Tips Mencoba Jenis Pekerjaan Baru di Tahun 2021


  • Tips Mencoba Jenis Pekerjaan Baru di Tahun 2021
    Berikut tips mencoba pekerjaan baru di tahun 2021 (Foto:Dok.Martine/Pexels)


    Sebagai seorang professional yang sudah menemukan kenyamanan dalam pekerjaan atau usahanya, goncangan pandemi membuat banyak diantara kita harus berpikir ulang. Karena berpikir ulang itu pasti lebih baik daripada mengeluh, dimana mengeluh itu sama melelahkannya, tetapi hasilnya berbeda. Bahkan akhir-akhir ini, banyak kondisi, ‘banting stir’ menjadi sebuah pilihan yang terbaik. 

    Bagi seseorang, kombinasi dua kata ini bisa jadi mengerikan, tapi bagi yang lain, bisa jadi sebuah ajang mencoba keahlian baru, experimenting with skill in the moment, atau bahkan kesempatan untuk melakukan hal yang tidak pernah sempat dilakukan sebelumnya. Banyak orang yang berpendapat juga bahwa untuk banting stir, perlu kesiapan fisik, mental, dan uang. Padahal lebih tepatnya, sikon dan mindsetlah yang membuat kita akhirnya berani banting stir, untuk melakukan sesuatu yang baru.  




    (Baca Juga: Tampilan Baru Gaya Wanita Karier)


    Istilah banting stir sendiri, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya alih profesi atau berpindah profesi. Pada dasarnya profesi yang dimaksud dalam hal ini, bukan semata-mata sebuah posisi atau titel yang menyangkut di perusahaan. Tetapi sesuatu yang mengacu pada keahlian baru, yang apabila ditekuni dengan baik, sangat mungkin bisa menjadi sumber penghasilan baru (atau bahkan lebih) dari sebelumnya. Apalagi di era digital pada saat ini, dimana ajang jual beli menjadi semakin terbuka, dan jarak antara konsumen dan produsen semakin dekat dan personalised. 

    Perasaan takut gagal, takut ngga ada uang, atau takut ditertawakan, karena melakukan sesuatu yang notabene ‘biasa saja’ dibanding dunia kantoran, acapkali menjadi kendala terbesar untuk banting stir. Itu wajar.. tapi bisa dihajar! Semua rasa takut itu bisa dihajar dengan mindset dan keyakinan pada kemampuan dalam melakukan hal baru. Hajar semua keraguan itu dengan niat yang bulat, strategi yang tepat, terbuka pada masukan, dan kemauan untuk bekerja keras.. dari nol sekalipun. Seperti istilah yang sering kita dengar, tidak ada hasil yang akan menghianati usaha, hanya tinggal mau atau tidak mau, bukan bisa atau tidak bisa. 


    (Baca Juga: 5 Aplikasi Multitasking untuk Wanita Karier)


    Tips Banting Stir

    Untuk memulai, dan berani menerima perubahan dari pekerjaan satu ke pekerjaan lain, atau industri satu ke industri lain, beberapa tips dibawah ini bisa kita coba:

    1. Patience

    Ingin cepat dapat hasil dari sesuatu yang baru itu tidak mungkin, selalu ada proses menuju keberhasilan. Tahan banting dan belajar menikmati proses.

    2. Open Mind to learn from others

    Jangan gengsi untuk belajar dari rekan lain yang sudah sukses menggeluti bidang baru yang sejenis, atau bahkan mereka yang sudah berani banting stir. Saat kita sudah ahli di satu bidang, belum tentu kita ahli di bidang lain, maka belajar dari rekan yang sudah terjun terlebih dahulu akan memicu kita menjadi lebih baik dalam berproses.

    3. Start Small

    Mulai lah dengan sesuatu yang kecil dan pada skala yang ada dalam jangkauan kita. Kita harus Believe/Percaya atas apa yang akan kita mulai, tetapi juga jangan gegabah. Pikirkan masak-masak strategi yang tepat untuk memulai, cari momentum yang tepat, dan lakukan!

    4. Just Do It!

    AYO! Lakukanlah! Istilah asingnya “test the water”. Terlalu lama kita menyempurnakan dan memikirkan apakah akan sukses atau tidak, akan membuat momentum dan semangat untuk mencoba menjadi luntur.

    5. Learn from the process 

    Dokumentasikan aktivitas Anda, buka diri terhadap semua masukan dan input dari target market, keluarga, mentor, atau siapapun yang terkait dengan kegiatan baru Anda.


    (Baca Juga: Alasan Wanita Karier Telat Menikah yang Patut Diketahui)


    Setelah mengerti tips diatas, ada beberapa hal lain yang bisa kita mulai dari sekarang. Bukan hanya untuk urusan banting stir, tapi untuk meniti keahlian baru kita:


    1. Mengerti Aspirasi diri kita

    Apakah ada hal lain yang kita senang lakukan tetapi tidak pernah ada waktu dan kesempatan. Seperti memasak, mengulik cara praktis memotong buah, membuat perkakas rumah dengan peralatan sederhana, fotografi, dan lainnya.

    2. Jangan menganggap enteng hobi atau passion kita

    Coba pelajari kembali, siapa tau hobi Anda bisa menjadi profesi baru Anda. Sebuah konsep hidup dari Okinawa Jepang bernama IKIGAI membedah betapa pentingnya mengerti diri Anda dari sudut pandang Passion, Profession, Vocation, dan Mission.

    3. Sisipkan waktu untuk melihat apa yang orang lain lakukan terkait Aspirasi dan Hobi Anda

    misalnya melalui Youtube. Inspirasi sering datang dengan sendirinya dengan cara ini.

    4. Small Things Matter

    Membantu anak atau saudara melakukan hal yang mereka suka. Ini bisa menjadi hal menarik dan memicu refleksi diri kita. When you make others happy, happiness your ways shall come along. Hal kecil memang, tetapi bermakna besar untuk kita menyelami hal kecil yang bisa menjadi besar dikemudian hari.

    5. Jangan hanya ikut-ikutan

    Jika memang hal yang banyak orang lakukan itu tidak pas dengan hati kita, walaupun menghasilkan uang, jangan memaksa diri untuk ikut melakukannya. Do what you like, be who you are. Dengan mengenal diri lebih dalam, kita bisa menemukan keunikan diri kita sendiri.

    Semoga kata Banting Stir ini menjadi semakin menarik. Alih profesi, alih industri, alih bidang, bisa kita lakukan dengan keseriusan, ketekunan dan kerja keras. Kita tidak harus menceburkan diri seketika, lakukan perlahan, dan berilah kesempatan kepada diri kita untuk mencoba hal baru. Kalau tidak sekarang kapan lagi?


    (Baca Juga: Wanita Karier Wajib Baca 5 Buku Ini)


    Ringkasan Profile

    Ghita Utoyo adalah seorang Professional Trainer, Coach, dan Motivator di dunia Leadership and People Development. Karirnya bekecimpung di dunia Marketing Communication selama 8 tahun dan 14 tahun berjalan di dunia Leadership Development, berpartner dengan banyak client local dan global. 

    Sesuai tagline Ghita Utoyo and Associates yaitu INSPIRATION • GROWTH • TALENT, Ghita juga sangat senang memberikan sharing dan motivasi kepada para corporate leaders dan generasi muda untuk bisa lebih meng-explorasi potensi menjadi individu yang lebih bernilai - bagi dirinya maupun sekitarnya.

    Untuk tahu lebih dalam mengenai Aspirasi dan Passion dalam IKIGAI, silahkan cek Virtual Aspiration Planner dan Virtual IKIGAI Session di :

    Instagram: @ghitatah @Ghita_Utoyo_and_Associates

    LinkedIN: Ghita Utoyo

    Youtube: Ghita Utoyo and Associates




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below