hindari kebiasaan buruk tersebut. Memang tidak mudah, tapi cara ini akan membantumu keluar dari masalah keuangan. 


    3. Batasi cicilan atau utang


    Pada dasarnya, penggunaan kartu kredit ditujukan untuk mempermudah hidup, bukan malah sebaliknya. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu tidak bisa mengontrol pemakaiannya, yang membuat kamu terlilit hutang setiap bulannya. Jika kamu sudah terlanjur memiliki cicilan yang perlu dibayarkan, segeralah lunasi hutang setelah mendapatkan gaji. Kemudian, usahakan untuk tidak berutang kembali, kecuali jika digunakan untuk hal-hal yang penting.


    4. Miliki uang simpanan


    Ketidakadaan uang simpanan bisa menjadi salah satu penyebab kondisi keuangan kamu menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, sisihkan sekitar 30 persen dari gaji yang didapatkan. Pisahkan uang simpanan di rekening khusus dan usahakan untuk tidak memakainya, kecuali kamu benar-benar membutuhkannya untuk hal yang penting. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below