Run for the Oceans, Aksi Peduli Laut dan Sampah Plastik


  • Run for the Oceans, Aksi Peduli Laut dan Sampah Plastik
    Adidas kembali melanjutkan program Run for the Oceans sebagai bentuk kepedulian terhadap laut dan anti sampah plastik. (Foto: Dok/AdidasIndonesia)


    Adidas Indonesia kembali mengadakan Run For The Oceans untuk kedua kalinya, pada Minggu (16/6) sebagai bentuk komitmen serius adidas dalam memperjuangkan kelangsungan area laut bersama Parley for the Oceans melalui skala program yang lebih besar.

    Bertepatan dengan program ini, adidas Running juga sekaligus luncurkan sepatu lari adidas Alphabounce+ Parley yang menjadi bentuk nyata kepedulian adidas untuk terus melahirkan solusi inovatif yang memberikan perubahan yang bermakna, bagi olahraga dan bagi lingkungan secara jangka panjang.



    Kampanye Run For The Oceans sendiri telah dimulai pada bulan Juni, bertepatan dengan Hari Laut Dunia yang diperingati setiap tanggal 8 Juni. Secara global, adidas mengajak pecinta lari untuk ikut berkontribusi menyelamatkan laut dengan mengikuti Digital Run, di mana peserta dapat menyumbangkan larinya selama periode 8 – 16 Juni 2019. Setiap 1KM lari yang tercatat di aplikasi Runtastic akan diubah menjadi US$1 dan totalnya kemudian akan disumbangkan oleh adidas kepada Parley Ocean Plastic Program yang memberikan pembinaan pada generasi muda di seluruh dunia, terutama yang tinggal di kawasan pesisir.

    (Baca juga: Mengulik Lebih Jauh Bahaya Sampah dan Cara Mengatasinya) 

    “Melihat antusiasme masyarakat yang besar untuk tahun lalu, kami kembali menghadirkan Run For The Oceans dengan program yang lebih beragam. Kami ingin memperluas kepedulian kami akan isu ini kepada berbagai pihak, untuk juga turut menciptakan aksi serupa demi mencapai hasil yang lebih massif,” ungkap Ivon Liesmana, Senior Manager Brand Activation adidas Indonesia.

    Dalam kesempatan yang sama, serangkaian kegiatan juga dihadirkan untuk menginspirasi masyarakat akan gaya hidup berkelanjutan (sustainability living) seperti beberapa kegiatan olahraga (Yoga, Barreless, dan Zumba) yang dipandu oleh instruktur dari Alder Fitness Boutique yang merupakan official gym partner adidas Indonesia.


    (Run for the Oceans. Foto: Dok/AdidasIndonesia) 


    Di samping itu, juga digelar lokakarya dari ByeByePlastic yang mengajak pesertanya untuk menciptakan alternative kantong plastic dari kaus bekas, dan lokakarya membuat ecobricks bersama Divers Clean Action. Wawasan mengenai kelautan juga akan dibagikan oleh Yayasan Cinta Laut dan Divers Clean Action dalam bentuk talkshow dan sharing session.

    Aksi Global Run For The Oceans

    Merunut lagi ke belakang, di tahun 2018, adidas menciptakan pergerakan global Run for the Oceans, dengan menyatukan hampir satu juta orang pelari dari seluruh dunia dan mengumpulkan US$1 juta untuk partner jangka panjang adidas, Parley for the Oceans.

    Hingga saat ini, dana yang terkumpul secara langsung telah membantu mendidik dan memberdayakan 100.000 dari generasi muda beserta keluarga mereka yang hidup di area pesisir, terutama di area yang terkena dampak polusi sampah plastik, untuk mengambil tindakan sebagai bagian dari Program Parley Ocean School. Kerja sama ini menghasilkan lima juta pasang sepatu yang diciptakan dari plastik di lautan yang didaur ulang pada tahun 2018.

    Adidas semakin mempercepat langkah perubahan di tahun 2019. Dalam memperkenalkan seri koleksi Parley 2019, adidas memproduksi 11 juta pasang sepatu dengan menggunakan sampah plastik lautan yang didaur ulang. Kampanye tahun ini juga akan mempersatukan lebih banyak pelari di lebih banyak lokasi dari tahun sebelumnya, untuk mempersiapkan diri mengikuti Run for the Oceans guna mencapai target pengumpulan dana sebesar US$1.5 juta. 

    Untuk setiap kilometer jarak tempuh yang diselesaikan dalam periode waktu 8-16 Juni 2019, adidas akan memberikan kontribusi sebesar US$1 kepada program Parley Ocean School. Setiap dolarnya akan disumbangkan untuk fase kerja sama berikutnya beserta pengembangan sekaligus peluncuran platform aktivis pemuda Parley.


    (Run for the Oceans. Foto: Dok/AdidasIndonesia) 


    Produk daur ulang

    Sejak 2015, kolaborasi adidas dan Parley telah menghalangi pembuangan begitu banyak sampah plastik dari lingkungan lautan dan komunitas pesisir, dan mengubah Ocean Plastic® menjadi sebuah sportswear.

    Bersamaan dengan agenda Run For The Oceans tahun ini, adidas sekaligus ingin memperkenalkan sepatu Alphabounce+ Parley dan koleksi apparel olahraga terbaru yang lengkap, langkah yang ambisius demi mencapai target untuk mengeliminasi penggunaan poliester murni pada semua produk di tahun 2024 nanti.

    Koleksi ini diciptakan dari sampah plastik daur ulang, memberikan inovasi ramah lingkungan serta gaya tanpa mengesampingkan aspek performa. Parley Pro-Dye juga telah digunakan dalam proses produksinya – memberikan efek estetik tambahan dalam mengkreasikan pola material yang unik di setiap produk.

    Alphabounce+ Parley didesain dengan support dan kenyamanan maksimum, serta tuned forging, sistem tali las dan sensasi pas yang dioptimalkan. Apparel yang penuh gaya dan sustainable meliputi Parley 4KRFT Shorts untuk pria dan Parley Believe This Tight untuk perempuan, kedua produk tersebut dibuat dari sedikitnya 75% sampah plastik daur ulang.

    “Kami berharap, adidas, melalui produk dan kegiatan yang dihadirkan, dapat menginspirasi dan menyalurkan semangat untuk menekuni pola hidup sehat serta peduli dengan aspek keberlangsungan lingkungan melalui cara sesederhana apapun yang dapat dilakukan,” tutup Ivon.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below