Deretan Aksesoris Unik yang Terbuat dari Plastik Bekas


  • Deretan Aksesoris Unik yang Terbuat dari Plastik Bekas
    Beragam aksesoris yang terbuat dari plastik(Foto:Dok.Hafizah Rana/ Her World Indonesia)


    Jumlah sampah plastik yang tinggi, ternyata bisa diolah jadi lokakarya yang modern dan unik. Hal ini juga menginspirasi para seniman melahirkan beragam kreativitas yang dipamerkan dalam exhibition #BijakBerplastik yang diusung oleh Danone-AQUA.

    Sebagai bentuk aksi sosial, kreativitas ini bermanfaat serta fashionable untuk dikenakan. Di antaranya adalah tas, anting dan juga kain yang terbuat dari berbagai olahan plastik yang bisa kamu jumpai di Atrium Gandaria City Jakarta:



    (Baca Juga: Converse Rilis 'Renew' dari Bahan Botol Plastik Bekas)


    1. 'It's In Your Hand'


    (Ika Vantiani membuat 'It's In Your Hand'.Foto:Dok.Hafizah Rana/ Her World Indonesia)

    Mendaur ulang sampah plastik yang diolah oleh Ika Vantiani, kian menghadirkan beragam aksesoris yang menawan. Sebut saja di antaranya adalah anting berbentuk bolam, bunga dan yang lainnya.

    Mengambil 200 botol berwarna biru dan bening, berbagai aksesoris ini diciptakan oleh lima orang pengrajin. Untuk pembuatan aksesoris itu memakan waktu satu minggu hingga dua bulan lamanya.



    Yang menarik untuk ditelusuri, meski terbuat dari plastik bekas pakai, 'It's In Your Hand' memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Di setiap karyanya Ika mengambil unsur teteras air yang halus dan jernih. Dengan proses hand made potongan plastiknya tampak rapi dah tidak tajam.

    (Baca Juga: Run for the Oceans, Aksi Peduli Laut dan Sampah Plastik)


    2. '3D Flower Project'


    (3D Flower Project by TAM ILLI.Foto:Dok.Hafizah Rana/Her World Indonesia)

    'TAM ILLI' menjadi salah satu karya yang tak kalah menarik. Perpaduan crystal beads dengan plastik sebagai pemanis di dalam karyanya menjadi aksi peduli untuk membentuk '3D Flower Project' yang berguna dan bermanfaat. 

    Melihat sisi positif dari sampah plastik, TAM ILLI mewujudkan beragam signature dari hasil eksplorasinya. Di antaranya adalah tas dari koleksi JARDIN, ada kalung dari koleksi HANA, gantungan kunci, dan pin.

    "Bagi kami, besar kemungkinan bahwa permasalahan dalam me-recycle botol bukan karena orang-orang tidak memiliki kepedulian, tetapi mungkin mereka belum mempunyai referensi mengenai apa saja yang bisa dibuat dari suatu botol, dan akan menjadi seperti apa "value" nya," ungkap Rahajeng Puspitasari, Creative Director TAM ILLI, Jumat (9/8).

    Dengan mendukung aksi #BijakBerplastik, pembuatannya sendiri memiliki pilihan pada bagian-bagian plastik. Yang jadi pilihan ialah bagian bawah botol, badan botol serta tutupnya. Membutuhkan waktu 1-1,5 jam, 2 botol plastik berhasil disulap menjadi bunga yang menawan. 

    "Untuk setiap karya memakan waktu yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kerumitan dan ukuran produk. Namun untuk 3D flower sendiri, memakan waktu kurang lebih 1-1.5 jam," ungkapnya

    (Baca Juga: Peragaan Busana Amal Demi Jakarta Bebas Sedotan Plastik)


    3. 'Iki Aku' Heystartic


    (Heystartic menjadi salah satu karya di pameran Danone-AQUA.Foto:Dok.Hafizah Rana/Her world Indonesia)


    Memanfaatkan karung semen, 'Heystartic' menciptakan sebuah karya yang unik dan modern. Bertajuk 'Iki Aku' karung semen yang tak lagi digunakan, diolah menjadi beragam bentuk fesyen yang keren saat dikenakan.

    Sebut saja di antaranya adalah tas, dompet dan juga kain dengan corak abstrak dengan warna-warnanya yang cerah. 

    Sekilas, beragam aksesori ini terlihat seperti kulit, namun jika dilihat, karung semen yang juga mengandung plastik, menjadi bahan dasar untuk pembuatan aksesoris ini.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below