7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Dilanda Banjir


  • 7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Dilanda Banjir
    Kala musim hujan, berbagai wilayah di Jakarta dilanda banjir. Agar tidak terserang penyakit, berikut tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan. (Foto: Dok. Freepik)


    Musim hujan di bulan ini sukses menimbulkan banjir di berbagai wilayah di Jakarta. Tak hanya ruas jalan, sebagian rumah penduduk pun tergenang air yang cukup tinggi. Dampaknya, berbagai aktivitas pun jadi terhambat akibat berbagai masalah yang timbul setelahnya. Salah satunya adalah daya tahan tubuh yang menurun dan buat tubuh mengalami masalah kesehatan.




    Melansir laman Health, Amesh Adalja, MD seorang dokter lulusan Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins, Baltimore, Maryland mengatakan bahwa sejumlah bakteri dan virus terdapat di dalam air yang kotor dan bisa menyebabkan ragam penyakit.


    "Air banjir memiliki tingkat bakteri, virus, kotoran, dan parasit yang sangat tinggi yang dapat menginfeksi Anda jika masuk ke mulut, mata, atau luka di kulitmu," jelasnya. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan agar tubuh tetap sehat kala banjir melanda:

    (Baca Juga: Waspadai 9 Penyakit yang Mudah Menyerang Saat Banjir)


    1. Mengonsumsi Makanan dan Air yang Bersih



    (Mengonsumsi makanan sehat. Foto: Dok. Trang/Pexels)

    Pastikan mengonsumsi air yang bersih saat banjir melanda. Ketika tubuh sudah terhidrasi dengan baik, berbagai penyakit pun tidak akan mudah menyerang.


    2. Memilih Makanan yang Sehat



    (Memilih makanan sehat. Foto: Dok. NIX/Pexels)

    Buah-buahan, sayuran dan lainnya bisa jadi asupan yang tepat untuk menjaga kesehatan. Oleh karenanya, banyaklah memilih makanan yang penuh nutrisi dan vitamin saat banjir melanda. Dan jangan lupa untuk masak makanan sampai matang dan buanglah sisanya agar tidak memancing serangga datang.

    (Baca Juga: Deretan Aplikasi & Portal Penyedia Info Banjir Jakarta)


    3. Pakai Busana yang Bersih



    (Memilih busana yang bersih. Foto: Dok. Ylantie/Pexels)

    Gunakanlah pakaian yang bersih. Biasakan untuk mengganti busanamu setelah berada di area banjir, terutama saat airnya mengenai bajumu. Jagalah pakaianmu agar tetap kering dan pilihlah yang bisa menghangatkanmu.


    4. Cuci Tangan



    (Mencuci tangan agar terhindar dari bakteri. Foto: Dok. Burst/Pexels)

    Bakteri atau virus bisa berpindah melalui sentuhan dan masuk ke dalam pori-pori. Genangan air telah membawa banyak bakteri yang tak terlihat secara kasat mata. Oleh sebab itu, jagalah kebersihan diri dengan mencuci tangan sebelum makan dan setelah memegang benda lainnya.


    5. Menutup Air Bersih



    (Menutup air bersih. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Sebisa mungkin untuk menutup air bersih di dalam rumah. Hal ini untuk mengantisipasi pertumbuhan jentik nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah atau DBD. Gunakan juga losion pelindung agar kulit terhindar dari gigitan nyamuk.

    (Baca Juga: Daftar Posko Penerimaan Bantuan Banjir DKI Jakarta)


    6. Buang Makanan dan Barang yang Terendam Banjir



    (Ilustrasi membuang makanan yang terkena banjir. Foto: Dok. Anna/Pexels)

    Hindari penggunaan barang dan mengonsumsi makanan yang telah terkena air yang kotor. Jika masuk ke dalam tubuh, berbagai bakteri jahat bisa menimbulkan ragam penyakit seperti diare, gatal-gatal dan lainnya.


    7. Hindari Melewati Air Banjir



    (Jangan melewati air banjir. Foto: Dok. hitesh/Pexels)

    Tips agar tetap sehat di saat banjir melanda adalah hindari berjalan di genangan air, terutama bagi kamu yang memiliki luka di kulit. Tutupi lukamu dengan penutup luka dan cucilah bagian tubuh yang berkontak langsung dengan air agar tidak terserang penyakit.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below