Menimbang Untung Rugi Menikah Dengan Sepupu


  • Menimbang Untung Rugi Menikah Dengan Sepupu
    Menikah dengan sepupu, apa untung dan ruginya? (Foto:Dok/pixabay)


    'Menikah dengan sepupu' menjadi trending topic di Google seiring dengan momen Lebaran tahun ini. Bukan kali ini saja, dari data yang dikumpulkan Objektiva.id baru-baru ini juga menunjukkan bahwa adanya kecenderungan kenaikan di mesin pencarian Google akan term 'menikah dengan sepupu.'

    Kenaikan ini konsisten dalam lima tahun terakhir yang menandakan adanya banyak orang yang ingin mencari tahu adanya kemungkinan menikah dengan sepupu. Atau ada juga yang sedang mengalami 'perjodohan' kala mudik di hari raya beberapa waktu lalu. 

    Di samping itu, ditengarai hal ini juga berkaitan dengan kerapnya muncul pertanyaan seputar 'Kapan Menikah?' yang berujung-ujung dengan perjodohan dengan sepupu, terutama jika kedua pihak masih sama-sama berstatus belum menikah. Kamu juga mengalaminya? 



    Lalu, apa sebenarnya persoalan jika menikah dengan sepupu? Ditelusuri dari berbagai sumber, berikut untung ruginya yang bisa jadi pertimbangan:

    (Baca juga: Manfaat Menikah dengan Waktu yang Tepat dengan Kesehatan) 


    1. Ekonomi yang Stabil


    (Ekonomi yang terjaga.Foto:Dok/Pixabay)


    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Drew Bailey, seorang psikolog di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, AS menemukan bahwa mereka yang menikah dengan sepupu sendiri memiliki ekonomi yang stabil, bahkan sampai berapapun jumlah anak yang mereka miliki. Pernikahan antar saudara ini akan berpengaruh pada penerus harta warisan dan kekayaan yang akan terus dijaga oleh keluarga.


    2. Eratnya Ikatan Keluarga


    (Keluarga yang erat.Foto:Dok/pixabay)


    Menikah dengan sepupu sendiri masih memang terdengar tabu di beberapa kalangan masyarakat. Namun, berbagai negara sudah banyak yang melakukan pernikahan antar sepupu ini. Pernikahan dengan sepupu ternyata dapat mempererat silsilah dan keintiman dalam keluargamu.

     

    (Baca Juga: Alasan Pria Takut Menikah)


    3. Tidak Memiliki Saudara yang Banyak


    (Keluarga yang kecil.Foto:Dok/Pixabay)


    Menikah dengan saudara sendiri memang akan menambah keeratan dalam keluargamu. Namun, pernikahan ini tidak membuat hubungan keluargamu bertambah luas.


    4. Baik untuk Kesehatan Jantung


    (Kesehatan jantung dapat terjaga.Foto:Dok/Pixabay)

    Sebuah studi dalam jurnal Nature menunjukkan bahwa mereka yang menikah dengan sepupu, kehilangan gen APOC3 yang dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung, sebagaimana dilansir dari Daily Star.


    (Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Harus Kamu Ketahui)


    5. Kemungkinan kelainan Gen Pada Anak


    (Anak yang lahir bisa memiliki kelainan gen.Foto:Dok/Pixabay)

    Sepupu adalah anak dari paman dan juga bibimu. Banyak studi yang menjelaskan bahwa, pernikahan antar sepupu memiliki risiko tinggi untuk melahirkan keturunan dengan kelainan gen. Meskipun begitu, penelitian ini masih menimbulkan pro dan kontra dalam pernikahan dengan sepupu sendiri.


 

Related Articles