7 Cara Hadapi Macet Saat Mudik Lebaran


  • 7 Cara Hadapi Macet Saat Mudik Lebaran
    Hal yang bisa kamu lakukan dikala macet melanda.Foto:Dok/Pixabay


    Macet saat menempuh perjalanan mudik Lebaran bisa jadi melelahkan dan membosankan. Namun, semua kembali pada bagaimana kamu menyiasatinya.

    Berpikir positif dan melakukan sejumlah persiapan bisa jadi alternatif. Di antaranya menyiapkan bekal makanan biar tidak kelaparan atau kehausan di perjalanan. Atau siapkan juga hal lainnya seperti buku bacaan atau earphone buat dengar musik.



    Dilansir dari berbagai sumber, berikut tujuh cara yang bisa kamu lakukan di kala macet, agar perjalanan mudikmu tidak membosankan:

    (Baca Juga: 9 Tips Mudik Aman Saat Lebaran dengan Kendaraan Pribadi)

    1. Pikirkan Hal Positif


    (Berbincang bersama teman bisa menimbulkan pikiran positif.Foto:Dok/Pexels)

    Melihat kemacetan di depan mata, tak jarang bisa membuatmu menjadi stres dan emosi. Dengan memikirkan hal-hal yang lucu dan menyenangkan, serta berbincang bersama temanmu di dalam kendaraan, bisa mengalihkan pikiranmu dari kemacetan yang sedang kamu hadapi.

    2. Membaca Buku


    (Membaca buku bisa kamu lakukan ketika macet.Foto:Dok/Pexels)

    Selain menambah wawasan, membaca buku bisa kamu lakukan saat menunggu jalanan menjadi renggang dan lancar kembali. Oleh karenanya, jangan lupa untuk membawa buku favorite-mu ya!


    (Baca Juga: Tips Mengatasi Emosi yang Berlebihan)


    3. Makan dan Minum

    Cara yang satu ini bisa jadi paling ampuh untuk mengusir segala penat ketika macet melanda perjalanan mudik dan liburanmu. Makanan dan minuman yang sehat bisa kamu siapkan untuk mengatasi kebosanan saat melalui perjalanan yang lama.

    4. Mendengarkan Radio atau Podcast


    (Mendengarkan radio dikala macet bisa menghibur.Foto:Dok/Pixabay)

    Jika kamu bukanlah salah satu pecinta buku, kamu bisa mendengarkan radio dan podcast saat kemacetan mengganggu perjalananmu. Berbagai musik dan tema percakapan bisa kamu dengarkan untuk meredakan emosimu.

    5. Ciptakan Kreativitas


    (Kemacetan bisa menjadi objekmu mengasah kreativitas.Foto:Dok/Pixabay)

    Hal ini mungkin tidak sempat kamu pikirkan ketika padatnya pengendara dijalur mudikmu. Namun, jika kamu adalah orang yang senang membuat suatu kreatifitas, tidaklah mustahil melakukannya disaat macet. Menulis buku atau jurnal perjalanan, memotret, membuat podcast, dan juga vlog bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh dan bete disaat macet.


    (Baca Juga: 5 Olahraga yang Mudah Dilakukan saat Liburan)


    6. Mencoba Rute Lain

    Kemacetan secara terus menerus di jalur yang biasa kamu lalui saat mudik, bisa kamu hindari dengan memilih rute lain untuk sampai ke tujuan akhirmu.

    7. Lakukan Meditasi

    Walaupun tidak baik bermeditasi saat berkendara, namun mengontrol pernapasan saat kendaraanmu terjebak dikemacetan bisa kamu lakukan. Lakukanlah meditasi singkat agar pikiranmu jernih dan tubuh tetap sehat sampai kampung halamanmu.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below