7 Perayaan & Festival Bali Yang Menarik Untuk Diikuti


  • 7 Perayaan & Festival Bali Yang Menarik Untuk Diikuti
    Selain pantai dan pemandangannya, Bali memiliki beragam event, perayaan, dan festival yang selalu menarik untuk diikuti. Berikut deretannya. (Foto: Dok. Berbagai Sumber)


    Selain pantai dan pemandangannya, Bali memiliki beragam event, perayaan, dan festival yang selalu menarik untuk diikuti. Dari mulai Nyepi, festival Omed-omedan, yoga, makanan, musik, hingga kesenian tradisional. 

    Ubud Food Festival, misalnya. Agenda tahunan yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut ini selalu mengusung tema baru, aneka makanan dari berbagai daerah, serta demo memasak yang membuat takjub. Lalu, ada juga Bali Spirit Festival yang menjadi ajang berkumpulnya para yogis dan penggemar yoga, serta pesta kesenian tradisional Bali yang juga kadang membuka mata dan hal baru. 



    Dari beberapa agenda menarik dan unik di Bali itu, berikut di antaranya yang sayang dilewatkan tahun ini: 

    (Baca Juga: Mengulik Yang Unik dari Hotel The Apurva Kempinski Bali)


    1. Nyepi 



    (Merasakan suasana sepi di hari raya Nyepi, Bali. Foto: Dok. pesonatravel)

    Ingin merasakan hal berbeda di Bali, datanglah saat Pulau Dewata merayakan Nyepi. Menjadi hari raya besar di Bali, Nyepi berasal dari kata ‘sepi sunyi’. Senyap Hari Raya Nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum. Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). 

    Waktu: 25 Maret 2020


    2. Omed-Omedan 


    Menjadi salah satu event atau festival untuk mengakrabkan sesama umat Hindu, Omed-omedan bisa jadi memberikan pemandangan dan pengalaman yang berbeda. Festival ini menampilkan permainan, di mana ada 2 kubu: teruna (pria) serta teruni (wanita). Setiap pasangan nantinya akan saling berpelukan erat sampai kedua kubu bisa berhasil untuk memisahkannya. Tradisi Omed-Omedan biasanya diadakan di wilayah Sesetan Bali, sesudah Warga Bali menikmati Hari Raya Nyepi di Bali Para warga masyarakat akan mengguyur kedua pasangan kelompoknya agar bisa mencopot pelukan dan ciuman.

    Waktu: 26 Maret 2020

    (Baca Juga: Balutan Busana Elegan Dari TStore Bali Dalam ASOTY 2020)


    3. Bali Spirit Festival

     


    Masih di bulan Maret, festival yang berlangsung di Ubud ini mengusung sejumlah program yang menarik, dari mulai yoga workshops, seni pertunjukan Bali, Bhakti Music, Kirtan, Capoeira, meditasi, sound healing dan tarian ekstatik. Di malam hari, digelar konser musik dengan penampilan dari sejumlah pemusik tradisional Bali, DJ dan musik elektro. 

    Waktu: 29 Maret - 5 April 2020 


    4. Ubud Food Festival 


    (Ubud Food Festival. Foto: Dok. UFF)

    Mengangkat tema ‘Heroes’, Ubud Food Festival Presented by ABC tahun ini menghadirkan sekitar 90 lebih pembicara, di antaranya juri MasterChef Indonesia Juna Rorimpandey dan Renatta Moeloek hingga Presiden dari Indonesian Chef Association Henry Alexie Bloem. Hadir juga Chef of the Year oleh Gourmet Traveler Restaurant Award 2020 Paul Carmichael, pendiri restoran Ministry of Crab Dharshan Munidasa, hingga peraih gelar koki bintang Michelin wanita termuda di Jerman Julia Komp.

    Waktu: 17-19 April 2020 


    5. Nusa Dua Festival 

    Festival ini merupakan satu di antara festival dengan instalasi seni menggunakan sumber cahaya. Berlangsung dua pekan, festival tahunan ini mengusung tema berbeda tiap tahunnya. Di antaranya, pada tahun sebelumnya festival ini mengusung tema Underwater, di mana para pengunjung dapat menyaksikan berbagai instalasi seni LED yang berbentuk biota laut di antaranya cumi-cumi, ikan, dan lainnya. 

    Waktu: Mei 2020

    (Baca Juga: Moorooah Tampilkan Koleksi 'Unseen To Be Seen' di Bali)


    6. Pesta Kesenian Bali 

    Bagi yang ingin melihat kesenian Bali yang beragam dan mengesankan, Pesta Kesenian Bali bisa jadi wajib kunjung. Disingkat menjadi PKB, acara ini digadang-gadang sebagai festival budaya paling besar di Bali, yang diadakan pemerintah setempat. Tak cuma menargetkan wisatawan dan seniman Bali saja, tapi juga turut mengundang tamu dari berbagai daerah di Indonesia. 

    Waktu: Juni / Juli 2020


    7. Sanur Jazz Festival 



    Pertunjukan jazz live di Sanur ini menampilkan musisi Indra Lesmana. Lewat seri musikalnya "Mostly Jazz" di depan pantai resor Griya Santrian, ini adalah program seri musik yang dikembangkan untuk memfasilitasi ekspresi, penciptaan, komunikasi dan presentasi musik untuk seniman dan komunitas musik pada umumnya. Di sini, publik bisa menikmati persembahan musisi lokal dan nasional, serta festival kuliner untuk semua pecinta jazz.

    Waktu: Juli 2020 


    (Teks by: Rahman Indra)