5 Penyebab Kulit Wajah Kering yang Perlu Kamu Ketahui


  • 5 Penyebab Kulit Wajah Kering yang Perlu Kamu Ketahui
    Terlalu sering mencuci muka menjadi salah satu penyebab kulit wajah kering (Foto: Dok. Freepik)

    Kulit kering membutuhkan perawatan ekstra karena dapat mengelupas dengan mudah. Namun, sebenarnya penyebab kulit wajah kering ini dapat terjadi karena beberapa kebiasaan yang mungkin jarang kamu perhatikan. Yuk cari tahu tentang penyebabnya pada kulitmu supaya lebih berhati-hati dalam merawatnya.


    (Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering)




    1. Sabun cuci wajah yang tidak sesuai

    Tidak semua sabun cuci muka cocok untuk kulitmu. Jika mengandung bahan yang terlalu keras, kulitmu justru akan menjadi kering dan terasa seperti tertarik. Hal tersebut disebabkan oleh hilangnya minyak alami di wajah. Temukan sabun yang membuat wajahmu terasa segar dan masih segar setelah mencucinya.


    2. Terlalu sering mencuci wajah

    Mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering karena mengurangi kadar minyak alami dan memicu dehidrasi pada kulit. Oleh karena itu, dalam sehari kamu cukup mencuci muka sebanyak dua kali. Selain itu, kurangi mencuci muka dengan air hangat karena keratin akan rusak dan gagal mencuci kelembapan lapisan kulit terluar.


    3. Faktor lingkungan

    Udara dingin atau lingkungan yang memiliki kelembapan yang rendah dapat memicu keringnya kulit wajah. Umumnya, hal ini terjadi saat kamu berkunjung ke luar kota atau luar negeri. Kelembapan yang rendah terjadi saat cuaca panas atau kamu berada terlalu dekat dengan sumber panas, seperti pemanas ruangan atau api unggun, sedangkan cuaca dingin terjadi karena terdapat penurunan suhu.


    4. Penggunaan retinol

    Jika kamu menggunakan retinol sebagai obat jerawat, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab kulit wajahmu kering karena kulitmu sedang dalam tahap penyesuaian proses kerja retinol. Namun, kamu perlu memperhatikan jika hal ini terjadi dalam jangka panjang.


    Sebagai salah satu cara untuk mengimbanginya, kamu dapat menggunakan face oil yang dicampur dengan retinol untuk membantu menjaga kelembapan kulit.


    (Baca Juga: 13 Rekomendasi Produk Pelembap 'Moisturizer' Untuk Wajah)


    5. Pewangi

    Produk skincare yang mengandung pewangi dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Hal tersebut disebabkan oleh pewangi buatan yang mengandung zat alergen seperti keton, aldehyde, amine, dan ester. Kulit yang sensitif atau alergi terhadap bahan-bahan ini akan mengalami iritasi. Namun, efek kulit kering akibat pewangi pada skincare biasanya terjadi setelah beberapa kali pemakaian. Untuk menghindari risiko, kamu bisa memilih skincare yang bebas pewangi atau yang menggunakan pengharum alami .


    Itulah beberapa penyebab kulit wajah kering. Semoga setelah ini kamu dapat lebih memperhatikan kesehatan kulit dan penggunaan produk untuk wajah ya!


    (Penulis: Aurelia Gracia)




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below