10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Mancanegara


  • 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Mancanegara
    Ragam makanan khas Indonesia yang diminati hingga penduduk mancanegara(Foto:Dok/Beepdo.com)


    Aneka cita rasa dari kuliner Indonesia jadi sajian yang dirindukan sebagian orang, terlebih jika pernah mencicipinya. Kekayaan rempah-rempah pada bumbunya, tak hanya buat ketagihan lidah masyarakat tanah ait, tapi juga penduduk mancanegara. Bahkan beberapa masakannya kian mengharumkan nama bangsa di negara lain.

    Salah satunya gado-gado yang disajikan Paula Astrid Unu jadi juara pertama pada kategori tampilan sajian estetika di Italia. Selain itu, ada pula rendang yang disebut sebagai makanan terenak di dunia dalam gelaran bergengsi di Jerman beberapa tahun lalu.



    Dari banyaknya jenis makanan khas Indonesia, berikut 10 diantaranya yang terkenal hingga mancanegara:

    (Baca Juga: 10 Masakan Lezat Dari Olahan Daging Sapi dan Kambing)


    1. Rendang


    (Rendang jadi makanan favorit di dunia.Foto:Dok/Beepdo.com)

    Ditahun 2017 CNN memberikan urutan 50 makanan terenak di dunia. Rendang menjadi salah satu makanan yang menduduki peringkat pertama dengan ke-khasan bumbu dan daging yang empuk. Di voting melalui Facebook, rendang merain 35.000 voting untuk jadi makanan terenak di dunia.


    2. Nasi Goreng


    (Nasi goreng jadi makanan yang diminati banyak orang.Foto:Dok/Serious Eats)

    Jika rendang berhasil duduk diposisi pertama pada ajang itu, Nasi Goreng menduduki posisi ke dua yang banyak diminati. Tak hanya orang Indonesia, bahkan salah satu personil girl band Red Velvet, Seulgi pun mengatakan bahwa dirinya sangat menyukai nasi goreng ketika mencicipinya.

    "Tadi pagi saya mencicipi nasi goreng, rasanya enak sekali. Saya pernah mencoba di tempat lain, tapi di Indonesia paling enak," ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu dalam jumpa pers 'The ReVe Festival' Day 2, pada Selasa(3/9).

    (Baca Juga: Mencicipi 'Indonesia' lewat Makanan Khas Daerah)


    3. Sate


    (Ragam rasa sate kian diminati oleh masyarakat di Indonesia dan luar negeri.Foto:Dok/Unilever Food Solution)

    Selain rendang dan nasi goreng, ada pula sate yang menduduki posisi ke-14 yang jadi makanan khas Indonesia paling disukai. Diolah dari daging sapi, ayam dan kambing, sate biasanya ditemani oleh bumbu kacang atau bumbu kecap dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Bahkan di negara Amerika ada pula restoran yang menyediakan sate ayam yang jadi makanan andalanya di 'Satay Junction'.


    4. Gudeg


    (Gudeg khas Yogyakarta yang diminati.Foto:Dok/Gudeg Yu Djum Pusat)

    Berasal dari Yogyakarta, Gudeg tak hanya memanjakan lidah Indonesia, tapi juga penduduk dari negara lain. Campuran krecek, nangka dan telur yang disajikan dengan nasi itu pula jadi hidangan salah satu restoran yang berada di Melbourne, Australia.

    (Baca Juga: Lezatnya Makanan Indonesia di Soulfood)


    5. Sop Buntut


    (Sop buntut jadi makanan yang disajikan di Spanyol.Foto:Dok/Unilever Food Solutions)

    Kaldunya yang gurih buat siapapun pasti ketagihan ketika mencicipi Sop Buntut hangat dengan nasi. Potongan ekor sapi yang diracik dengan sayur wortel, tomat, dan seledri ini pula pernah jadi santapan di Kedutaan Besar Republik Indonesia yang terletak di Madrid, Spanyol.


    6. Gado-Gado


    (Gado-gado jadi makanan favorit dan memenangkan kompetisi.Foto:Dok/Lazy Cat Kitchen)

    Salah satu juru masak Indonesia, Paula Astrid Unu pernah meracik gado-gado hingga menduduki peringat I di tahun 2010. Makanan ini memenangkan kategori tampilan sajian di ajang lomba masak Liotorale Flegreo Nel Mondo (Lomba Masak Internasional) di Napoli, Italia. Sehingga gado-gado jadi makanan yang diminati oleh berbagai penduduk di mancanegara.

    (Baca Juga: Mencicipi Kuliner Khas di Indonesia Food & Art Festival)


    7. Tempe


    (Aneka olahan yang terbuat dari tempe.Foto:Dok/Wikipedia)

    Jadi jajanan street food di London, Tempe jadi makanan khas Indonesia yang jadi favorit di dunia. Terbuat dari kacang kedelai, makanan yang disatu ini bisa diracik dan diolah jadi berbagai masakan yang menggugah selera. Bahkan, di London, 'Warung Tempeh' jadi tempat makan yang diminati oleh pengunjung disekitarnya.


    8. Bakso


    (Bakso yang nikmat dan lezat.Foto:Dok/Pingpoint)

    Segarnya kuah bakso dan daging bulat yang empuk itu tak hanya memanjakan lidah orang Indonesia tapi juga warga negara yang berada di Tiongkok. Campuran mie, daging olahan dan lainnya membuat bakso sayang untuk dilewatkan.

    (Baca Juga: Cara Membuat Bakso Sapi Kuah)


    9. Soto


    (Soto kian diminati di negara Jepang.Foto:Dok/Unilever Food Solutions)

    Berasal dari berbagai daerah di Indonesia, soto memiliki ciri khasnya tersendiri. Adalah Makasar dan Betawi yang menjadikannya makanan khas asal daerah itu, soto ternyata jadi makanan yang diminati oleh warga Ibaraki yang berada di negri Sakura, Jepang. 


    10. Mie Goreng


    (Racikan mie goreng asal Indonesia yang menggugah selera.Foto:Dok/Pinch of Yum)

    Jadi makanan favorit orang China dan Jepang, mie goreng makanan khas Indonesia penuh dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Rasa manis dan pedas buat siapapun ketagihan ketika mencicipinya.

    Dari semua kuliner khas Indonesia yang dikenal dan disukai di dunia tersebut, manakah yang jadi favoritmu?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below