Manfaat Menikah Pada Waktu Yang Tepat Dengan Kesehatan


  • Manfaat Menikah Pada Waktu Yang Tepat Dengan Kesehatan
    (Foto: @weddingforward/instagram)

    Setiap wanita memiliki waktu menikah impiannya masing-masing. Ada yang ingin menikah tepat setelah lulus kuliah (atau bahkan SMA), ada juga yang ingin mengejar karier dulu dan rumah tangga kemudian.

    (Baca juga artikel: Manfaat Menikah Bagi Kesehatan Jantung)

    Meskipun tidak perlu dipaksakan jika memang tak ada pasangan, ternyata menikah pada waktu yang tepat memiliki dampak baik bagi kesehatan ketika sudah memasuki paruh baya.



    Mungkin sekarang Anda bertanya kapan waktu yang tepat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Matt Johnson dari University of Alberta, waktu yang tepat adalah ketika teman serta rekan Anda yang lain juga menikah. Tidak dalam waktu bersamaan tentunya. Melainkan dalam jangka waktu yang mirip.

    Untuk penelitian ini, mereka menggunakan umur wanita berumur 25 tahun dan pria berumur 28 tahun. Penelitian ini dimulai pada tahun 1985 dan berlangsung selama 30 tahun.

    Hasil yang didapat dari riset ini adalah pasangan yang menikah tepat waktu memiliki gejala depresi lebih sedikit dibandingkan mereka yang menikah terburu-buru atau jauh lebih cepat.

    Menurut Matt dan rekan-rekannya, pernikahan terlalu awal membuat hidup terbagi-bagi. Akibat terlalu banyak yang ingin dilakukan pada waktu tersebut dan terbawa hingga bertahun-tahun kemudian, mereka justru menjadi tidak bahagia dengan hidupnya.