5 Tips Memilih Hand Sanitizer Guna Melawan Virus Corona


  • 5 Tips Memilih Hand Sanitizer Guna Melawan Virus Corona
    Hand Sanitizer atau cairan pembersih tangan jadi upaya praktis untuk membersihkan tangan dari bakteri. Simak tips memilihnya untukmu(Foto:Dok.User7110432/Freepik)


    Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 buat masyarakat dunia mulai memberikan perhatian khusus pada kebersihan diri. Selain penggunaan masker, adalah hand sanitizer atau cairan pembersih tangan yang kerap jadi pilihan untuk mencegah terkena bakteri.

    Sejumlah ahli atau dokter telah menganjurkan untuk selalu mencuci tangan setelah bersentuhan dengan orang dan barang yang berada di sekitarmu. Meskipun air dan sabun antiseptik lebih efektif untuk pencegahan pertumbuhan kuman, namun hand sanitizer bisa jadi alternatif untuk membersihkan tangan dari berbagai penyakit. Lalu, bagaimana cara memilihnya?



    Sebelum menentukan untuk membelinya, ada baiknya meneliti berbagai kandungannya terlebih dahulu. Cairan pembersih tangan yang efektif membersihkan kuman lebih baik mengandung alkohol dan terbuat dari bahan organik. Selain itu dirangkum dari berbagai sumber, berikut kandungan lainnya yang baik dan bisa jadi pilihan dalam hand sanitizer:

    (Baca Juga: Waspada Virus Corona: Tips Aman Saat Bepergian)


    1. Mengandung Alkohol


    (Hand sanitizer mengandung alkohol.Foto:Dok.lazy_bear/Pexels)

    Pastikan untuk memilih hand sanitizer dengan kandungan alkohol. Melansir laman Medical Daily, Ahli Imunologi, Heather Moday menjelaskan bahwa jenis alkohol yang ampuh untuk melawan kuman adalah alkohol isopropil. 

    "Pembersih tangan dengan 60 persen atau lebih mengandung alkohol telah terbukti mengurangi dan membunuh sebagian besar bakteri dan virus, sedangkan persentase paling efektif adalah sekitar 70 persen", jelasnya. 


    2. Organik atau Non-Transgenik


    (Hand sanitizer dengan bahan organik.Foto:Dok.user15694850/Freepik)

    Selain alkohol, cairan pembersih tangan instan dari bahan organik atau non-transgenik bisa jadi pilihan yang tepat untuk meminimalisir terserang virus. Walaupun belum ada penelitian yang pasti mengenai hal ini, pilihlah kandungan lavender atau jeruk. Keduanya memiliki efek antimikroba. 

    (Baca Juga: Produk Kebersihan yang Wajib Ada Dalam Tas Anda)


    3. Tidak Banyak Mengandung Bahan Kimia


    (Tidak mengandung banyak bahan kimia.Foto:Dok/freepik)

    Meneliti kandungan pada hand sanitizer atau cairan pembersih tangan adalah hal utama yang harus dilakukan. Hal ini untuk mengetahui bahan-bahan kimia yang mungkin bisa berbahaya untukmu jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

    Masih melansir laman Medical Daily, ada baiknya untuk menghindari kandungan phthalates dan juga Triclosan. Kedua kandungan ini bisa jadi pengganggu endokrin, hormon dan juga berkontribusi terhadap penurunan jumlah sperma jika digunakan dalam waktu lama.


    4. Bisa Melembabkan Kulit



    (Hand sanitizer yang tak hanya melawan kuman, tapi juga melembabkan.Foto:Dok/Freepik)

    Pemilik kulit sensitif mungkin akan terasa kering saat alkohol menyentuh kulit. Untuk mencegahnya pilihlah pembersih tangan instan dengan bahan pelembab seperti aloe vera yang bekerja sebagai moisturizer


    5. Mengandung Vitamin E


    (Hand sanitizer dengan kandungan vitamin E.Foto:Dok/Freepik)

    Sebagai penangkal pertumbuhan bakteri yang bisa masuk melalui pori-pori, pilihlah hand sanitizer atau cairan pembersih tangan dengan kandungan vitamin E. Selain bisa mencegah pertumbuhan virus, kandungan ini juga berupaya untuk melembutkan kulit.