5 Fakta Diet Intermittent Fasting yang Harus Diketahui


  • 5 Fakta Diet Intermittent Fasting yang Harus Diketahui
    Fakta tentang diet Intermittent Fasting(Foto:Dok/Pexels)


    Diet kerap kali jadi pilihan untuk menurunkan berat badan atau hanya sekedar menjalani gaya hidup sehat. Beragam program pun lahir untuk wanita dan pria yang ingin menjalaninya. Sebut saja di antaranya adalah diet keto, mayo dan baru-baru ini muncul diet puasa atau intermittent fasting.

    Dilansir dari healthline, intermittent fasting atau diet puasa menjadi alternatif yang pas untuk mereka yang ingin cepat menurunkan berat badan. Bahkan yang menariknya lagi, diet ini menjaga metabolisme dalam tubuh.



    Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut 5 fakta mengenai Intermittent fasting yang harus kamu ketahui :

    (Baca Juga: Tips dan Panduan Diet Sesuai Dengan Golongan Darahmu)


    1. Tidak Ada Pantangan Konsumsi Makanan

    Berbeda dengan diet lainnya, diet yang satu ini tidaklah mengutamakan makanan apa yang sebaiknya dihindari dan dikonsumsi bagi mereka yang menjalaninya. Namun saat berpuasa, kamu diperbolehkan untuk mengonsumsi kopi, teh dan minuman tidak berkalori lainnya.


    2. Makan di Waktu yang Tepat


    (Mengonsumsi makanan di waktu yang tepat.Foto:Dok.Moose Photo/Pexels)

    Dengan tidak adanya pantangan mengonsumsi beragam jenis makanan, diet ini lebih mengutamakan waktu yang tepat untuk makan dan minum. Di antaranya adalah metode 16:8 yang mengharuskan kamu menghindari sarapan dan memberikan batasan waktu hanya 8 jam untuk mengonsumsi makanan.

    Kemudian ada pula 5:2 sebagai metode diet untuk membatasi kalori yang masuk dalam tubuh sebanyak 500-600 selama 2 dalam seminggu. Dan yang terakhir adalah selang-seling, di mana kamu bisa makan di hari ini, namun berpuasa penuh di esok hari.

    (Baca Juga:5 Fakta Diet Pesketarian Yang Wajib Diketahui)


    3. Memiliki Manfaat Untuk Tubuh

    Dilansir dari healthline, intermittent fasting tak hanya dipercaya untuk menurunkan berat badan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya adalah menjaga metabolisme tubuh, mencegah kanker dan diabetes, serta membuat umurmu lebih panjang.


    4. Dianjurkan Oleh Berbagai Agama

    Inermittent fasting juga menjadi salah satu alternatif untuk menjalani pola hidup sehat yang diusung oleh beberapa agama. Di antaranya adalah Islam, Buddha dan Kristen.

    (Baca Juga: Resep Nasi Goreng Sehat untuk Diet)


    5. Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan


    (Diet untuk turunkan berat badan.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Masih melansir dari Healthline, banyak penelitian yang mengungkapkan diet yang satu ini efektif untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak dalam tubuh.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below