5 Masker Rambut Dengan Bahan Alami Yang Bisa Dibuat Di Rumah


  • 5 Masker Rambut Dengan Bahan Alami Yang Bisa Dibuat Di Rumah
    Membuat masker rambut dengan bahan alami di rumah sangatlah mudah (Foto: dok. Pixabay)

    Rambut sebagai mahkota wanita sangatlah penting untuk dijaga kesehatannya. Merawat rambut sebenarnya tidak perlu mahal, karena, ada banyak sekali bahan natural untuk dijadikan masker perawatan rambut yang bisa kamu buat sendiri di rumah.


    Selain mudah untuk dibuat, masker natural juga mudah untuk disesuaikan manfaatnya berdasarkan jenis rambutmu, entah itu rambut yang kasar, kering, berminyak, bergelombang, dan masih banyak lagi. Berikut adalah 5 masker rambut yang mudah dibuat di rumah.




    (Baca Juga: Ketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut)


    1. Madu dan susu 


    Jika kamu mengalami kerontokan rambut atau rambut yang mudah patah, masker madu dan susu sangat cocok untukmu. Madu mengandung keratin yang bisa memperkuat akar dan helai rambut, memacu regenerasi kulit kepala, dan mencegah iritasi.


    Ketika digabungkan dengan susu yang mengandung banyak protein, asam amino, vitamin B12, zat besi, dan zinc, percampuran kedua bahan ini dapat melembutkan rambut dan menyokong strukturnya. Gunakanlah susu yang lebih berlemak bagi rambut yang lebih tebal, semakin tipis rambut, kamu bisa menggunakan kandungan lemak yang sedikit.


    2. Pisang dan minyak zaitun


    Kedua hal ini mungkin merupakan bahan makanan yang selalu ada di rumahmu. Masker pisang dan minyak zaitun bisa kamu gunakan untuk memperbaiki rambut rusak entah itu kering maupun rontok. Pisang memiliki kemampuan untuk mengehidrasi dan melembapkan rambut yang kusam dan kering karena mengandung vitamin dan mineral seperti potasium yang dapat menguatkan rambut dan mengimbangi tingkat keasaman kulit kepala.


    Sedangkan, minyak zaitun kaya akan lemak sehat dan vitamin E sehingga dapat membuat rambut terlihat mengkilap dan rapih. Kamu bisa mengaplikasikan masker ini ke rambut dan kulit kepala selama 10-15 menit sebelum keramas.


    3. Kuning telur


    Kuning telur sangat kaya akan vitamin yang bisa membuat rambut terhindar dari kerusakan. Vitamin A, E, biotin, dan folat adalah beberapa senyawa nutrisi pada kuning telur yang dapat membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut. Aplikasikan kuning telur ke kulit kepala yang kering dan bersih menggunakan jari. Pastikan semua kulit kepalamu tertutup kuning telur, diamkan selama satu jam, lalu bilas dengan sampo yang tidak begitu keras.


    4. Lemon dan putih telur


    Campuran putih telur dan lemon sangat bagus untuk kulit kepala berketombe. Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi sehingga dapat membantu memperbaiki kulit kepala dan membersihkannya dari ketombe.


    Lalu, lemon berguna untuk menyeimbangkan pH kulit sehingga dapat mendukung pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Kamu bisa menggabungkan satu telur putih dengan satu buah sari jeruk lemon, aplikasikan ke seluruh kulit kepala, diamkan selama satu jam, lalu bilas dengan shampo yang tidak begitu keras.


    5. Yogurt


    Jika kamu memiliki rambut kering yang terlihat mengembang dan bergelombang, kamu bisa menggunakan masker yogurt untuk mengatasi masalah tersebut. Asam laktat pada yogurt sangat ampuh melembapkan rambut dan mencegah rambut bergelombang.


    Selain itu, yogurt juga dapat mengikis kulit kepala yang mati sehingga mencegah dari ketombe. Kamu bisa menggabungkan yogurt dengan bahan lain seperti minyak kelapa, madu, atau alpukat tergantung permasalahan rambut yang kamu miliki.


    (Baca Juga: Cara Merawat Rambut Kering Dengan Bahan Alami Di Rumah)


    Itu dia 5 masker rambut yang mudah dibuat di rumah, selamat mencoba!


    (Penulis: Regina Yohana) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below