Sering Cuci Tangan? Ini Tipsnya Agar Kulit Tetap Lembut


  • Sering Cuci Tangan? Ini Tipsnya Agar Kulit Tetap Lembut
    Jaga kebersihan dan kelembapan tangan secara bersamaan agar kulit tetap terawat dan bebas dari masalah. (Foto: Dok. Freepik.com)

    Menyebarnya virus Corona atau Covid-19 saat ini menuntut kita untuk berupaya ekstra dalam menjaga kebersihan. Salah satunya adalah dengan sering mencuci tangan. Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun memang menjadi cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus.


    Namun mencuci tangan dengan sabun juga berpotensi membuat lapisan kelembapan kulit berkurang. Jika dilakukan dalam frekuensi yang sangat sering, hal ini dapat berujung pada iritasi, menyebabkan kulit menjadi kering, bahkan pecah-pecah dan mudah terkelupas. 




    Agar kondisi tangan tetap nyaman dan terjaga walaupun sering cuci tangan, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini:


    1. Memilih sabun tangan dengan kandungan pelembap 


    (Ilustrasi mencuci tangan. Foto: Dok. Giphy)

    Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), waktu yang ideal untuk mencuci tangan adalah setidaknya 20 detik. Mencuci tangan selama 40-60 detik berlaku untuk tenaga medis yang harus steril sebelum melakukan tindakan. Demi mengurangi iritasi, bilas tangan menggunakan air bersuhu ruangan atau suam-suam kuku, hindari air hangat atau panas. Sabun yang mengandung pelembap akan membantu menjaga kelembapan alami kulit kamu selama proses pembersihan.


    The Body Shop baru saja merilis rangkaian Hand Wash dengan formula pembersih lembut yang juga mengandung agen pelembap. Salah satunya adalah Tahitian Tiare Hand Wash (Rp149.000) yang mengandung organic sugarcane, virgin coconut oil, dan monoi oil dari Tahiti untuk membersihkan tangan dengan lembut, sehingga kulit tangan tetap terasa halus dan lembap. Ia memiliki tekstur gel dan aroma tropical coconut yang menyegarkan. Varian lainnya adalah Tea Tree, British Rose, Shea, dan Balkan Juniper. 

    (The Body Shop Spa of The World Tahitian Tiare Hand Wash. Foto: Dok. The Body Shop Indonesia)


    2. Keringkan tangan dengan teknik yang tepat

    Jika mengeringkan tangan dengan tisu, lakukan dengan gerakan menepuk-nepuk, bukan menggosok. Hal ini akan mengurangi risiko kulit tangan iritasi atau terkelupas. 


    3. Beri jeda dengan penggunaan hand sanitizer

    Hand sanitizer yang berbahan dasar alkohol juga membantu mengurangi penyebaran bakteri dan virus ketika air dan sabun tidak tersedia. Dalam masa seperti ini, tentu produk kecil tersebut juga selalu kamu bawa ke mana pun. Banyak pula yang tetap menyemprotkan hand sanitizer setelah mencuci tangan untuk proteksi ekstra. Namun sebaiknya penggunaan hand sanitizer tidak dilakukan persis sebelum atau sesudah mencuci tangan karena akan membuat kulit lebih teriritasi. 


    (Baca juga artikel: DIY Hand Sanitizer Dari Skincare Agar Kulit Tetap Lembut)


    4. Gunakan pelembap khusus tangan

    Setelah mencuci tangan dan mengeringkannya, pada saat tangan masih agak lembap, segera aplikasikan hand cream. Hand cream memiliki konsistensi yang lebih pekat karena kebanyakan formulanya oil-based, tidak seperti losion yang berbahan dasar air sehingga kelembapannya mudah menguap.


    Shea Butter Hand Cream (150ml-Rp470.000) dari L’Occitane ini bisa jadi pilihan. Produk best-seller yang ikonis ini terbuat dari 20% shea butter, madu, dan ekstrak sweet almond. Teksturnya rich, memberikan kenyamanan instan saat diaplikasikan ke kulit. Ia juga kaya antioksidan dan vitamin E yang penuh nutrisi. Plus, aroma ringan ylang-ylang dan sari melatinya sangat menenangkan. 

    (L'Occitane Shea Butter Hand Cream. Foto: Dok. L'Occitane Indonesia)


    (Ilustrasi tangan yang lembut terawat. Foto: Dok. Freepik)

    5. Perawatan malam hari

    Jika tangan kamu sangat kering, kasar, sampai pecah-pecah, kamu bisa menambahkan ritual ini di malam hari. Sebelum tidur, gunakan hand cream pada telapak dan punggung tangan secara tebal-tebal. Atau kamu juga bisa menggunakan Vaseline Petroleum Jelly (100ml-Rp46.500) yang memberikan kelembapan lebih intens lagi. Lalu bungkus tangan menggunakan sarung tangan berbahan katun, hindari yang berbahan wol karena benangnya dapat menempel di tangan. Diamkan semalaman sampai kamu bangun keesokan paginya. 


    (Vaseline 100& Pure Petroleum Jelly Original. Foto: Dok. Amazon.com)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below