Alasan Pria Takut Menikah


  • Alasan Pria Takut Menikah
    (Foto: irbis stock photo/Shutterstock/Clickphotos)

     

    Menikah menjadi salah satu impian terbesar sebagian besar wanita. Namun, beberapa pria justru kerap merasa takut saat dihadapkan dengan kata pernikahan.

    Alasannya pun beragam, bukan karena belum mapan atau belum cukup umur, bahkan bukan juga karena belum punya pasangan. Berikut ini adalah beberapa alasan pria takut menikah:

    Belum siap

    Ketakutan pria adalah saat ia harus menjadi kepala keluarga. Ia harus bertanggung jawab pada Anda dan anak-anak kalian kelak. Namun, saat ini ia masih merasa nyaman untuk hidup sendiri dan belum siap untuk menanggung kewajiban yang besar itu.

    Masih ingin bebas

    Banyak anggapan bahwa setelah menikah, pria pasti kehilangan kebebasannya. Mungkin ia takut tak lagi bisa berkumpul dengan teman-temannya, tak bisa membeli barang-barang yang ia suka, dan masih banyak keputusan lain yang ingin dilakukan sendiri.

    Perubahan rutinitas

    Bisa dibilang pernikahan berarti Anda dan pasangan harus sama-sama mengadopsi rutinitas baru. Mungkin si dia belum siap untuk mengubah aktivitas hariannya.

    Enggan menghadapi mertua

    Bisa jadi salah satu hal yang membuat pasangan enggan segera menikah adalah karena ia merasa kurang nyaman dengan sang calon mertua. Jika hal ini yang menjadi alasan, sebaiknya segera komunikasikan dan mencari jalan tengah.

    Masih memiliki tanggung jawab besar

    Dengan kata lain, pasangan masih memiliki tanggung jawab seperti menanggung biaya pendidikan adik-adiknya. Tak sedikit pria yang harus menggantikan peran ayah meski belum menikah.

    Trauma

    Mungkin ia sempat menjalani hubungan serius di masa lalu yang tak berakhir baik. Trauma untuk menjalin cinta baru akhirnya membuatnya takut untuk bergerak ke jenjang yang lebih serius. Yang perlu dilakukan adalah memberikan pasangan waktu untuk menumbuhkan rasa percaya pada Anda.

    Itulah beberapa alasan yang menyebabkan pria takut menikah. Pada akhirnya, dalam sebuah hubungan janganlah memaksakan kehendak satu pihak. Berikan waktu dan semangat pada pasangan agar ia bisa membuka pintu hatinya secara perlahan untuk segera meminang Anda.