Cara Memilih Warna Rambut Sesuai Warna Kulit


  • Cara Memilih Warna Rambut Sesuai Warna Kulit
    Mewarnai rambut dapat disesuaikan dengan warna kulit, supaya tampak lebih segar. (Foto: Anastasiya Lobanovskaya by Pexels.com)


    Mewarnai rambut kini menjadi tren dan populer. Alasannya beragam, ada yang karena ingin tampak lebih segar, ada juga karena keinginan yang sudah lama terpendam dan ingin diwujudkan. 

    Namun, pertanyaannya, bagaimana memilih warna rambut yang pas dan sesuai warna kulit? Karena, jika sembarangan memilih warna, bisa saja tak cocok dan menjadi janggal. 



    Sebelum melangkah ke salon dan mewarnai rambut, ada baiknya pelajari dulu warna rambut yang cocok dengan kulit. Apa saja triknya? Dirangkum dari penelusuran sejumlah sumber, berikut beberapa hal yang patut jadi perhatian sebelum mewarnai rambut: 

    (Baca juga: Tips Mudah Ganti Warna Rambut)

    Sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa warna kulit dan rona warnanya. Apakah memiliki warna kulit putih, sedang, kuning langsat, atau gelap/hitam. Penentuan warna kulit ini penting agar tidak sama warna rambut yang berisiko bikin penampilan terlihat kusam. 

    Selain itu, apa pun warna kulitnya, Anda harus memastikan apa rona warna kulit/undertone, apakah  hangat/warm, sejuk/cool, atau netral. Salah satu cara paling mudah untuk memastikan rona warna kulit adalah rasakan seberapa mudah kulit terbakar. Jika kulit Anda warnanya cenderung terbakar/kemerahan, daripada gelap/sawo matang, berarti rona warna kulit Anda sejuk. Sebaliknya jika kulit Anda mudah menggelap, maka rona warna kulit Anda hangat


    Warna Rambut untuk Kulit Gelap


    1. Jika mempunyai rona warna kulit hangat, seimbangkan warna-warna hangat. Pilihlah rambut yang bernuansa penuh warna kastanye atau coklat muda. Ini akan membantu menyeimbangkan rona warna kulit kuning/hangat pada kulit.

    2. Jika mempunyai rona warna kulit merah yang cerah, pilih warna coklat gelap sedang, hitam, atau warna biru kehitaman. Jika mempunyai rona kulit merah yang gelap, pilihlah warna rambut yang lebih gelap dan hindari warna coklat terang.

    3. Jika mempunyai rona warna kulit sejuk, hangatkan semua warna pada kulit. Caranya pilihlah rambut dengan highlight warna-warna hangat untuk mencerahkan rambut Anda. Anda butuh nuansa yang lebih hangat untuk menambah dimensi rambut Anda, terutama jika warnanya coklat gelap atau hitam. 

    3. Jika mempunyai rona hangat keemasan dengan kulit kecoklatan, Anda bisa memilih hampir semua warna rambut, dari coklat terang sampai gelap atau merah dan pirang. Highlight yang mengandung dasar merah bisa membantu menekan rona keemasan. 



    Warna Rambut untuk Kulit Pucat/Sedang


    1. Jika mempunyai rona warna kulit kuning, pilihlah dasar yang kaya warna untuk rambut. Dianjurkan untuk memilih warna rambut yang cenderung mirip kastanye, coklat gelap keemasan, pirang dan mahoni. Lalu highlight menggunakan dasar kemerahan, seperti coklat muda dan tembaga. Jika Anda memilih dasar atau highlight pirang, Anda mungkin akan terlalu mempertegas rona warna kulit kuning pada akhirnya.

    2. Jika mempunyai rona hangat kemerahan, pilihlah warna dasar sedang untuk rambut Anda. Sebisa mungkin hindari memilih rambut berwarna merah atau pirang. Sebagai gantinya, pakailah warna coklat madu atau dasar keemasan dan tambahkan warna karamel pudar. Ini akan mengurangi warna kemerahan pada rona kulit Anda.

    3. Jika mempunyai warna kulit sejuk dengan rona merah muda atau biru, carilah warna rambut coklat kuat, merah, atau dasar pirang. Lalu, pilih highlight berwarna honey-wheat atau keabuan. Ini akan membantu mengontraskan rona warna kulit sejuk Anda.




    Warna Rambut untuk Kulit Kuning Langsat


    1. Jika mempunyai kulit kuning langsat dengan rona hangat atau kekuningan, pilih warna rambut yang lebih cerah, dengan warna keemasan sebagai dasarnya. Misalnya, pilih warna pirang madu, pirang, kastanye atau moka. Jika menghighlight, coba warna merah hangat untuk benar-benar memancarkan rona warna kulit hangat Anda.

    2. Jika mempunyai kulit kuning langsat dengan rona sejuk, layaknya kebanyakan orang berkulit kuning langsat, pilihlah warna rambut kekinian yang mempertegas rona sejuk ini. Misalnya, pilihlah warna abu-abu, platinum, tembaga, atau merah keunguan. Jika Anda mempunyai kulit kuning gelap dengan rona warna kulit sejuk, hindari memilih warna abu-abu pirang keabuan atau warna sejenis, yang terlihat benar-benar kontras.








 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below