5 Kesalahan Utama Dalam Pemakaian Masker Wajah


  • 5 Kesalahan Utama Dalam Pemakaian Masker Wajah
    Ilustrasi pemakaian masker wajah. (Foto: Dok. prostooleh/Freepik)


    Setiap wanita perlu memerhatikan kesehatan kulit wajah, agar tetap bisa terlihat cantik meskipun sudah semakin menua. Berbagai rangkaian perawatan kulit bisa digunakan, mulai dari toner, serum, pelembap, hingga masker.

    Memakai masker wajah memang terlihat mudah, terutama jika menggunakan jenis sheet mask. Namun, tidak sedikit wanita yang ternyata melakukan kesalahan ketikan memakainya.



    Untuk itu, ketahui lima kesalahan utama dalam pemakaian masker wajah yang perlu kamu hindari berikut ini.

    (Baca juga artikel: Tips Memilih Primer yang Tepat untuk Wajah)

    1. Tidak mencuci tangan

    Apabila kamu akan bersentuhan langsung dengan masker dan tidak mengambilnya dengan spatula kuas, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering menyentuh berbagai hal lain, sehingga kotoran, minyak, hingga bakteri mudah menempel meskipun tak terlihat sekalipun.

    Cuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik agar lebih ampuh dalam menghilangkan bakteri. Apabila kamu akan menggunakan spatula atau kuas, pastikan untuk telah mencucinya terlebih dahulu hingga bersih.


    2. Tidak membersihkan wajah

    Selain mencuci tangan, tentunya wajah pun harus dibersihkan. Meskipun tidak terlihat, tak menutup kemungkinan bahwa kotoran dan bakteri juga bisa menempel di wajah. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan sisa kosmetik dan minyak berlebih. Kamu bisa menggunakan micellar water untuk membersihkan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan sabun pembersih wajah kemudian.


    (Ilustrasi masker. Foto: Dok/rawpixel/pexels.com)


    3. Memakai masker terlalu lama

    Sebagian wanita mungkin menganggap memakai masker dalam waktu yang lama akan membuatnya terserap lebih baik. Memakai masker terlalu lama justru bisa menjadikan kulit menjadi terlalu kering, bahkan membuatnya jadi lebih rentan berjerawat. Selain itu, masker jenis peel off yang didiamkan terlalu lama bisa menjadi terlalu keras dan mencabut rambut halus di wajah tanpa disengaja yang menyebabkan iritasi.

    (Baca juga artikel: 5 Tren Kecantikan Korea yang Akan Populer di 2019)


    4. Tidak memakai pelembap setelahnya

    Wajah cenderung terasa lebih kenyal dan lembut setelah memakai masker, sehingga kamu bisa lupa mengenakan pelembap setelahnya. Pastikan untuk memakai pelembap sesuai dengan jenis kulit kamu agar tetap terhidrasi sempurna.


    5. Tidak menggunakannya secara rutin

    Masker memang tidak perlu digunakan setiap hari, tetapi kamu juga tidak harus "berhemat" menggunakan masker seperti hanya digunakan semalam sebelum menghadiri acara tertentu saja. Perhatikan dan ikuti anjuran pemakaian yang tertera di kemasan sehingga kamu bisa mendapatkan hasilnya dengan sempurna.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below