Sex & relationship

7 Ciri Pria Yang Bertanggung Jawab

By : Her World Indonesia - 2020-12-14 15:00:01 7 Ciri Pria Yang Bertanggung Jawab

Dalam mencari pendamping hidup, wanita kerap mencari pria yang bertanggung jawab. Pria sebagai calon pemimpin keluarga memiliki peran penting dalam membina keluarganya. Untuk itu, penting sekali bagi pria untuk memilki sifat tersebut. Sebenarnya, apa sih ciri-ciri pria yang bertanggung jawab? Diringkas dari beberapa sumber, berikut adalah 7 ciri utama pria betanggung jawab yang cocok sebagai kepala keluarga.


(Baca Juga: 4 Karakter Pria Yang Cocok Jadi Pasangan Hidup)


1. Dapat mengontrol emosi

Dikenal sebagai gender yang dominan, kebanyakan pria mengungkapkan rasa kecewa atau kekesalannya melalui emosi, berbeda dengan wanita yang biasanya menangis atau diam. Pria yang tidak dapat mengontrol emosinya kerap memiliki sifat yang impulsif ketika marah.


Hal ini sangatlah berbahaya bagi wanita begitupun juga anggota keluarganya. Berdasarkan penelitian, pria seperti ini cenderung akan melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) atau meninggalkan keluarga ketika ada masalah besar yang menimpa.


2. Tidak ragu dalam membantu keluarga dan teman

Pria yang memiliki sifat seperti ini adalah pria yang memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab yang besar. Ketika berkeluarga nanti, mereka juga akan bersikap seperti ini kepada anak dan istrinya. Namun, pria juga harus memiliki prioritas dalam hal ini agar tidak mengecewakan keluarga karena memprioritaskan orang lain dibandingkan mereka. 


3. Menerima masukan/pendapat

Kritikan adalah hal yang sulit untuk diterima. Ketika pria mau mendengar hal tersebut dari orang-orang disekelilingnya, itu artinya ia adalah seseorang yang mau bertanggung jawab atas sikapnya dan mau berubah untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Pria seperti ini akan sukses membimbing keluarganya dan akan memiliki hubungan yang erat dengan anak-anaknya.



(Baca juga: Begini Cara Buat Pria Mau Berkomitmen yang Paling Mudah)


4. Percaya dan mendukung kemampuan wanita dalam menangani masalah

Pria yang percaya akan kemampuan wanita dalam menangani masalah adalah pria yang mau diajak untuk bekerjasama dalam membina rumah tangga. Pria seperti ini juga seorang pria yang menghargai pasangannya dan melihat ia sebagai setara. Pria seperti ini cenderung memiliki rumah tangga yang sukses dan bahagia.


5. Memiliki determinasi untuk mencapai mimpinya

Ketika pria memiliki mimpi dan memiliki determinasi untuk mencapainya, ia menunjukkan bahwa ia adalah seseorang yang mengenal konsekuensi dari segala perbuatannya dan selalu berpikir ke depan. Hal ini membuat ia menjadi seorang pria yang dapat dihandalkan dan bertanggung jawab. Selain itu, jika ia memiliki impian untuk dirinya, ia juga akan memiliki impian untuk keluarganya. Pria seperti ini adalah pria yang bisa mendukung anak-anaknya dalam mencapai cita-cita mereka. 


6. Menepati Janji

Pria yang selalu menepati janjinya adalah pria yang mengerti akan konsekuensi dan perasaan orang lain. Sifat ini sangatlah penting untuk ada di dalam diri seorang suami sebagai kepala keluarga. Karena, ketika menikah, pria dan wanita berjanji untuk setia selamanya. Jika janji sepele tidak bisa ia tepati, bagaimana ia bisa menepati janji yang besar seperti janji pernikahan?


7. Tidak ragu untuk mengakui kesalahan

Banyak orang yang sangat susah untuk mengakui kesalahannya. Bagiamana tidak, rasa ego di dalam diri manusia terutama pria sangatlah besar. Jika ada pria yang tidak ragu untuk mengakui kesalahannya, itu menunjukkan bahwa ia sangatlah bertanggung jawab. Pria seperti ini mau meruntuhkan egonya dan harga dirinya untuk menanggung konsekuensi dari kesalahannya.


(Baca Juga: 5 Sifat Wanita Yang Tidak Disukai Pria Saat PDKT)


Itu dia 7 ciri pria yang bertanggung jawab. Apakah kamu salah satunya?


(Penulis: Regina Yohana)

Sex & relationship