Txoko Jakarta Hadirkan Makanan Khas dari Basque Spanyol


  • Txoko Jakarta Hadirkan Makanan Khas dari Basque Spanyol
    Aneka sajian kuliner khas spanyol kini bisa kamu nikmati di Txoko Jakarta. (Foto: Dok/TxokoJakarta)


    Berada di bagian utara Spanyol dan berbatasan dengan Perancis, Basque Country terkenal berkat budayanya yang kaya dan juga aneka makanan khasnya yang otentik. Kekhasan ini juga yang membuatnya menarik banyak orang untuk datang dan mencicipinya. 

    Namun, kini tak perlu jauh-jauh ke Basque, karena restoran Txoko menghadirkannya di Jakarta. Berlokasi di Jalan Suryo No 6 Kebayoran Baru, Txoko menyajikan beberapa makanan khas Basque, di antaranya pintxo (tapas khas Basque), marmitako (tuna), ikan tenggiri, dan olahan daging, kacang Tolosan, paprika lokal, keju Idiazabal, txakoli (sparkling wine) dan cuka Basque. 



    Kedengarannya menggugah selera? 

    (Baca juga: Cara Membuat Makanan Churros Khas Spanyol) 

    Resmi dibuka akhir pekan lalu, Txoko Jakarta menghadirkan makanan khas Basque lewat racikan Chef Oskar Urzelai. Ia bakal menyajikan berbagai masakan khas di antaranya Burrata Salad with Red pesto Dressing, Gilda “king of Pintxo”, Garlic Prawns Pret-a-Porter dan lainnya.


    (Menu Txoko Jakarta. Foto: Dok/TxokoJakarta) 


    Merujuk pada negeri asalnya, makanan khas Basque selalu fleksibel dan beragam dengan bahan-bahan yang segar. Sebagai contoh, saat musim semi makanan yang hadir yakni anchoviews dan makarel, daging domba, keju Idizabal dan petits pois (juga dikenal caviar hijau), artichokes, asparagus, dan chard Swiss. Sementara, saat musim panas, berganti tuna putih segar, sarden, lada hitam guindilla, tomat atau kacang-kacangan hijau. 

    Kala musim gugur, Basque diinvasi dengan aroma daging kornet, sosis, boletus, ziza dan jamur perretxiko, serta puding hitam (dari Lazkao, Zaldibia, Amezketa, dan Beasain). Di musim dingin, mudah menemukan kacang hitam dari Tolosa (dengan makanan utamanya kubis, puding hitam dan lada hitam guindilla), kepiting dan elvers, semua disajikan dengan cuka dan wine Txakoli, serta dessertnya seperti mamia, apel, kacang (dengan keju atau saus) dan kacang kastanye atau chestnut. 


    (Txoko Jakarta. Foto: Dok/TxokoJakarta) 


    Demi menikmatinya seperti orang Basque, cobalah pintxos dengan segelas Txakoli, sparkling wine dengan kadar asam rendah yang dibuat dari anggur yang bertumbuh di pegunungan dekat laut di bawah Laut Cantabrian. 

    Selain itu, complement lainnya yang tak kalah menarik untuk dicicipi adalah cuka Basque, produksi musiman dengan metode tradisional dari pohon apel. Cuka menjadi salah satu bahan penting dalam gastronomi Basque. Bahkan, musuem cuka Basque bernama Sagardoetzea dibuka beberapa tahun lalu. 


    (Txoko Jakarta. Foto: Dok/TxokoJakarta) 


    Di samping menu andalan yang disajikannya, Txoko Jakarta juga membuat pengunjung betah berlama-lama lewat dekorasi restoran yang minimalis dan warna lembut, serta penuh mural yang memanjakan mata secara visual.

    Bagaimana, tertarik? Buat kamu yang suka eksplorasi makanan baru serta tempat makan yang unik, Txoko Jakarta bisa jadi masuk dalam daftar wajib kunjung. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below