Inilah 6 Cara Merawat Warna Rambut Agar Tidak Pudar


  • Inilah 6 Cara Merawat Warna Rambut Agar Tidak Pudar
    Merawat warna pada rambut agar tidak cepat pudar dengan enam cara berikut ini. (Foto: Dok. Angel_nt on Freepik)

    Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menunjang penampilan, salah satunya dengan mewarnai rambut. Tapi tahukah kamu, ketika memutuskan untuk mewarnai rambut, itu berarti kamu juga harus siap untuk memberikan perawatan lebih pada rambut. Karena proses perawatan rambut yang salah bisa membuat warna rambut lebih cepat pudar. Lalu, bagaimana cara merawat warna rambut agar tidak pudar? Baca selengkapnya di bawah ini ya!


    1. Hindari Membilas Menggunakan Air Panas

    Hindari membilas rambut dengan air panas

    (Ilustrasi hindari membilas dengan air panas. Foto: Dok. Freepik)




    Suhu tinggi pada air panas akan mengangkat lapisan kutikula luar, sehingga mampu memudarkan warna rambut kamu dalam waktu singkat. Ketika mencuci rambut, disarankan untuk menggunakan air suam kuku. Dikutip dari Today, para ahli menyarankan untuk keramas setidaknya tunggu hingga 24 jam setelah mewarnai rambut. Hal ini dilakukan agar pewarna rambut meresap dengan sempurna. 


    Selain itu, hindari juga penggunaan alat styling rambut, karena dapat merusak dan membuat rambut kering. Warna rambut tidak akan bertahan lama pada rambut yang kering. Oleh karena itu, selalu semprotkan produk pelindung rambut sebelum menggunakan alat styling rambut. 


    (Baca juga : Cara Memilih Warna Rambut Sesuai Warna Kulit)


    2. Hindari Keramas Terlalu Sering

    Hindari keramas terlalu sering

    (Ilustrasi keramas. Foto: Dok. Prostooleh on Freepik)


    Keramas setiap hari tidak hanya akan menghilangkan minyak, tetapi juga dapat memudarkan warna pada rambut. Pilihlah sampo yang memang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai. Hindari sampo yang mengandung sulfat dan alkohol, karena cenderung menghilangkan warna pada rambut. Dianjurkan untuk keramas dua hingga tiga kali seminggu, untuk menjaga warna rambut agar tidak pudar. 


    3. Gunakan Kondisioner


    Rambut yang diwarnai cenderung lebih mudah kering dan rusak, dibanding dengan rambut yang tidak diwarnai. Untuk itu, selalu aplikasikan kondisioner setiap sehabis keramas. Cukup aplikasikan dari tengah hingga ujung rambut agar warna rambut tetap awet, halus dan lembut. 


    (Baca juga : 7 Gaya Rambut Scarlett Johansson Yang Menginspirasi)


    4. Hindari Rambut dari Sinar Matahari

    Lindungi rambut dari sinar matahari

    (Ilustrasi melindungi rambut dengan topi. Foto: Dok. Daria Shevtsova on Pexels)


    Tidak hanya kulit saja yang perlu dilindungi dari bahaya sinar matahari, tetapi juga rambut kamu. Jika kamu memiliki aktivitas di luar ruangan, aplikasikan hair serum yang sudah mengandung SPF sebelum beraktivitas di luar ruangan. Kamu juga bisa memberikan perlindungan tambahan pada rambutmu dengan topi atau scarf. Hal ini akan menjaga warna rambut agar tidak pudar. 


    5. Touch Up Warna Rambut

    Touch up warna rambut

    (Ilustrasi touch up warna rambut. Foto: Dok. Freepik)


    Cara menjaga warna rambut agar tidak pudar adalah dengan rutin melakukan touch up warna rambut sekitar empat hingga enam minggu sekali. Hal ini karena, rambut akan terus tumbuh dan menyebabkan munculnya warna rambut alami pada bagian pangkal rambut.


    6. Merawat Rambut 


    Efek kimia dari pewarna rambut akan membuat rambut menjadi lebih mudah kering, bercabang dan kehilangan kilau alaminya. Kondisi seperti itu menyebabkan warna sulit menempel dengan baik, sehingga warna cenderung lebih cepat pudar. Oleh karena itu, lakukan trim setiap 3-5 minggu sekali jika rambut kamu pendek, atau setidaknya setiap 12 minggu sekali jika rambut kamu panjang. 


    Sangat penting untuk merawat rambut secara maksimal dengan menggunakan perawatan rambut tambahan, seperti masker rambut, hair oil, vitamin rambut dan hair serum, agar rambutmu tetap sehat dan berkilau. 


    Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below