'Indonesia Women's Run': Lomba Lari Untuk Aksi Peduli


  • 'Indonesia Women's Run': Lomba Lari Untuk Aksi Peduli
    Lomba lari pertama di Indonesia yang seluruh pesertanya adalah wanita dan anak perempuan dalam memperingati International Women’s Day. (Foto: Dok/Pexels.com)


    Dalam rangka merayakan dan memeringati International Women's Day tahun ini, Getfit Organizer mengusung lomba lari 'Indonesia Women's Run'. Event ini untuk kali pertamanya digelar di mana pesertanya hanya untuk perempuan.

    Dibagi atas empat kategori, lomba lari ini terdiri dari kategori 5K, 10 K, 2KM Mummy + Me, dan 100M Princess Dash. Indonesia Women's Run dijadwalkan digelar pada Minggu, 8 Maret 2020 di Scientia Square Park, Gading Serpong. 



    “Acara lomba lari Indonesia Women’s Run ini merupakan ajang perayaan dan juga berkumpulnya para wanita untuk memulai dan menikmati gaya hidup lebih sehat yang tentunya akan menunjang peran keseharian para wanita yaitu sebagai ibu, istri dan juga wanita karir," ujar Santih Gunawan, Founder dan Race Director Indonesia Women's Run dalam pernyataan resminya yang diterima redaksi herworld Indonesia baru-baru ini. 

    (Baca juga: 28 Tokoh Wanita di Eksibisi 'I am Truly Woman') 




    Santih menambahkan event lari ini diselenggarakan dan akan menjadi acara tahunan untuk memperingati International Women’s Day (kesetaraan gender) yang dirayakan tanggal 8 Maret setiap tahunnya di seluruh dunia.

    “Sebagai seseorang yang hobi olahraga lari dan juga wanita, saya merasa perlu ada acara lomba lari yang diperuntukkan untuk para wanita agar memulai gaya hidup sehat dengan berolahraga yang sederhana yaitu lari dan membina hubungan “quality time” yang baik untuk Ibu dan anak perempuannya," ujar dia.

    Lebih jauh Santih mengatakan, sebagai negara yang kebanyakan adat masyarakat di Indonesia menggunakan Patrilineal menjadi anak perempuan kadang seperti dinomor duakan atau harus memiliki dan menjadi anak lelaki akan lebih membanggakan bagi keluarga.

    "Padahal saat ini banyak kita lihat kaum wanita dapat berprestasi di bidangnya dan menjadi sukses setara dengan kaum pria," ujarnya. 

    Kategori Lomba

    Pada perhelatan pertamanya ini, Indonesia Women's Run akan terbagi atas 4 kategori yang dapat diikuti para wanita maupun anak Indonesia. Keempat kategori itu yakni jarak 5KM bagi para pemula yang akan mencoba lomba lari untuk pertama kalinya, 10KM untuk yang sudah pernah mengikuti lomba lari dan ingin menguji untuk berlari lebih jauh, 2KM Mummy + Me2KM Mummy + Me (Ibu dan anak yang berusia 7-12 tahun akan berlari bersama dari start sampai finish sejauh 2 KM) serta 100M Princess Dash khusus anak perempuan berusia 3-6 tahun.

    Santih mengatakan selain menyediakan kaos kompak ibu dan anak, masing-masing peserta juga akan mendapatkan medali finisher dengan batas waktu finish yang longgar. Sementara, khusus untuk kategori 100M Princess Dash setiap finisher akan mendapatkan special Tiara. 

    Green Race

    Tak hanya menjadi momen perayaan dan kedekatan ibu dan anak, Indonesia Women’s Run juga mengusung aksi peduli terhadap lingkungan dan menerapkan “green race” dalam acaranya. Ini diwujudkan dalam pemakaian gelas kertas di setiap titik hidrasi sebagai upaya mengurangi pemakaian dan sampah plastik. Selain itu paket lomba akan termasuk juga Eco Shopping Bag yang dapat dibawa dan dipakai pada saat berbelanja.