8 Tahap Perawatan Dasar Facial yang Bikin Kulit Bersih


  • 8 Tahap Perawatan Dasar Facial yang Bikin Kulit Bersih
    Facial memberi banyak manfaat, dari membersihkan wajah hingga mengurangi stres. (Foto: Dok/Stylecraze)


    Facial termasuk salah satu perawatan kulit wajah yang paling mendasar di klinik kecantikan. Meskipun tidak memiliki jerawat, hiperpigmentasi, atau terbakar sinar matahari, kulit wajah kamu tetap membutuhkan perawatan khusus oleh tenaga ahli agar tetap sehat dan bebas dari berbagai masalah kulit. Selain itu, facial menjadi cara terbaik untuk mengetahui apakah kulit kamu bereaksi terhadap hormon, polusi, stres, dan elemen lainnya. 

    Manfaat facial sendiri mungkin sudah kamu ketahui. Di antaranya untuk membuka pori-pori yang tersumbat, mengeluarkan komedo dan lemak yang membuat wajah terlihat kusam, menangani jerawat dan bekas jerawat, mendetoksifikasi kulit, melancarkan sirkulasi darah, mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, hingga mengurangi stres.



    (Baca juga: 7 Pilihan Toner yang Tepat untuk Kulit Bermiyak) 

    Seberapa sering harus facial, itu tergantung jenis kulit kamu. Idealnya, jika kulit tergolong normal, lakukan facial sebulan sekali karena itulah waktu yang dibutuhkan kulit untuk meregenerasi. Paling sedikit, lakukan empat kali setahun. Untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat, sebaiknya melakukan facial setiap dua minggu (kecuali masalahnya sudah mulai teratasi). Hindari facial terlalu sering, terutama jika kulit kamu sensitif.

    Jika kamu tertarik, ini tahap-tahap perawatan dasar facial yang perlu kamu ketahui:


    1. Pembersihan

    Biasanya, teknisi facial akan membungkus rambut kamu dengan handuk atau ikat kepala untuk menjaga rambut terkena krim pembersih wajah. Langkah pertama adalah membersihkan wajah menggunakan kapas kosmetik. Biasanya wajah akan dibersihkan dua kali.


    (Langkah pertama adalah membersihkan wajah. Foto: Dok/Allure) 


    2. Analisis kondisi kulit

    Teknisi kemudian akan memeriksa kulit kamu di bawah lampu terang untuk menentukan jenis kulit kamu (apakah kering, berminyak, kombinasi, sensitif atau normal) dan kondisi kulit (berjerawat, komedo, mengalami penuaan, kerusakan akibat sinar matahari, dehidrasi, dan lain sebagainya). Kemudian ia akan memilih produk dan perawatan sesuai dengan kondisi tersebut.


    3. Penguapan

    Sebagian besar perawatan facial menggunakan mesin yang mengarahkan uap tipis dan hangat ke wajah. Proses ini menenangkan dan tujuan utamanya membantu melembutkan komedo dan whiteheads agar mudah dikeluarkan. Nam un jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, penguapan sebaiknya tidak dilakukan.


    4. Pengelupasan

    Pengelupasan kulit saat ini menggunakan substansi mekanis atau substansi kimia. Pengelupasan mekanis memiliki tekstur berpasir untuk menggosok dan merontokkan permukaan sel kulit mati. Jenis pengelupasan kulit (eksfoliasi) ini biasanya terjadi selama penguapan.

    Sedangkan eksfoliasi kimia menggunakan enzim-enzim dan asam untuk melonggarkan ikatan antara sel-sel kulit. Perawatan enzim yang lembut dapat dilakukan selama penguapan. Pengelupasan kimiawi yang lebih kuat, yang bervariasi intensitasnya, bisa menjadi perawatan tersendiri atau bagian dari facial. Namun umumnya bukan merupakan tindakan "upgrade" dan dilakukan dalam suatu rangkaian.


    (Pengeluaran komedo atau whiteheads harus dilakukan dengan cara yang benar. Foto: Dok/Pinterest/facial) 


    5. Ekstraksi

    Ini adalah pengeluaran komedo atau whiteheads, yang biasanya memang dirasa mengganggu penampilan. Prosesnya kadang menyakitkan, walaupun orang pada dasarnya memiliki toleransi nyeri yang berbeda saat ekstraksi. Mereka yang kulitnya tipis atau mudah kemerahan biasanya lebih merasakan sakit. Ekstraksi dapat menyebabkan kapiler rusak dan perubahan warna jika dilakukan dengan tidak benar.


    6. Pijatan

    Facial massage dilakukan dengan membuat gerakan menyapu dengan lembut, panjang, dan terus-menerus seperti effleurage. Fungsinya untuk membuat rileks, dan menstimulasi kulit dan otot-otot wajah.


    (Pemijatan dilakukan dengan gerakan yang Panjang dan terus-menerus. Foto: Dok/Ecosia)


    7. Masker 

    Masker ditargetkan untuk jenis kulit apapun (kering, berminyak, kombinasi, sensitif, dewasa) dan kondisi manapun. Selama facial, teknisi harus tinggal di kamar dan memijat kulit kepala atau layanan lainnya. Jika mereka meninggalkan ruangan untuk membiarkan kamu "santai", bahkan sampai tertidur, sebaiknya jangan kembali.


    8. Aplikasi akhir

    Setelah semua proses itu selesai, teknisi facial akan memberikan toner, serum, pelembab, dan tabir surya (jika itu siang hari). 

    Mengingat tahap-tahap perawatan dasar facial ini cukup memakan waktu, luangkan waktu khusus untuk melakukannya, ya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below