7 Makanan Khas Jawa Yang Wajib Untuk Dinikmati


  • 7 Makanan Khas Jawa Yang Wajib Untuk Dinikmati
    Aneka makanan khas Jawa yang nikmat (Foto: Dok. Resep Koki)


    Selain kaya akan budaya, cita rasa kuliner dari pulau Jawa, juga tak lagi diragukan untuk disantap. Dari mulai manis, pedas dan asin dapat dirasakan dalam suguhan makanan khas Jawa.

    Adalah tempe mendoan, soto, dan berikut menu lainnya yang jadi menu khas asal pulau Jawa:



    (Baca Juga:7 Resep Teh Indonesia Yang Mudah Dibuat dan Sehat)


    1. Tempe Mendoan

    Berasal dari kota Banyumas dan Purwokerto, tempe mendoan menjadi makanan favorit untuk disantap. Dibaluri dengan tepung yang kemudian digoreng di atas minyak panas, membuatnya semakin nikmat ketika disantap dengan sambal kecap.


    2. Soto Kudus

    Bagi kamu penggemar soto, mungkin tak lagi asing dengan makanan khas Jawa yang satu ini. Seperti namanya, soto ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Uniknya, soto kudus memiliki dua menu yang bisa jadi pilihan untuk santapanmu, yaitu dengan suiran daging ayam atau pun daging sapi. 

    (Baca Juga: 5 Tempat Wisata Dataran Tinggi Cantik di Pulau Jawa)


    3. Nasi Liwet


    (Nasi liwet khas Bandung. Foto: Dok. What To Cook Today)


    Biasa dihidangkan untuk perayaan acara keluarga, nasi liwet menjadi salah satu menu makanan yang berasal dari Solo dan ada pun yang berasal dari Bandung. Paduan rasa dari  daun kemangi, daging dan nasi yang dimasak dengan santan, membuat rasa dari makanan ini tak bisa untuk ditolak.


    4. Nasi Gandul

    Berbeda dari nasi liwet, nasi gandul berasal dari Pati yang terletak di Jawa. Disajikan dengan daun pisang, menambah kenikmatan rasa dari sajian ini. Suiran daging sapi di atas nasinya juga menjadi ciri khas dari sajian yang satu ini.


    5. Mangut Beong


    (Mangut beong makanan khas Jawa dari Magelang. Foto: Dok. The Traveling Cow)


    Saat berkunjung ke Magelang, mangut beong menjadi santapan yang wajib untuk dinikmati. Sajian ikan beong yang diolah dengan bumbu cabai dan rempah-rempah sangat pas untukmu yang menyukai makanan pedas.

    (Baca Juga: Txoko Jakarta Hadirkan Makanan Khas dari Basque Spanyol)


    6. Nasi Grombyang

    Keunikan makanan khas Jawa yang satu ini, terletak pada satai saat menikmati makanan ini. Rasa gurih dari kuahnya dan disajikan bersama irisan daging kerbau, membuatnya jadi santapan favorit saat berkunjung ke Pemalang, Jawa Tengah.


    7. Mie Ongklok


    (Mie ongklok asal Wonosobo. Foto: Dok. Reseokoki)


    Siapa yang pernah mencoba makanan yang satu ini? Berasal dari kota Wonosobo, mie yang satu ini diramu dengan kuah kental dan dinikmati dengan sate. Bagi kamu yang menyukai sayuran, mie ongklok menjadi makanan khas Jawa yang tepat untuk dinikmati, karena campuran sayuran yang bisa ditemui dalam kuahnya.


    Jadi, makanan khas Jawa manakah yang sudah pernah kamu cicipi?




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below