Life & health

Detoks Teh Jadi Tren Kesehatan Baru

By : Kiki Riama Priskila - 2015-03-03 12:34:52

Tea-toxes atau detoks teh sedang menjadi tren kesehatan yang sedang naik daun belakangan ini, di mana Anda disarankan untuk meminum secangkir atau dua cangkir teh herbal setiap hari selama 14 atau 28 hari untuk mendetoks sistem pencernaan – hal ini juga dikabarkan dapat menurunkan berat badan. Saat sedang dalam program tea-tox Anda diperbolehkan untuk tetap melanjutkan pola makan reguler.

Kandungan kafein dalam teh dapat bekerja sebagai penekan napsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh, jadi Anda dapat mengalami penurunan berat badan, jelas Dr. Alvin Wong, direktur medis dan dokter keluarga di Well Family Clinic & Surgery, Singapura. “Bagaimana pun, banyak tea-toxes yang mengandung bahan-bahan kontroversial seperti daun senna, yang dapat menimbukan efek laxative (sering buang air besar) dan menyebabkan keram perut. Meminumnya terlalu banyak juga bisa menyebabkan gangguan organ dalam, bahkan kegagalan fungsi kerja organ,” paparnya.

Risiko akan semakin meningkat jika Anda memiliki perut sensitif atau minum melebihi jumlah yang disarankan. Saran kami? Tea-tox mungkin dapat menjadi sarana jangka pendek untuk menurunkan berat badan, tapi jangan sampai menghentikan keanggotaan gym Anda dan bergantung pada program ini.

 

(TEKS: RUBY TAN / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health