10 Festival Musik yang Meriah dan Populer di Tahun 2019


  • 10 Festival Musik yang Meriah dan Populer di Tahun 2019
    Festival musik paling populer di tahun 2019. (Foto:Dok.Picjumbo/Pexels)


    Di tahun 2019, ragam festival musik hadir dan memberikan hiburan bagi pecinta musik multi-genre. Beberapa di antaranya ada yang mengundang musisi tanah air, ada pula yang mendatangkan penyanyi dari luar negeri sebagai kejutan diperhelatannya.

    Selain para musisinya, konsep yang diusung pula hadir dengan keunikan masing-masing. Ada yang mengambil tempat bersejarah, seperti candi, alam terbuka dan ada pula yang mengajak penontonnya untuk berbusana ala bohemian style. Dari banyaknya festival musik yang hadir, berikut diantaranya yang populer sepanjang tahun 2019.



    (Baca Juga: Momen Magis di Acara Musik Prambanan Jazz Festival 2019)


    1. We The Fest


    Festival musik We The Fest jadi pusat para pecinta musik dari berbagai kalangan. Telah hadir di Indonesia sejak tahun 2014, acara yang satu ini turut menghadirkan berbagai line up dari dalam maupun luar negeri. Di antaranya yang pernah hadir adalah Troye Sivan, Alvvys, Travis, Tulus, The Adams, dan lainnya. Dengan tema summer festival, warna-warna cerah pun menjadi dekorasi utama disetiap gelarannya di bulan Juli atau Agustus.


    2. Jakarta International Java Jazz Festival

    Sejumlah pencipta musik jazz berkumpul dan menghibur para pecintanya di Jakarta International Java Jaz Festival. Diselenggarakan bulan Maret di tahun 2019, acara ini menghadirkan sejumlah line up dari berbagai negara. Di antarnya yang pernah memeriahkan adalah Prep, TOTO, Bruno Major, H.E.R, Raveena dan lainnya. Ada pula musisi dan band dari dalam negeri seperti Kahitna, Tulus, Isyana, Raisa yang turut meramaikan festival jazz terbesar di Indonesia ini.

    (Baca Juga: Perpaduan Seni Lagu Jawa Dalam Alunan Musik Jazz)


    3. Synchronize Fest


    Diselenggarakan di bulan Oktober, Synchronize Fest jadi panggung musik multi-genre yang menarik perhatian di tahun ini. Setiap tahunnya, acara ini selalu dimeriahkan dengan musik-musik era 70 hingga kekinian. Di tahun 2019 ini, Synchronize telah memasuki tahun ke-4 penyelenggarakannya dengan menghadirkan kurang lebih 131 pemusik yang menghibur pecinta musik tanah air. 


    4. Hammersonic


    Penggila musik rock dan metal pasti tak asing dengan festival musik yang satu ini. Hammersonic hadir di Indonesia sejak 2012. Biasa diselenggarakan pada bulan Maret, festival yang satu ini selalu mendatangkan para musisi rock ternama dari dalam dan luar negeri. Di antaranya yang pernah hadir Slipknot, Black Flag, Burgerkill dan lainnya. 

    (Baca Juga: Acara Bali Kite Festival Kembali Diselenggarakan)


    5. Folk Music Festival 

    Folk Music Festival hadir sebagai acara musik yang paling dinanti oleh para pecinta genre folk di tahun 2019. Mengambil tempat di alam terbuka, festival ini tak hanya sekedar mengajak pecinta musik untuk mendengarkan dan bernyanyi bersama para musisi, tapi juga menikmati pemandangan dan bertemu dengan orang baru. Jika biasanya festival musik selalu disaksikan dengan cara berdiri, berbeda dengan Folk Music Festival yang mengajak para pengunjung untuk duduk di atas rumput. Biasa diselenggarakan di kota Malang, acara ini telah dihelat sejak tahun 2014.

    6. LaLaLa Fest

    Berlokasi di hutan yang dikelilingi oleh pepohonan tinggi, festival musik LaLaLa Fest digelar. Dengan mengundang para musisi dari dalam dan luar negeri, acara ini juga biasanya mengajak para pengunjungnya untuk mengenakan busana serba Bohemian style atau dikenal dengan sebutan Boho. Menghadirkan sejumlah musisi tanah air dan luar negeri acara ini jadi favorit di dunia permusikan di tahun 2019.

    (Baca Juga: Lalala Festival 2019)


    7. Soundrenaline

    Mendatangkan sejumlah musisi tanah air, Soundrenaline merupakan festival musik yang banyak diminati dari tahun ke tahun. Festival yang satu ini telah hadir di Indonesia sejak tahun 2000-an dan berkembang setiap tahunnya. Mengambil tema-tema berbeda di setiap pertunjukannya, beberapa musisi berhasil memeriahkan panggung festival ini seperti, Tulus, The Upstairs, The Sigit dan lainnya.


    8. Prambanan Jazz

    Sensasi menonton musik sambil melihat bangunan bersejarah, bisa dirasakan jika hadir di Prambanan Jazz. Berbeda dari yang lainnya, perhelatannya terletak di Candi Prambanan dengan menghadirkan musisi-musisi ternama dari dalam negeri. Telah hadir sejak tahun 2015, festival ini terus diminati hingga sampai saat ini. 

    (Baca Juga: David Foster dan Robin Thicke Tampil di Java Jazz Festival 2016)


    9. Jazz Gunung

    Menikmati lantunan musik jazz dengan pesona gunung akan dirasakan jika menghadiri festival Jazz Gunung. Turut menghadirkan beragam musisi tanah air seperti Yuri Mahatma,Candra Darusman dan lainnya, festival ini tak bisa dilewatkan terutama pecinta musik jazz tanah air.


    10. DWP 


    Djakarta Warehouse Project atau DWP merupakan festival musik yang paling dinanti, terutama bagi penyuka irama musik Electronic Dance Music (EDM). Melansir laman Katadata, festival musik ini telah hadir di Indonesia sejak 2008, dengan nama Blowfish Warehouse Project dengan konsep indoor dan diselenggarakan di suatu klub malam. Sempat vakum di tahun 2009, namun DWP hadir kembali sampai tahun ini. Diselenggarakan sejak 13 Desember hingga 15 Desember, diantara line upnya adalah Calvin Harris, Jonas Blue, Disclosure, Skrilex, Martin Garrix, Zedd dan lainnya