Life & health

Cara Merawat Tanaman Gantung

By : Kiki Riama Priskila - 2020-10-24 09:00:00

Bertanam tengah menjadi tren yang sangat digandrungi. Bagi kamu yang ingin mencoba bertanam tapi ragu karena lahan yang sempit, kamu bisa mencoba tanaman gantung dan meletakkannya di terasa atau depan jendela rumah. Bukan hanya akan meningkatkan estetika rumah, tapi kamu juga akan merasa semakin nyaman selama berada di rumah. Nah, sebelum kamu berniat untuk mencoba, perhatikan dulu cara merawat tanaman gantung berikut:


1. Ketahui jenis tanaman hias

Umumnya, hampir semua tanaman bisa ditanam dalam pot sesuai keinginan kita, namun beberapa tanaman dengan akar ekstensif atau panjang bisa merusak pot. Maka, penting banget untuk mengetahui secara detail jenis tanaman yang ingin kamu rawat. Cari tahu juga detail perawatan sesuai jenisnya sehingga kamu enggak punya kesulitan di masa depan.

Bagi kamu yang pemula dan enggak ingin repot bisa menjadi tanaman tropis karena karakternya yang tahan panas dan mudah beradaptasi terhadap lingkungan, seperti bunga sepatu, euphorbia, lili paris, dan fuschia.


(Baca Juga: 7 Cara Merawat Tanaman Monstera)


2. Pilih pot sesuai karakter tanaman

Hindari memilih hanya karena tampilannya. Pot adalah hal krusial saat memilih tanaman hias.  Selain karena pot terdiri dari berbagai bahan seperti plastik, keramik, atau tanah liat, pemilihan pot yang tepat juga akan memengaruhi tingkat kelembapan yang tepat. Misalnya kamu ingin menanam kantung semar, akan lebih baik jika kamu menggunakan pot dari tanah liat karena karakternya yang lebih tepat.



(Cara merawat tanaman gantung. Foto: Dok. Valeriia/Pexels)

3. Sesuaikan tali gantungan

Saat memilih tali untuk tanaman gantung, bukan hanya berdasarkan dari kekuatan, tapi juga keindahan. Sebaiknya kamu tidak menggunakan tali biasa agar pemandangan rumahmu terlihat lebih cantik dan Instagram-able. 


4. Letakkan di area sejuk

Pilih area yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari langsung untuk meletakkan tanaman gantungmu sehingga pertumbuhannya lebih maksimal. Namun, pastikan kamu tetap melakukan penyinaran rutin selama 1-2 jam setiap pagi hari. Perhatikan juga letak tanaman gantung agar tidak berdekatan dengan lalu-lalang orang di rumah. Hal ini untuk menghindari adanya benturan antara pot dan orang yang lalu-lalang.


(Baca Juga: 5 Tanaman Hias Termahal Tahun 2020)


5. Memangkas dengan rutin

Bentuk perhatian lainnya adalah dengan memangkas tanaman secara rutin agar terlihat cantik. Luangkan waktumu untuk melakukan pemangkasan dan pastikan kamu hanya memotong bagian yang bisa dikontrol seperti ranting, batang, hingga daun. Proses ini juga penting dilakukan saat tanaman terkena hama sehingga menghindari penyebaran hama ke bagian tanaman lain. Selain itu, kamu juga bisa mengajak tanaman untuk mengobrol sehingga pertumbuhannya semakin subur.


Itulah cara merawat tanaman gantung yang bisa kamu coba. Semoga berhasil!

Life & health