7 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Blackhead


  • 7 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Blackhead
    (FOTO: R. LEGOSYN / SHUTTERSTOCK / CLICK PHOTOS)

    Apa itu blackhead?

    Blackhead yang sering kali tampak di area wajah merupakan bintik berwarna hitam yang muncul di permukaan kulit. Blackhead merupakan jenis komedo yang terbuka yang sebenarnya adalah folikel rambut yang lebih besar dari folikel lain, kemudian tersumbat oleh minyak, sel kulit mati dan kadang sisa kosmetik atau debu kotoran yang disebabkan oleh lingkungan sekitar.

    Blackhead muncul berwarna hitam karena...

    Saat terkena udara, maka akan timbul reaksi kimia yang melibatkan melanin dan menyebabkan berubahnya komedo tersebut menjadi berwarna hitam.

    Apakah blackhead hanya muncul di sekitar hidung atau bisa di area wajah yg lainnya juga?

    Selain area wajah terutama bagian hidung, blackhead juga bisa muncul pada area punggung, dada, lengan, atau bahu.




    (Baca Juga: 5 Jenis Jerawat yang Harus Diketahui)


    Yang membedakan blackhead dan whitehead adalah...

    Perbedaan dari keduanya adalah blackhead merupakan komedo yang terbuka dan muncul ke permukaan kulit wajah, sedangkan whitehead adalah komedo yang tertutup oleh kulit mati sehingga menghalanginya keluar dari kelenjar minyak dan sel kulit mati dari dalam kulit, serta tidak muncul ke permukaan kulit. Karena isi dari folikel tidak terpapar oleh oksigen yang ada di udara, sebum dan debris tidak teroksidasi dan tetap mempunyai warna yang alami, yaitu putih.

    FAKTA: Blackhead dapat hilang dengan proses scrubbing rutin.

    Blackhead bisa dihilangkan dengan proses scrubbing yang ringan karena membantu membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati. Tetapi proses scrubbing berlebih dan keras bisa membuat kulit kering dan iritasi, sehingga mengakibatkan lebih banyak komedo. Sebaiknya pilih produk pembersih wajah yang mampu mengangkat sel kulit mati secara ringan.

    Apa yang menyebabkan blackhead berubah jadi jerawat?

    Proses terjadi blackhead hampir sama dengan jerawat, yaitu akibat kelebihan minyak pada permukaan kulit yang kemudian terperangkap pori-pori. Beda blackhead dengan jerawat adalah jerawat mengalami peradangan sedangkan blackhead tidak. Namun, jika blackhead mengalami luka dan terinfeksi, blackhead bisa berkembang menjadi jerawat.

    Proses ekstraksi pada saat facial diperbolehkan untuk menghilangkan blackhead.

    Ya. Proses facial diperbolehkan tetapi dengan teknik yang baik dan dilakukan oleh terapis yang berpengalaman. Proses facial ini bisa dilakukan 2 minggu sampai 1 bulan sekali.


    (Baca Juga: 10 Cara Alami dan Efektif Menghilangkan Mata Panda)

     

    (TEKS: TIKA FIRLIANA / FOTO: R. LEGOSYN / SHUTTERSTOCK / CLICK PHOTOS)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below