6 Inspirasi Buat Busana Lebaran ala Didiet Maulana


  • 6 Inspirasi Buat Busana Lebaran ala Didiet Maulana
    Inspirasi busana lebaran dari Didiet Maulana. (Foto:Dok/[email protected])


    Menjelang lebaran, berbagai model busana mulai bertebaran di pasaran. Dari mulai kaftan, blouse dan celana hadir dengan potongan yang modis. Banyaknya pilihan ini bikin bimbang, mana yang baik?

    Mengingat Lebaran adalah juga momen silaturahmi, desainer Didiet Maulana mengatakan ada baiknya pilih yang simple sehingga membuat mudah bergerak. Selain itu, bisa juga memberi pilihan pada busana bermotif atau warna biar lebih segar.



    Ditemui di sela-sela peragaan busananya di Jakarta, beberapa waktu lalu, founder Ikat Indonesia ini memberikan sejumlah tips yang bisa jadi inspirasi memilih busana di Hari Raya Idul Fitri mendatang.

    (Baca Juga: Sambut Hari Raya dengan Memburu Bazar Ramadan)


    1. Blouse and Pants


    (Atasan dan celana bisa menjadi pilihanmu untuk berbusana keren di lebaran.Foto:Dok/ramadaninstyle)


    Rangkaian acara yang seperti, sholat Ied dan dilanjuti dengan halal bihalal bersama dengan keluarga, menggunakan baju yang santai dan nyaman sangat dianjurkan untuk digunakan saat lebaran. "Saya juga memberikan inspirasi blouse dengan celana, karena memang di hari lebaran, gerak itu harus cepat, aktivitasnya itu tinggi sebenarnya, karena harus berpindah dari satu rumah ke rumah yang lain," ujar Didiet. 

    (Baca Juga: Inspirasi Lebaran Tiga Desainer di 'Ramadan In Style 2')


    2. Simple


    (Baju yang simple sangat dianjurkan untuk digunakan saat lebaran.Foto:Dok/ramadaninstyle)


    Saat lebaran tiba, tak jarang para saudara dan tetangga datang ke rumah, untuk bermaaf-maafan dan makan bersama. Padatnya aktivitas tersebut, menuntutmu untuk gesit. Untuk itu, menggunakan baju yang praktis dan simple bisa jadi pilihan untuk digunakan saat lebaran. Kalau mau open house, kata Didiet, karena memang membutuhkan satu baju yang praktis dan simple, namun tetap elegan. 


    3. Bahan dan Potongan yang Nyaman


    Memilih baju dengan potongan yang sederhana dan tidak ribet pada baju lebaran nanti, bisa menjadi inspirasi busana untuk digunakan saat lebaran. Hal ini diungkapkan Didiet, karena dengan menggunakan baju dengan potongan yang sederhana, bisa nyaman saat digunakan sepanjang lebaran.

    "One or two pieces dan tidak terlalu banyak layer, jadi tetap nyaman dipakai," jelasnya. 


    4. Kain Tradisional


    (kain khas Indonesia bisa menjadi salah satu referensi busana saat Idul fitri.Foto:Dok/ramadaninstyle)


    Didiet melihat tren fesyen saat ini telah kembali melirik nuansa nusantara, salah satunya adalah kain. Adalah kain tenun, songket, sutra dan lainnya bisa menjadi inspirasi busana untuk digunakan saat hari raya Idul Fitri. "Kalau menurut saya sih sekarang, sebagian besar mengacu pada kain tradisional Indonesia. Melihat trend sekarang semuanya juga kembali ke asal, dan mungkin sudah lebih nyaman juga memakai kain-kain tradisional Indonesia, looknya lebih dapet juga dan budayanya lebih kuat di hari lebaran."

    (Baca Juga: Tips Padu Padan Baju Lebaran Modern)


    5. Motif dan Warna 


    (padupadan warna yang cerah bisa digunakan saat lebaran.Foto:Dok/ramadaninstyle)


    Di hari nan fitri, biasanya banyak orang yang menggunakan baju dengan nuansa putih. Namun untuk lebaran kali ini, ada baiknya menggunakan baju dengan warna yang variatif, seperti warna-warna yang cerah dan muda. "Biasanya kalau putih itu digunakan ketika mau sholat ied, tapi kalau udah balik ke rumah, open house, biasanya lebih beragam. Tetapi warna-warna yang memang populer itu seperti warna-warna pastel, warna muda," tambah dia. 


    (Baca Juga: Tren Busana Muslim Fashionable dari Luna Habit)


    6. Aksesoris yang Cocok


    (Menambahkan aksesoris bisa menjadi pilihan untuk tampil modis saat lebaran.Foto:Dok/ramadaninstyle)


    Menggunakan aksesoris sebagai pernak-pernik lebaran, bisa kamu gunakan sebagai pelengkap busana lebaranmu agar tampil modis. Namun, Didiet menyarankan untuk memilih aksesoris yang simple, agar aktivitas yang padat saat bulan nan fitri tetap berjalan lancar. "Sebenarnya kalau memang suka aksesoris bisa menggunakan pernak pernik yang sesuai karakter, dan jangan jadi repot saat memakainya, karena akan banyak bersalaman dan bertemu sanak saudara. Jangan sampai pakai aksesoris yang justru bikin gerak jadi terbatas."



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below