Selain Dokter, 5 Profesi Ini Jadi Garda Depan Lawan Corona


  • Selain Dokter, 5 Profesi Ini Jadi Garda Depan Lawan Corona
    Bukan hanya tim medis, beberapa profesi ini juga termasuk dalam lini depan yang menjaga keamanan masyarakat dalam menghadapi virus Corona. (Foto: Dok. Chokniti/Pexels)

    Semua lapisan masyarakat kini tengah bersama-sama melawan virus Corona. Namun, ada beberapa profesi yang memang bertugas menjadi front liner atau garda terdepan demi menjaga keamanan serta kestabilan masyarakat saat ini.


    Selain tim medis, polisi, dan TNI yang bertugas mempertaruhkan nyawa mereka demi keselamatan kita, ada profesi lain yang turut membantu dengan caranya yang berbeda. Penasaran? Berikut ini 5 profesi lain yang ikut jadi garda terdepan melawan Corona.




    1. Petugas kebersihan


    (Profesi garda depan lawan Corona. Foto: Dok. Bas/Pexels)


    Bisa dibilang perannya sering tak terdengar bahkan tak terlihat. Namun, pekerjaannya begitu berisiko, khususnya saat harus berhadapan dengan pandemi seperti Covid-19. Petugas kebersihan, baik di rumah sakit, gedung perkantoran, atau fasilitas umum lainnya diminta untuk selalu memastikan tak ada area atau barang-barang yang terinfeksi. Kita mungkin masih bisa menjaga jarak 1-2 meter, tapi mereka harus bersentuhan langsung dengan barang-barang dan area yang mungkin sudah terpapar.



    2. Supir transportasi umum


    (Profesi garda depan lawan Corona. Foto: Dok. Shinobu/Pexels)

    Tak semua orang bisa menerapkan kebijakan work from home dan physical distancing sehingga transportasi umum masih harus beroperasi. Para supir transportasi umum ini harus memperaruhkan nyawa dengan bertemu banyak orang di kala bekerja. Mereka harus tetap memberikan kinerja terbaik sambil melindungi diri dengan alat pelindung medis.



    3. Pengantar makanan


    (Profesi garda depan lawan Corona. Foto: Dok. Khaled/Pexels)

    Meski kita sedang beraktivitas di rumah, kita masih sering memesan makanan via online. Ini memang bukan hal yang buruk, namun para pengantar makanan ini harus rela bekerja di lapangan agar kamu tetap betah berada di rumah. Bukan berarti kamu harus menghentikan layanan mereka, karena mereka pun membutuhkannya untuk menghidupi diri dan keluarga, namun ada baiknya kalau kamu memberikan tip lebih atau justru membelikan makanan ekstra bagi si pengantar.



    4. Petugas keamanan


    (Profesi garda depan lawan Corona. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Mereka senantiasa memastikan masyarakat bisa beraktivitas dengan normal dan aman. Dalam situasi seperti ini, keributan atau kehebohan bisa saja terjadi. Mereka hadir agar kita bisa lebih tenang dan tertib selama virus Corona masih mewabah.


    5. Jurnalis


    (Profesi garda depan lawan Corona. Foto: Dok. Fox/Pexels)

    Setiap hari kita mendapatkan informasi terbaru tentang virus Corona. Di sinilah peran jurnalis menjadi sangat penting. Mereka terjun langsung, bahkan harus berhadapan cukup dengan dengan ancaman paparan virus, demi memberikan informasi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Dalam suasana saat ini, informasi yang kredibel memegang peranan penting agar kita tak mudah panik dan gegabah. 


    Itulah 5 profesi yang ikut jadi garda terdepan melawan Corona. Jasa mereka perlu kita apresiasi dengan tetap berada di rumah. Karena hanya dengan itu, perjuangan mereka akan terasa jauh lebih mudah.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below