7 Cara Mudah Lakukan Digital Detox


  • 7 Cara Mudah Lakukan Digital Detox
    (Foto: Dok. Rawpixel.com/Pexels)

    Ada banyak kemudahan yang kita nikmati di era digital. Namun, sesuatu yang berlebihan tentu tidak sehat, bukan? Generasi kita saat ini tengah mengalami fenomena technology dependent, di mana kita tak bisa “berfungsi” secara normal tanpa media sosial. Bahkan tak sedikit penelitian yang menghubungkan anxiety dan depression dengan teknologi.

    Lewat digital detox, di mana kita bisa melepaskan semua perangkat digital, akan membantu kita “meninjau kembali” kehidupan sehari-hari dan siapa tahu, kita justru menemukan tujuan hidup baru, sesuatu yang lebih bermakna. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini adalah 7 cara mudah lakukan digital detox:




    Observasi Diri Sendiri

    Catat berapa kali kamu (tergerak untuk) mengecek handphone dalam kurun waktu 24 jam. Kamu akan terkejut pada seberapa sering teknologi berhasil mengalihkan perhatianmu, dan hal ini akan semakin memperkuat rencana kamu untuk berubah dan unplug!


    Bersihkan Perangkat

    Hapus aplikasi lama dan akun media sosial yang sudah nggak kamu gunakan. Jika kamu nggak membuka satu situs atau aplikasi selama lebih dari dua minggu, hapus saja. Kemungkinannya, kamu nggak akan merasa kehilangan sama sekali. Plus, hal ini bisa menyelamatkan memory di handphone.


    Membuat Jadwal

    Langkah paling mudah yang bisa membantu kamu melakukan digital detox adalah dengan membuat jadwal kapan waktu terbaik untuk “puasa” dari perangkat digital dan kapan kamu bisa kembali menggunakannya. Mungkin pekerjaanmu memang mengharuskan untuk menggunakan teknologi, maka belajar scheduling bisa jadi opsi tepat.


    Menyembunyikannya

    Kadang cara terbaik untuk melepaskan diri dari teknologi adalah dengan menyembunyikannya. Saat kamu tengah membaca atau melakukan pekerjaan, letakkan handphone di laci atau ruang lain, lalu matikan atau pasang mode silent.


    Mengajak Teman

    Ajaklah teman untuk berpartisipasi dalam petualangan digital detox-mu. Dengan begitu, kamu bisa saling menguatkan diri dan berbagi unek-unek selama menjalani detoks. Bahkan kamu bisa saling menyembunyikan perangkat digital demi menyukseskan latihan ini.


    Berlatih Fisik

    Jika perangkat teknologi mudah mengalihkan perhatianmu, tak ada salahnya untuk mencoba berlatih fisik. Misalnya, kamu terbiasa mencatat menggunakan tab atau laptop, kini kamu bisa menulis di buku catatan. Atau, jika salah satu hiburan favorit kamu adalah menonton Netflix di smart TV, cobalah untuk rock climbing, salsa dancing, atau sekadar permainan olahraga seru yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan otak. Dengan mengembalikan fungsi pancaindra, bisa saja kamu tak lagi merindukan semua teknologi itu.


    Likes + Followers Bukan Segalanya

    Jika kamu berpikir bahwa harga diri atau popularitas seseorang hanya ditentukan berdasarkan likes dan followers, you’re definitely a phone zombie! Lepaskan pandanganmu dari layar handphone dan nikmati pemandangan indah di sekeliling. Kamu-lah yang menentukan jati diri, bukan sekadar angka di layar.


    Demikianlah 7 langkah mudah lakukan digital detox yang bisa kamu coba sendiri atau bersama teman-teman. Yang pasti, tak perlu khawatir akan gagal sebelum mencoba, ya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below