Dampak Buruk Tidak Membersihkan Alat Makeup Secara Rutin


  • Dampak Buruk Tidak Membersihkan Alat Makeup Secara Rutin
    Ada beberapa dampak buruk dari tidak membersihkan alat makeup secara rutin (Foto:Dok.Anastasiia/Unsplash)

    Sebagaimana fungsinya, alat makeup dibutuhkan untuk mengaplikasikan riasan ke wajah. Alat seperti brush, sponge, beauty blender dan lainnya yang bisa membantu menciptakan riasan yang sempurna untuk sehari-hari.

    Oleh sebabnya, membersihkan alat makeup tentu tidak boleh dilewatkan. Jika tidak hal ini akan berpengaruh pada kulit dan riasan. Bahkan ada beberapa dampak buruk dari tidak membersihkan alat makeup secara rutin. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya.




    (Baca Juga: 9 Alat Makeup yang Wajib Punya untuk Pemula)


    1. Perpindahan bakteri

    Salah satu fungsi alat makeup adalah untuk meminimalisir wajah tersentuh oleh tangan. Namun, jika alat makeup yang digunakan tidak dibersihkan secara rutin, hal ini tentu akan membuat efek yang lebih buruk.

    Alasan ini diungkapkan oleh Laramie seorang penata rias profesional dan Founder dari Book Your Look bahwa, "Jika kamu tidak cukup mencuci kuas riasan, kamu telah menyebarkan kotoran dan bakteri di wajahmu, ke makeup-mu dan kembali ke wajahmu lagi."


    2. Infeksi kulit

    Perpindahan bakteri ke wajah tentu akan memberikan efek yang tidak baik bagi kulit. Salah satunya yang mungkin terjadi adalah kulit mudah mengalami infeksi.

    Melansir laman Good House Keeping, dr. Debbie Palmer seorang ahli dermatologi mengatakan bahwa alat makeup yang tak dibersihkan akan mengandung banyak bakteri, "Ini termasuk staphylococcus, streptococcus, dan e coli, jamur, dan virus," jelasnya.


    (Baca Juga: 7 Produk dan Alat Makeup yang Tak Boleh Dipakai Bersama)


    3. Makeup kotor

    Menggunakan alat makeup yang tidak dibersihkan untuk makeup lain akan berdampak pada perubahan warna makeup favorit kamu. Maka hindarilah untuk menggunakan brush yang sama dan jangan lupa untuk membersihkannya.


    4. Kulit akan iritasi

    Kulit akan bereaksi terhadap penumpukan minyak dan kotoran dengan berbagai cara. Sama seperti kelebihan bakteri yang bisa memicu munculnya jerawat. Bahkan buruknya hal ini bisa menyebabkan kulit teriritasi. 

    Tak hanya itu, alat makeup yang tidak dibersihkan secara teratur akan mudah menarik perhatian serangga untuk menghinggapinya. Maka selain dibersihkan, letakkanlah alat makeupmu di tempat yang bersih dan tertutup.


    5. Flek hitam akan mudah muncul

    "Kuas riasan yang kotor bisa membuat kulit terserang stres oksidatif dari radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin dan bisa mengakibatkan penuaan dini," jelas dr. Palmer.


    (Baca Juga: Tips Lengkap Bersihkan Alat Makeup Di Masa Pandemi)


    6. Riasan yang tidak sempurna

    Dikutip dari Bustle, Founder Artis Brush dan Mantan Eksekutif Senior MAC Matthew Waitesmith mengatakan bahwa, "Pengguna harus bekerja lebih keras, dan melakukan lebih banyak sapuan pada kulit demi membuat riasan menjadi rata dan seragam." Hal ini karena saat brush tidak dibersihkan, warna makeup akan tercantum dan mengubah warna aslinya. Maka saat diaplikasikan ke kulit, hasil akan tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. 


    7. Rusak

    Dampak buruk tidak membersihkan alat makeup secara teratur juga bisa membuatnya mudah rusak. Hal ini karena saat dibersihkan serat kuas tetap lembut, sehingga tidak perlu terlalu membebani wajah saat merias wajah. Semakin kusut brush riasan, semakin kaku bulu-bulunya.


    Itulah dampak buruk tidak membersihkan alat makeup secara teratur. Patikan kamu selalu membersikannya secara rutin, ya!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below