8 Game Seru yang Bisa Dimainkan Bareng Keluarga di Rumah


  • 8 Game Seru yang Bisa Dimainkan Bareng Keluarga di Rumah
    Lakukan 8 permainan anti bosan ini agar kamu dan keluarga bisa seru-seruan bareng selama social distancing dan work from home (Foto: Dok. Pexels.com)

    Selama work from home atau social distancing, beberapa dari kita pasti telah nyaris bosan berada di rumah. Nonton Netflix sudah, mengerjakan tugas-tigas kantor juga sudah, video call dengan teman sudah, bahkan mendengarkan lagu-lagu favorit atau sekedar memainkan game online pun juga sudah. Tapi, sudahkah kamu menikmati waktu bersama keluarga yang mungkin selama ini sering kamu abaikan?


    Jika kamu masih tinggal bersama ayah, ibu, kakak, adik, atau another part of family, maka ada baiknya kamu tak hanya berpikir untuk menghibur diri sendiri tapi juga menghibur seisi rumah dengan aktivitas-aktivitas seru yang menggembirakan. Selain punya dampak positif terhadap kesehatan jiwa (dengan tak melulu memikirkan masalah Corona), menghabiskan waktu bersama mereka juga punya efek baik terhadap hubungan orangtua-anak, suami-istri, adik-kakak, hingga extended family yang mungkin tinggal bersama dalam satu atap.




    Nah, berikut adalah 8 permainan anti bosan pilihan Herworld yang tak hanya bisa menyulut kekompakan tapi juga bisa memecah ketegangan yang selama dua minggu ini kerap ditimbulkan oleh pemberitaan tanpa henti atas Covid-19 Corovirus yang masih mendominasi media sosial, cetak, dan juga media siar. So, here you go!


    1. Karambol



    Masih merupakan keluarga dari permainan biliar yang dimodifikasi, game asal India ini dikenal hampir di seluruh dunia sejak tahun 1970-an dengan nama yang berlainan yaitu Carrum, Couronne, Carum, Karam, Karom, Karum, hingga Finger Billiards. Tak hanya seru, tapi permainan ini juga bisa membuat seisi rumah bergembira. Selain karena kita benar-benar seperti sedang lomba main bola sodok, game yang hanya memerlukan jari untuk menyentil, lempengan plastik (cakram) sebagai bola, dan tepung atau bedak sebagai pelicin papan, permainan ini juga bisa memunculkan persaingan sengit yang mampu membuat para pemainnya berteriak-teriak saat cakram yang dilesatkan tak tepat sasaran atau bahkan tak masuk ke dalam lubang. Sungguh permainan paling tepat untuk mengobati kebosanan selama di rumah dan bisa membuat kamu dan orang rumahmu makin kompak.


    2. Kartu


    (Foto: Dok. Pexels.com)


    Bayangkan ada berapa banyak jenis permainan yang bisa kamu lakukan dengan kartu. Mulai dari remi, poker, blackjack, hingga solitaire, semua bisa kamu lakukan mulai dari sendirian hingga bersepuluh. Seluruh keluarga pun menyukainya baik tua maupun muda, remaja dan juga anak-anak. Semua suka main kartu. Malah, sekarang kartu juga ada banyak jenisnya seperti Uno dan domino. Jika tak ada kartu atau bosan dengan kartu, kamu juga bisa sedikit lebih 'naik kelas' dengan membali satu set Mahjong yang bisa dimainkan oleh 4 orang. Sama serunya bahkan lebih strategis! Cocok untuk kamu atau anggota keluarga yang senang akan brainy games pengasah kemampuan berpikir yang tajam. Dijamin lima jam berlalu pun seolah tak terasa.


    3. Monopoli


    (Foto: Dok. Pexels.com)

    Everybody loves Monopoly. Apalagi sekarang jenisnya juga banyak. Pilih satu yang paling disuka dan bermainlah sama-sama. Tak ada yang lebih menyenangkan daripada 'membangkrutkan' saudara atau orangtua sendiri dalam beberapa kali main. Namun jika kamu yang bangkrut, siapkan strategi untuk 'balas dendam' agar impianmu untuk jadi 'milyuner' bisa segera terwujud. Ayo, pelajari siapa yang sering curang, perhitungan, sembrono, dan lain sebagainya, ya. Sebab berarti ini waktumu untuk lebih memahami karakter anggota keluarga lewat permainan-permaianan sederhana semacam ini.


    4. Jenga 

    (Foto: Dok. Pexels.com)

    Membangun menara dari tumpukan balok kecil persegi panjang mungkin bukan hal sulit untuk dilakukan. Namun saat harus mengambilnya satu persatu dari susunan tersebut untuk kembali menyusunnya di atas tanpa henti sampai ambruk adalah tantangan yang luar biasa berat dan bisa menimbulkan 'perpecahan'. Masing-masing pemain harus sangat hati-hati dalam melakukan penyusunan jika tak ingin menghancurkan apa yang sudah ditata secara hati-hati. Salah satu permainan paling tegang yang bahkan bisa bikin kamu sekeluarga tahan napas saat dapat giliran jalan.


    5. Heads Up




    Sebagai salah satu mainan baru yang lekas jadi favorit, Heads Up akan menguji skill seisi rumah untuk mendeskripsikan sesuatu dengan menggunakan kata-kata, nada, atau bahkan gerakan. Tak hanya itu, sisi pengetahuan umum keluarga akan film, lagu, serta tokoh-tokoh dunia pun akan diuji di sini. Lucu dan menyenangkan! Terlebih jika melihat ibu atau ayahmu dapat tantangan mendeskripsikan sesuatu dengan mimik atau gerakan tubuh. Pasti akan sangat menghibur.


    6. Truth or dare


    (Foto: Dok. Pexels.com)

    Bukan bermaksud untuk mengerjai keluargamu, tapi permainan ini justru akan membuatmu semakin kenal satu sama lain terutama jika mereka memilih untuk jujur. Tanyakan hal-hal seru atau bahkan heartwarming yang mungkin kadang membuat mereka lupa untuk mengucapkannya. Misalnya tanyakan tentang tempat kencan pertama ayah dan ibumu, di mana ayahmu membeli cincin pernikahannya, pernahkah kakakmu merencanakan sesuatu yang manis untuk orangtua tapi belum kesampaian, atau bahkan hal-hal semacam pernahkah ibumu salah mengingat hari ulang tahun anaknya adalah pertanyaan-pertanyaan manis serta lucu yang mungkin akan membuatmu makin sayang satu sama lain. Coba saja, siapa tahu kalian menyukainya dan malah ketagihan dan melanjutkannya ke sesi cerita-cerita tentang masa lalu.

    7. Tebak lagu


    (Foto: Dok. Pexels.com)


    Jika ada salah satu anggota keluarga yang bisa main alat musik, manfaatkanlah dengan mengadakan permainan tebak lagu. Minta ia memainkan lagu-lagu tertentu untuk kemudian ditebak nadanya oleh seisi rumah. Pemenangnya bisa menyuruh siapa saja untuk menyanyikan lagu tersebut sambil menari-nari. Atau jika mau, jika lagu sudah ditebak, kalian bisa meneruskannya dengan sesi menyanyi bersama sampai lagu selesai dengan menggunakan wireless microphone. Pasti akan banyak kegembiraan yang ditularkan selama permainan ini dilakukan. Singing will make you happy and it's definitely true!


    8. Puzzle

    (Foto: Dok. Pexels.com)

    Terakhir, main puzzle adalah salah satu yang bisa kamu lakukan untuk mngisi waktu bersama. Belilah puzzle sulit yang terdiri dari 1000 sampai 5000 pieces agar tiap anggota keluarga bisa ikut membantu. Ada yang mencari bagian pinggirnya, menyelesaikan bagian tengahnya, dan kemudian ada yang menggabungkan sisanya. Game klasik yang banyak terlupakan ini sebenarnya sangat mengandalkan konsentrasi dan bisa jadi salah satu jalan untuk membunuh kebosanan di rumah. Pusing sama-sama, kesal sama-sama, dan senang sama-sama jika semuanya kelar. Hihihi. Selamat mencoba!