Cara Menghilangkan Bibir Kering dan Pecah-pecah


  • Cara Menghilangkan Bibir Kering dan Pecah-pecah
    Udara dingin dan dehidrasi dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah (Foto: dok. Pixabay)

    Bibir kering dan pecah-pecah adalah salah satu permasalahan menjengkelkan yang sering dihadapi seorang wanita. Selain membuat bibir terasa sakit, kondisi ini juga mengganggu penampilan wajah. Warna alami bibir jadi tidak terlihat karena kulit-kulit mati yang menyangkut, memakai lipstick pun juga tidak terlihat bagus. Apakah kamu sedang mengalaminya?


    Jika ya, kamu harus tahu bahwa beberapa alasan mengapa banyak yang mengalami hal ini yaitu karena paparan udara dingin, dehidrasi, dan alergi terhadap kosmetik. Berikut adalah cara menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah yang dapat kamu coba di rumah. 




    (Baca juga: 5 Masker Rambut Dengan Bahan Alami Yang Bisa Dibuat Di Rumah)


    Gunakan Petroleum Jelly 

    Petroleum jelly adalah zat kental tidak berbau yang terbuat dari percampuran berbagai mineral oil dan wax. Salah satu merek kosmetik yang paling terkenal dalam memproduksi bahan ini adalah Vaseline. Selain berfungsi untuk melembapkan kulit,petroleum jelly juga berfungsi untuk menyembuhkan luka kecil atau luka bakar. 


    Scrub Bibir 

    Tidak hanya kulit tubuh dan wajah yang wajib untuk di scrub, bibir pun juga. Scrub bibir befungsi untuk mengangkat kulit yang mengelupas tanpa membuat kulit berdarah. Pastikan kamu menggunakan pelembap sesudah melakukan hal ini agar kulit tidak kering dan membantu kulit bibir untuk meregenerasi sel-selnya. Kamu bisa membut scrub bibir dengan mencapurkan madu atau petroleum jelly dengan sedikit gula pasir 


    Minum 8 -10 Gelas Air per Hari 

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah kurangnya asupan air sehingga membuat tubuh dehidrasi dan kulit pun kering. Untuk itu, ada baiknya kamu minum 8-10 gelar air putih per hari agar mencegah dan mengobati kulit kering dan bibir pecah-pecah. Mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan juga sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit bibir. 


    (Baca juga: Tips Makeup Bergaya 60an Ala Ariana Grande)


    Hindari Menjilat Bibir

    Ketika bibir terasa kering, kamu pasti akan cenderung ingin melembapkannya dengan cara menjilatnya. Sebenarnya, hal ini akan memperburuk keadaan bibirmu karena air ludah membuat penguapan air pada permukaan bibir semakin cepat. Untuk itu, hindari lakukan hal ini dengan selalu membawa lip balm kemanapun kamu pergi. 


    Hindari Pemakaian Lipstick 

    Pemakaian lipstick kerap menjadi salah satu penyebab bibir kering pada wanita karena kandungannya yang bersifat mengeringkan untuk tahan lama menempel di bibir. Lipstick yang bersifat matte adalah jenis lipstick utama yang tidak baik bagi bibir kering dan pecah-pecah. Tampilan matte yang dihasilkan oleh jenis lipstick ini dapat dicapai dengan mengeliminasi kandungan minyak di dalamnya. Bila memang perlu menggunakannya, kamu bisa mengaplikasikan pelembap bibir sebelumnya. Lalu, untuk membersihkan bibir dari lipstick, kamu dapat menggunakan petroleum jelly agar tidak membuat kulit luka dan sekaligus melembapkannya. 


    (Baca juga: 6 Produk Handsfree Untuk Merawat Kulit Di Era New Normal)


    Itu dia cara menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah. Selamat mencoba!


    (Penulis: Regina Yohana) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below