9 Tips Mudik Aman Saat Lebaran dengan Kendaraan Pribadi


  • 9 Tips Mudik Aman Saat Lebaran dengan Kendaraan Pribadi
    Biar perjalanan mudik menyenangkan, persiapkan dengan matang. Simak sembilan tips mudik berikut ini. (Foto: Dok/Bridgemi)


    Hm... sudah tak sabar kan, ingin merayakan Lebaran ke kampung halaman? Terbayang asyiknya bertemu keluarga besar dan teman-teman masa kecil kamu.

    Namun sebelum berangkat, ada baiknya kamu mengikuti tips aman mudik Lebaran berikut ini:



    (Baca juga: Tips Mudik Nyaman Saat Sedang Puasa) 


    1. Periksa kondisi kendaraan

    Sebelum berangkat, cek kelaikan kendaraan karena akan menempuh jarak yang panjang. Jika kamu berangkat dari Jakarta ke Surabaya, misalnya, jalan tolnya saja sudah sepanjang 870 km. Belum lagi kalau di tempat tujuan kamu masih akan jalan-jalan selama liburan. Saat kembali ke Jakarta minimal kamu akan menempuh jarak 1700 km. Karena itu, kondisi kendaraan harus fit. Menyervis kendaraan sebelum berangkat menjadi tips mudik Lebaran yang paling penting untuk mendeteksi apakah ada masalah yang harus diperhatikan.


    2. Bawa peralatan kendaraan

    Walaupun mobil sudah diservis, sebaiknya kamu tetap membawa peralatan standar untuk kendaraan seperti dongkrak, segitiga pengaman, ban serep, kunci ring, obeng, dan lain sebagainya. Bawa juga peta dasar untuk berjaga-jaga kalau kamu kehilangan sinyal sehingga tidak bisa mengakses GPS.


    3. Siapkan bensin dan e-toll

    Kartu e-toll harus sudah terisi sebelum berangkat, setidaknya untuk perjalanan ke kampung halaman. Sedangkan e-toll untuk perjalanan kembali ke tempat tinggal bisa kamu isi belakangan. Cek panduan harga tol juga menjadi tips mudik Lebaran yang wajib diikuti, karena berguna untuk memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan.


    4. Cukup istirahat sebelum berangkat

    Momok terbesar saat mengemudi di jalan tol adalah mengantuk. Karena itu, malam sebelum berangkat mudik kamu wajib tidur cukup. Jangan memaksakan untuk begadang lalu mengandalkan minuman berenergi atau kopi agar tetap bugar di perjalanan. Tidur cukup tetap menjadi salah satu kunci utama tips mudik Lebaran yang aman.


    5. Bawa bekal selama perjalanan


    (Persiapan mudik. Foto: Dok/Pixabay) 


    Ini juga merupakan tips mudik Lebaran yang tak boleh dilupakan. Saat arus mudik, rest area akan selalu penuh antrian orang yang ingin makan atau ke toilet. Karena itu bawa juga makanan dan cemilan untuk di perjalanan, khususnya jika kamu membawa anak. Bawa juga bantal leher, charger, buku bacaan, serta mainan untuk si kecil.


    6. Berhenti setiap 4 jam

    Merujuk informasi pada Pasal 90 ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), seorang pengemudi bisa berkendara paling lama 8 jam/hari. Namun berdasarkan Pasal 90 Ayat (3), setelah berkendara selama 4 jam berturut-turut pengemudi wajib beristirahat paling singkat setengah jam. Sedangkan menurut Pasal 90 ayat (4) UU LLAJ, pengemudi harus beristirahat selama satu jam kalau sudah berkendara 12 jam/hari.

    Kalau kamu berkendara bersama keluarga, usahakan untuk mengemudi bergantian setiap 4 jam. Jika memang sudah lelah, berhentilah di rest area supaya bisa tidur sejenak. 


    7. Hematlah bahan bakar kendaraan

    Tips mudik Lebaran ini juga perlu kamu ingat. Jika kamu berangkat tepat di puncak arus mudik, kamu tetap akan menghadapi kemacetan. Untuk itu, hematlah bahan bakar kendaraan dengan menggunakan bensin yang berkualitas sehingga kinerja mesin menjadi lebih efisien. Bisa juga dengan mematikan mesin mobil ketika lalu lintas benar-benar terhenti, dan mematikan AC ketika sedang melalui kawasan yang sejuk. Buka kaca jendela agar kamu bisa menghirup udara segar.


    8. Bawa uang tunai


    (Persiapan mudik. Foto: Dok/Netdoctor) 

    Tips mudik Lebaran ini relevan dengan gaya hidup serbadigital seperti sekarang. Walaupun segala sesuatu terkoneksi dengan internet, termasuk membayar makanan atau berbelanja di supermarket, sewaktu-waktu bisa saja terjadi kesalahan pada sistem atau tempat yang kamu tuju tidak bisa menerima transaksi digital. Maka, kamu harus membayar secara tunai. Namun, bawa uang tunai secukupnya saja ya.


    9. Jangan lupa oleh-oleh

    Walaupun tidak wajib, tapi keluarga di kampung halaman pasti akan senang kalau kamu membawa buah tangan untuk mereka. Siapkan juga angpao untuk "salam tempel" buat para keponakan. Jangan lupa kunjungi teman masa kecil atau masa sekolah untuk kangen-kangenan.

    Jadi, percaya deh, tips mudik Lebaran ini bakal membantu kamu tetap bugar dan hari raya menjadi makin berkesan!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below