Perpaduan Seni Lagu Jawa Dalam Alunan Musik Jazz



  • Sebagai anak-anak muda di Indonesia, kita patut berbangga hati karena semakin banyak teman-teman kreatif dan inovatif untuk mengembangkan seni dan budaya tradisional dengan cita rasa global. Galeri Indonesia Kaya bersama Swing Boss Jazz Band dan Sruti Respati menampilkan sebuah pertunjukan kolaborasi lagu asli tanah Jawa dengan musik Jazz yang menghasilkan harmonisasi suara indah dalam A Jazz Tribute to Javanese Folksongs pada tanggal 15 Maret lalu.

    Tradisi Jawa dan Jazz sama-sama memiliki akar yang kuat. Tradisi ratusan tahun budaya Jawa memiliki berbagai ritual, mitos, dan lagu-lagu rakyat mengagumkan yang diwariskan secara turun temurun, sedangkan tradisi Jazz yang berasal dari komunitas Afrika di Amerika berhasil menjadi jenis musik yang didengar seluruh dunia dan mencerminkan kekuatan global.

    Pertunjukan yang berlangsung selama 70 menit ini menyajikan iringan lagu seperti Rek Ayo Rek, Dondong Opo Salak, Suwe Ora Jamu, Gundul Pacul, Jangkrik Genggong, dan Gambang Suling. Semuanya dibawakan dalam balutan bossanova dan swing yang kental.



     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: DOK. GALERI INDONESIA KAYA)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below