7 Destinasi Wisata Alam yang Menarik untuk Dikunjungi


  • 7 Destinasi Wisata Alam yang Menarik untuk Dikunjungi
    Keindahan alam Indonesia.Foto:Dok/pixabay


    Masih bingung menghabiskan libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri di mana? Kenapa tidak menyambangi sejumlah destinasi wisata alam Indonesia yang sebenarnya menarik untuk ditelusuri.

    Dari mulai Danau Toba di Sumatera, misalnya, atau beranjak ke Pulau Derawan yang kaya akan biota lautnya. Jika masih penasaran, coba saja wujudkan impian ke Raja Ampat yang bakal bikin takjub.

    Masing-masing daerah di Indonesia punya kelebihan yang membuatnya menarik buat disambangi. Dari beberapa di antaranya, berikut tujuh destinasi yang bisa jadi pertimbangan untuk dikunjungi tahun ini: 

    1. Raja Ampat


    (Raja Ampat Indonesia.Foto:Dok/Pixabay)

    Raja Ampat menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi di Indonesia. Berada di bagian Barat New Guinea, Raja Ampat terdiri dari hamparan pulau-pulau kecil yang terapung di atas laut. Tak hanya dari atas, laut birunya itu pun menyimpan 1,300 jenis ikan dan batu karang yang dapat kamu saksikan dengan diving.

    2. Gunung Bromo


    (Bromo berada di kawasan Malang.Foto:Dok/Pixabay)

    Dikelilingi oleh hamparan debu vulkanik, membuat pemandangan gunung Bromo sangat menawan. Menikmati pemandangannya dari atas dengan kabut-kabut yang menyelimutinya, menghipnotis kita untuk kembali lagi ke tempat wisata alam yang berada di kawasan Malang. 


    3. Pulau Komodo



    Dihuni oleh ratusan komodo, pulau ini tidak memberi kesan menakutkan, justru membawa para turis penasaran untuk melihat keindahan alam di pulau yang satu ini. Hewan reptil yang berjalan di pinggir pantai membuat pulau ini tampak unik dan penuh dengan suasana flora dan fauna. Tak hanya itu, pesona alam bawah lautnya pun dapat kamu nikmati dengan snorkeling bersama keluarga dan kerabatmu.




    4. Lombok


    (Gunung Rinjani menjadi salah satu destinasi di kawasan Lombok.Foto:Dok/Pixabay)

    Hampir memiliki pesona yang sama dengan Bali, keindahan pantai di pulau Gili dan juga ribuan pepohonannya, menjadi salah satu keindahan tempat yang wajib kamu saksikan saat berkunjung ke Lombok, Indonesia. Selain pantai, gunung Rinjani kian digemari oleh wisatawan yang menyukai wisata hikking. Hamparan yang luas dan dipenuhi bebatuan membuatnya tampak menawan dan mengagumkan.


    5. Flores


    (Flores memiliki wisata budaya dan alam.Foto:Dok/Shutterstock)
    Menjadi salah satu destinasi yang kaya akan penampakan alam dan budaya, Flores memiliki ekowisata yang berkembang. Gunung berapi Kelimutu yang terletak di pulau ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Tak perlu cemas, soal penginapan kamu bisa menginap di rumah warga untuk mengetahui segala budaya dan aktivitas yang mereka lakukan. 

    6. Danau Toba


    (Danau toba dua kali lebih luas dibandingkan Singapura.Foto:Dok/Pixabay)
    Dua kali lebih luas dari negara Singapura, Danau Toba menjadi destinasi yang patut dikunjungi saat berada di pulau Sumatera. Dikelilingi oleh perbukitan dan desa-desa, membuat pesona Danau Toba hadir menjadi asri. Bahkan, kamu juga bisa mempelajari budaya Batak bersama warga-warga yang tinggal di pesisir pantai. Istimewanya, di tengah danau Toba terdapat pulau Samosir yang bisa kamu kunjungi dengan perahu dan kapal kecil.

    7. Pulau Derawan


    (Pulau Derawan kaya akan pesona alam bawah laut yang epic.Foto:Dok/Shutterstock)

    Terletak di Kalimantan Timur, pulau Derawan memiliki surga tropis terbaik di Indonesia. Terdiri dari enam pulau, masing-masing memiliki pesonanya sendiri. Di antaranya, Pulau Maratua yang memiliki gua-gua di dalam laut yang menawan. Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki danau yang epic dan penginapan yang mewah. Ada Pulau Kakaban dengan ubur-ubur yang cantik, tidak akan membuatmu menyesal untuk menikmati wisata air di lautnya. Namun, harus kamu harus tetap berhati-hati karena sengatan ubur-ubur tersebut bisa berbahaya. Atau ke Pulau Sangalaki yang kaya akan karang dan fauna seperti kura-kura dan ikan pari, sangat menggiurkan untuk menyelam dan snorkeling. Meski letaknya yang terpencil, namun pulau Sangalaki menjadi salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Indonesia.

    Jadi, mana yang menjadi pilihanmu untuk dikunjungi pertama kali?