Tips Memilih Primer yang Tepat untuk Wajah


  • Tips Memilih Primer yang Tepat untuk Wajah
    Tips memilih primer yang tepat untuk wajah. (Foto: @rawpixel.com/Freepik)


    Apabila ingin riasan tahan lama, primer adalah produk yang kamu perlu gunakan sebelum mengaplikasikan yang lainnya. Tak sedikit juga primer yang memilki fungsi tambahan, seperti mampu membuat pori terlihat lebih kecil atau menyamarkan kemerahan di wajah.

    Ada banyak jenis primer yang tersedia di pasaran, sehingga kamu perlu memerhatikan dengan seksama sebelum membeli. Pastikan primer yang dibeli sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit, serta dengan kosmetik yang biasa digunakan agar dapat memberikan efek yang maksimal.



    Berikut adalah tips memilih primer yang tepat untuk wajah yang perlu kamu simak.

    (Baca juga artikel: 5 Rekomendasi Perangkat Pembersih Wajah yang Efektif)

    1. Sesuaikan dengan jenis kulit

    Ketahui jenis kulit yang kamu miliki. Apabila jenis kulit kamu adalah berminyak, maka pilih primer yang mampu memberikan efek matte sehingga tidak membuat wajah semakin mengilat. Jika kulit kamu kering, pilih primer yang memberikan hidrasi agar makeup pun dapat dipulas sempurna ke wajah. Sementara itu, pemilik kulit wajah sensitif maka sebaiknya pilih primer bebas minyak, paraben, dan pewangi.


    2. Pilih warna yang sesuai 

    Selain primer berwarna putih atau tanpa warna, ada juga primer yang hadir dalam warna hijau, merah muda, kuning, peach, atau ungu muda yang berfungsi sebagai color corrector. Jika kamu memiliki kondisi kulit tertentu, maka sebaiknya gunakan primer yang berwarna.

    Primer dengan warna ungu mampu menetralkan warna kuning di wajah dan membuatnya terlihat lebih cerah. Primer berwarna hijau cocok untuk kamu yang memiliki kulit wajah kemerahan akibat jerawat atau rosacea. Primer berwarna merah muda mampu menghidupkan kembali kompleksi wajah sehingga terlihat lebih sehat dan bercahaya. Sedangkan primer berwarna digunakan untuk menyembunyikan warna biru atau ungu akibat nadi di bawah kuli, dan primer berwarna peach cocok untuk kamu yang memiliki bintik hitam, lingkar hitam, dan melasma di kulit.


    3. Sesuaikan dengan permasalahan kulit

    Tidak semua wanita memiliki kulit yang mulus tanpa masalah. Primer dapat menjadi salah satu produk yang bisa membantu mengatasi permasalahan tersebut. Apabila kulit kamu berjerawat, pilih primer bebas minyak dengan bahan salicylic acid yang mampu meresap minyak berlebih. Selain itu, kamu juga bisa memilih primer yang mampu membuat pori terlihat lebih kecil atau memiliki kemampuan anti-aging.

    (Baca juga artikel: 7 Tren Kecantikan yang Bakal Ditinggalkan di 2019)


    4. Sesuaikan dengan bahan dasar alas bedak

    Primer dikenakan sebelum mengenakan alas bedak. Oleh karena itu, sesuaikan primer dengan bahan dasar alas bedak yang akan dikenakan. Jika kamu alas badak kamu memiliki bahan dasar air, pilihlah primer dengan bahan dasar yang sama. Apabila bahan dasar alas bedak adalah minyak, maka pilih primer yang juga memiliki bahan dasar minyak. Hal ini perlu dilakukan agar primer dan alas bedak tidak menolak untuk menyatu, sehingga riasan wajah pun dapat terpulas dengan sempurna.


    5. Coba terlebih dahulu

    Jika kamu membeli primer di toko kosmetik langsung, tak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu. Kamu juga bisa membawa alas bedakmu sehingga bisa langsung mencoba bagaimana reaksinya jika dipakai di atas primer tersebut. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below