5 Cara Atasi Nyeri Akibat Asam Lambung



  • 5 Hal berikut dapat membantu Anda mengurangi nyeri akibat naiknya asam lambung:

    Mengunyah Permen Karet 30 Menit

    > Menurut Rebecca Moazzez, DPhil dari King's College London, mengunyah permen karet dapat merangsang laju pelepasan air liur. Hal itu mampu mencuci lebih cepat asam yang terakumulasi di perut.



    Minum Larutan Baking Soda

    > Larutkan 1/2 sampai 1 sendok teh baking soda dengan air, lalu minum. Sifat baking soda yang basa dapat membantu mentralisir asam pada lambung.

    Minum Campuran Setengah Gelas Air dan Lidah Buaya

    > Lidah buaya bisa meredakan inflamasi di esofagus (kerongkongan) saat asam di lambung naik ke kerongkongan, kata Victor Sierpina MD dari University of Texas Medical Branch.

    Konsumsi Makanan yang Mengandung Jahe

    > Jahe bermanfaat bagi penderita refluks asam lambung hanya jika dikonsumsi dengan takaran pas. Usahakan konsumsi jahe kurang dari 2-4 gram sehari.

    Makan Buah Pisang

    > Buah ini bisa menjadi antasida alami bagi lambung, dengan cara kerja yakni melapisi dinding perut dan saluran cerna supaya tidak teriritasi oleh asam lambung.

     

    (TEKS: MONADISA UTAMI DEWI / FOTO: HER WORLD)