Mengulik 3 Jenis Detoks dan Manfaatnya Bagi Tubuh


  • Mengulik 3 Jenis Detoks dan Manfaatnya Bagi Tubuh
    Aneka jenis detoks yang baik untuk tubuh. (Foto:Dok/Pexels)


    Berdasarkan penelitian, umur sel yang dimiliki masyarakat saat ini kerap menurun. Bahkan, penyakit berat seperti kanker dan tumor rasanya sudah jadi hal ‘umum’ yang diderita masyarakat. Hal ini juga diakui oleh dr. Sebastian Hadyan, MSc dari Clinique Suisse, sebuah klinik anti-aging.

    Penurunan daya tahan sel ini kurang lebih disebabkan oleh penyerapan racun ke dalam tubuh dari polusi udara, bahan kimia dalam makanan dan minuman, obat-obatan, serta tempat-tempat lain yang tak terpikirkan oleh kita.



    Akumulasi dari racun yang terjadi bertahun-tahun ini akhirnya melemahkan daya tahan tubuh yang kemudian memicu berbagai penyakit, seperti kanker. Lalu, apa yang bisa kita lakukan demi menghindari penyakit degeneratif ini? Salah satunya adalah melalui detox.

    Lewat detox, tubuh akan terbantu mengeluarkan racun dan meningkatkan fungsi ginjal, paru, hati, darah, dan sistem metabolisme. Ada beberapa program detox yang bisa dicoba:


    (Baca Juga: Pentingnya Lakukan Detoks Pacaran)



    (Detoks bagus untuk kesehatan usus.Foto:Dok/Pexels)


    Fokus: Usus

    1. HYDROCOLON THERAPY

    Terapi ini membantu membersihkan usus melalui sirkulasi air yang dimasukkan ke dalam usus besar. Kotoran dalam usus yang mengendap bertahun-tahun akan menjadi kerak beracun yang bisa terserap dan dibawa oleh darah ke seluruh tubuh sehingga rentan mengundang penyakit.

    Proses pengerjaan: Dilakukan oleh ahli kesehatan kolon atau hydrotherapist menggunakan tabung plastik yang dimasukkan ke usus besar melalui anus. Mesin akan mengirimkan sejumlah air mineral bersih (biasanya sekitar 20 galon) ke usus besar. Setelah dipenuhi air, terapis akan memijat daerah di sekitar perut untuk memperlancar pembuangan. Prosedur ini akan diulang beberapa kali demi hasil yang maksimal. Setiap sesi berlangsung selama 45-60 menit.

    Manfaat: Mengatasi masalah pencernaan, gangguan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah racun yang bisa menyebabkan kanker.


    (Baca Juga: Detoks Teh Jadi Tren Kesehatan Baru)


    Fokus: Hati

    2. COFFEE ENEMA

    Pada 1920-an, Dr. Max Gerson mengenalkan coffee enema sebagai terapi kanker yang meningkatkan daya kerja hati untuk mengeluarkan racun dan hasil metabolik kanker dari tubuh. Kimia alami dalam kopi bisa menunjang proses detox hati. Bahan kopi yang digunakan pun benar-benar dijaga tanpa adanya percampuran zat lain sehingga sangat aman untuk digunakan.

    Proses pengerjaan: Air kopi yang hangat sebanyak 1.5 liter dimasukkan ke dalam tubuh dengan enema bag melalui anus. Efek dari kopi akan terserap ke dalam vena hemoroidallis dan akan tersebar ke seluruh tubuh serta masuk ke usus besar. Terapi ini memerlukan waktu sekitar 45 menit dengan tiga kali jeda.

    Manfaat: Membantu merangsang hati dan membuka kantung empedu untuk membuang racun yang akan dikeluarkan melalui usus besar. Mampu membersihkan darah dan tubuh dari radikal bebas.


    (Baca Juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Detox)



    (Detoks baik untuk menghilangkan racun dalam tubuh.Foto:Dok/Pexels)


    Fokus: Membuang racun

    3. CHELATION THERAPY

    Lingkungan kita mulai dipenuhi mineral beracun dan logam berat yang kasat mata, sebut saja seperti dari bahan baju, kandungan dalam makeup dan skincare hingga air yang digunakan sehari-hari. Masih banyak yang menganggap terapi ini kurang penting, padahal jika mineral beracun ini dibiarkan mengendap, terciptalah oksidasi berbahaya bagi jaringan dan kolesterol berupa radikal bebas yang memicu munculnya serangan jantung atau stroke. Selain kesehatan tubuh, emosi dan mental kita pun bisa dipengaruhi oleh racun tersebut. Berbeda dengan dua terapi sebelumnya, terapi ini perlu dilakukan lebih sering.

    Proses pengerjaan: Lakukan analisis rambut atau tes urin sebagai langkah diagnosa awal sebelum terapi. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan infus melalui pembuluh darah vena yang terdiri dari EDTA (Ethylene Diamine Tetra-acetyc Acid), mineral, dan vitamin yang penting untuk tubuh. Zat-zat berbahaya akan keluar melalui air seni. Dalam satu kali terapi membutuhkan waktu sekitar 90 menit.

    Manfaat: Mengurangi penumpukan kalsium dari penyempitan arteri, mengurangi ion beracun dan efek radikal bebas, memperbaiki sirkulasi tubuh, menangani efek keracunan kronis, kerusakan saraf.


    (Baca Juga: Cara Detox Wajah dengan Bahan Alami)


    Do’s and Dont’s

        • Hindari makan dua jam sebelum perawatan agar lambung tidak dalam keadaan penuh.

        • Setelah perawatan, hindari makanan yang terlalu merangsang sepert serat, kacang-kacangan, pedas, asam. Makanan jenis ini baru bisa dikonsumsi 24 ham usai perawatan.

        • Perbaiki konsumsi makanan dengan memperbanyak produk fermentasi seperti yoghurt, tape, tempe, Yakult demi mengembalikan kuman baik.

        • Lakukan pengawasan di rumah dengan mengonsumsi makanan berbahan lokal, segar, dan dimasak sendiri.


    The Maintenance

    Terapi Hydrocolon dan Coffee Enema bisa dilakukan 1-2 kali dalam setahun pada orang sehat. Menurut dr. Sebastian Hadyan, MSc, terlalu sering melakukan terapi usus justru akan merugikan tubuh karena kita tetap membutuhkan adanya kuman baik. Meski klinik biasanya akan memberikan prebiotik khusus untuk dikonsumsi setelah pengerjaan, hal terpenting adalah bagi kita untuk menjaga dan mengontrol makanan yang dikonsumsi di rumah usai perawatan.


    (Baca Juga: 7 Cara Mudah Lakukan Digital Detox)



    (Tidak semua orang bisa melakukan detoks.Foto:Dok/Pexels)


    Who Can Do It?

        • Orang yang sehat, tidak ada penyumbatan usus.

        • Ginjal dan jantung dalam keadaan sehat.

        • Bisa makan dan BAB sendiri.

        • Tidak ada kanker atau penyakit yang akan mengganggu proses perawatan.

        • Bisa dilakukan dari usia 18 tahun ke atas.

    *Pastikan untuk tetap mengonsultasikan ke dokter, khususnya bagi ibu menyusui.


    Rekomendasi Klinik Detoks

    Jika Anda tertarik untuk mencoba langsung, simak rekomendasi klinik terpercaya dari her world berikut ini:


    (Baca Juga: Manfaat Detox Tubuh yang Perlu Anda Tahu)


    Clinique Suisse

    IG: @cliniquesuisse

    Program detoks diawali dengan konsultasi dokter untuk mengetahui kondisi tubuh dan program yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Setiap perawatan juga didukung oleh layanan berstandar internasional menggunakan teknologi terkini yang higienis dan privat. Harga yang dipasang pun termasuk cukup terjangkau, mulai dari Rp350.000 (konsultasi dokter) hingga Rp750.000-1.750.000 untuk pilihan program detoks tubuh seperti hydrocolon therapy, coffee enema atau chelation therapy. Info lebih lanjut dan reservasi, hubungi 021-57905890 atau kunjungi situsnya di www.cliniquesuisse.co.id

    "Awalnya asam lambung saya suka naik. Usai melakukan treatment coffee enema, perut langsung terasa kempis, ringan, dan bersih. Yang terpenting asam lambung langsung berkurang." - Bimo Permadi, Asst. Managing Editor.


    (Baca Juga: Detoks Tubuh di Nano Philosophy)


    Colon Hydrotherapy Centre & Anti-Aging

    Tubuh yang sehat dimulai dari dalam, khususnya hati. Maka dari itu, perawatan colon hydrotherapy menjadi program utama di klinik ini. Pelayanan dengan teknologi canggih bisa didapat dengan Rp500.000 untuk sekali perawatan dan tersedia harga paket Rp1.425.000 (3 kali), Rp2.700.000 (6 kali). Konsultasi dokter tidak dipungut biaya. Info lebih lanjut dan reservasi, hubungi 021-71792137.


    (Teks: Kiki Riama Priskila)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below