12 Desainer Muda Indonesia yang Karyanya Menginspirasi


  • 12 Desainer Muda Indonesia yang Karyanya Menginspirasi
    Sejumlah desainer muda Indonesia yang menginspirasi(Foto:Dok.Berbagai Sumber/Instagram)


    Berkat rancangan busana yang menarik, sejumlah desainer Indonesia mendapat tempat dan perhatian hingga ke luar negeri dan tingkat internasional. Karya-karya mereka dikenakan publik figur ternama atau ada juga yang tampil di pekan mode bergengsi.

    Nama-nama desainer seperti Tex Saverio, Harry Halim, Julianto, Dian Pelangi, Restu Anggraini hingga Risa Maharani membuat geliat dunia mode Indonesia makin menarik untuk diikuti. Tentu saja masih banyak yang lain yang tak kalah menariknya. 



    Diantara sejumlah nama tersebut, berikut sederet desainer muda Indonesia yang karyanya menarik untuk disimak dan juga menginspirasi. 

    (Baca Juga: 7 Desainer Busana Muslim Indonesia yang Menginspirasi)


    1. Risa Maharani


    Usai lulus dari bangku SMK, Risa Maharani (21) meraih juara Modest Young Designer Competition (MYDC) 2019 yang digelar Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST). Bahkan, baru-baru ini pula Risa juga menampilkan ragam karyanya di La Mode Sur La Seine a Paris, di Prancis. Risa meluncurkan koleksi ready to wear yang menarik perhatian, seperti tunik, hijab, gaun dan juga rok unik yang bisa dikenakan siapapun yang menyukainya. Dirinya pun telah meluncurkan label pribadinya yaitu 'RISA'.


    2. Rafi Ridwan


    Rafi Ridwan jadi salah satu desainer muda Indonesia yang karyanya telah terdengar hingga ke luar negeri. Bereksplorasi dengan kain tenun pria berusia 17 tahun itu telah mengikuti ragam acara fesyen seperti El Paso Fashion Week di Texas dan Jakarta Fashion Week di tahun 2012. Yang menariknya lagi, dipakai oleh Michelle Obama Tyra Banks America's Next Top Model. Meskipun terlahir sebagai seorang yang punya masalah dengan pendengaran, cita-citanya sebagai desainer tak membuatnya terhambat. Bahkan di usianya yang masih belia, Rafi Ridwan telah berkolaborasi dengan desainer ternama Barli Asmara.

    (Baca Juga: 15 Kata-Kata Bijak Para Desainer Mode Dunia)


    3. Islamia Aprillia


    Membuat muslim wear, perempuan kelahiran tahun 1993 ini telah mengikuti ragam fashion show ternama seperti Jakarta Islamic Fashion Week, Indonesia Islamic Fashion Fair dan Indonesia Fashion Week. Selain terkenal di dalam negeri, pendiri label busana 'Aprilia' itu pun telah dikenal di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

    (Baca Juga: 7 Seniman, 3 Desainer Hadirkan Wujud Lain 'Maleficent')


    4. Aurelia Joyann Trudy


    Aurelia Joyann Trudy (18)memamerkan rancangannya di gelaran Paris Fashion Week beberapa bulan lalu. Bersama Fashion Division, ia memperlihatkan sejumlah karyanya dalam gelaran di Hotel Le Marois Salons France-Ameriques di Paris.

    (Baca Juga: Inspirasi Busana Muslim dari 4 Desainer di Muffest 2019)


    5. Tities Sapoetra


    Telah bergelut dengan dunia fesyen sejak lama, Titie Sapoetra mengikuti sejumlah gelaran fashion show, seperti Jakarta Fashion Week, dan Fashion Division Paris Fashion Show Spring Summer 2019 . Eksplorasi potongan busananya pun tak biasa, sehingga memberikan khas dari semua rancangannya.

    (Baca Juga: 18 Desainer Indonesia Pamer Karya di 'La Mode a Paris')


    6. Dian Pelangi


    Perempuan berusia 28 tahun ini telah mengharumkan nama Indonesia ke negara internasional. Karya-karyanya pula masuk dalam gelaran fashion show di Indonesia dan luar negeri. Diantaranya yang diikuti adalah Jakarta Fashion Week, Couture Fashion Week New York dan lainnya. Bahkan beberapa karyanya pun mendapat pujian oleh Miss USA beberapa waktu lalu.

    (Baca Juga: 10 Desainer di Instagram yang Harus di Follow)


    7. Yosep Sinudarsono



    Merancang ragam busana, beberapa diantara karyanya telah digunakan oleh sejumlah selebriti hollywood. Diusianya yang masih muda, dirinya pernah membuat gaun cantik untuk penyanyi Estelle dan artis Judy Myers. Selain itu, Yosep pula merancang busana untuk Terri Seymour dan Malin Akerman untuk ajang bergengsi Golden Globe Awards beberapa tahun lalu.


    8. Tex Saverio




    Selain berprestasi, rancangan busananya berhasil mengharumkan nama Indonesia hingga ke ranah Hollywood. Rancangan busananya pernah dikenakan sejumlah selebriti seperti Lady Gaga, Jennifer Lawrence, Kim Kardashian dan lainnya. 


    9. Andandika Surasetja


    Creative director untuk brand lokal Studio Moral, Andandika Surasetja memberikan melahirkan ragam busana yang berbeda. Di tahun lalu, dengan mengusung tema 'Perspektif' dalam gelaran Fimela Fest, lebel ini berkolaborasi dengan tuna netra yang memberikan pandangan mengenai dunia dalam perspektif mereka. Dengan menuangkan ide tersebut dalam potongan ready to wear, bahan yang digunakan pun diambil dari terpal, plastik dan bahan-bahan arsitektural. 


    10. Amot Syamsuri Muda


    Fashion designer muda dari Indonesia, Amot Syamsuri Muda meluncurkan ragam busana yang menarik perhatian dan menginspirasi. Salah satu koleksinya mengambil tema alam dan manusia yang dituang dalam rancangan busananya. Idenya itu kemudian dibuat jadi mode fesyen seperti kemeja, celana, coat dan aksesoris. Ragam koleksi itu dia beri lebel 'AMOTSYAMSURIMUDA'.

    11. Sergio Berlino


    Ragam menswear dari Rigio jadi salah satu mode fesyen yang menginspirasi karya anak negeri. Sergio Berlino jadi salah satu creative direction untuk brand ini menghadirkan busana yang kekinian dengan warna-warna redup. 

    12. Julianto



    Menarik perhatian sejumlah pecinta fesyen, Julianto salah satunya dari kalangan desainer muda yang memamerkan karyanya di panggung New York Fashion Week/Summer 2020. Ragam busana wanita yang terdiri dari gaun panjang dan pendek hadir dengan potongan dan sentuhan pernak-pernik epik. Sebelumnya dia pun pernah menampilkan rancangan busananya di Jakarta Fashion Week dan Hongkong Fashion Week tahun lalu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below