Kenali 10 Tanda Bahwa Diri Siap Menikah Dengan Pasangan


  • Kenali 10 Tanda Bahwa Diri Siap Menikah Dengan Pasangan
    Kenali tanda-tanda bahwa dirimu telah siap untuk menikah(Foto:Dok/Pexels)


    Pernikahan jadi fase yang lebih serius dari para pasangan yang telah menjalani hubungan. Mengenal satu sama lain dan saling jatuh cinta bisa jadi tanda bahwa dirimu siap untuk menikah dengannya. Namun, apakah kamu telah siap untuk memasuki fase itu?

    Melansir dari laman lifehack, banyak tanda yang harus dipahami sebelum masuk ke dalam ikatan janji pernikahan. Menyatukan dua kehidupan yang semula menjalaninya sendiri dibutuhkan faktor pendukung agar berjalan dengan lancar. Selain keyakinan diri sendiri, ada pula keluarga dan teman yang jadi pendukung untuk kesiapan diri jika ingin memasuki fase tersebut.

    Meski beberapa tanda telah terlihat, jangan terburu-buru memutuskannya. Mari simak 10 tanda bahwa dirimu telah siap untuk menikah:

    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk Keluar Dari 'Toxic Relationship')


    1. Kamu punya Alasannya


    (Punya alasan kuat untuk menikah.Foto:Dok/Pexels)

    Beberapa orang bilang bahwa cinta tak butuh alasan, tapi hal ini berbeda dengan pernikahan. Jika kamu berkeinginan besar untuk berbagi waktu berdua dengan pasanganmu, dan berpikir bahwa banyak sekali keuntungan setelah menikah nanti, itu bertanda bahwa dirimu siap untuk memasuki fase itu.


    2. Merancang Rumah Tangga bukan Hanya Pernikahan


    (Tidak hanya fokus pada pesta pernikahan.Foto:Dok/Pexels)


    Pesta pernikahan kerap jadi momen yang dinanti oleh mereka yang berencana memasuki fase yang satu ini. Namun, pernikahan tidaklah hanya akan dijalani dalam satu hari. Oleh karenanya, jika kamu telah memikirkan hal apa saja yang telah kamu persiapkan untuk hidup selanjutnya setelah menikah nanti, itu bertanda bahwa kamu telah siap untuk menikah.

    (Baca Juga: Tanda-Tanda Anda dan Pasangan Sudah Siap Memiliki Anak)


    3. Kamu Telah Puas Menjalani Hidup Sendiri

    Penelitian menyebutkan bahwa ketika kamu beranjak dewasa, minimal usiamu telah mencapai 25 tahun, kamu telah memiliki pola hidup yang lebih matang. Sehingga, kamu sudah bisa menentukan mana yang baik dan buruk untuk hidupmu ke depannya.


    4. Memiliki Hubungan yang Serius


    (Perbincanganmu lebih sering menuju ke masa depan.Foto:Dok/Pexels)


    Ketika kamu menjalin hubungan bersama pasanganmu dengan serius, kamu akan banyak meluangkan waktu bersamanya lebih banyak. Hal ini bisa jadi tanda bahwa dirimu siap untuk menikah. Memasuki jenjang pernikahan, akan membuatmu berbagi waktu dengannya lebih banyak, sehingga kamu tak ada lagi privasi diantara keduanya.

    (Baca Juga: Lima Tanda Pernikahan Anda Harus Ditunda)


    5. Paham dan Percaya Pada Pasanganmu


    (Percaya pada pasanganmu.Foto:Dok/Pexels)

    Meski sudah menjalani hubungan yang lama, bukan berarti kamu harus menikah dengannya. Menikahlah karena kamu telah mengenal dan percaya padanya, bukan karena waktu yang telah banyak kamu lalui bersama.


    6. Tidak Ingin Mengubah Karakter Pasangan

    Menikahlah dengan pasanganmu karena cinta apa adanya. Jangan pernah berpikir untuk menikahinya karena ingin mengubah sifat yang tidak kamu suka dari dirinya. 

    (Baca Juga: Tanda-Tanda Pasangan Tidak Siap Berkomitmen)


    7. Perbaiki Hubungan Bersama

    Jika kamu berpikir pernikahan adalah jalan keluar dari masalahmu dengan si dia, mungkin hal ini tidaklah benar. Cobalah untuk berkomunikasi terlebih dahulu dan selesaikan masalahnya bersama. Jika kemudian hal ini berhasil kamu lakukan, maka pernikahanmu bisa jadi lebih kuat dari hubungan lainnya.


    8. Punya Visi dan Misi Hidup Bersama


    (Membangun rencana masa depan bersama.Foto:Dok/Pexels)

    Membangun visi dan misi bersama dengan pasanganmu seumur hidup, haruslah kamu pikirkan hingga sekarang. Jika kamu telah memiliki rencana hidup bersama yang harus dilalui berbagai rintangannya, hal itu bisa jadi tanda bahwa dirimu siap untuk menikah!

    (Baca Juga: 5 Tren Pernikahan Yang Jadi Favorit Saat Ini)


    9. Keluarga & Temanmu Menyukai Pasanganmu

    Pernikahan tidaklah hanya tentang dirimu dan pasanganmu saja. Kedua keluarga juga harus saling menyatu, serta disetujui oleh teman-temanmu. Jika teman dan keluargamu dan pasanganmu telah mengenal satu sama lain, bisa jadi ini tanda bahwa mereka mendukungmu untuk memasuki fase pernikahan.


    10. Tak Bisa Berpisah Dengan Pasangan 


    (Tak ingin berpisah dengan pasangan.Foto:Dok/Pexels)

    Yang jadi tanda bahwa dirimu siap menikah adalah kamu jatuh cinta pada pasanganmu. Kamu bahkan tak pernah memikirkan untuk hidup bersama orang lain selain dirinya. Bila kamu merasa bahagia ketika bersamanya, hal ini bisa menguatkan niatmu untuk memasuki fase pernikahan.

    Dari 10 tanda di atas, manakah yang telah kamu alami?


 

Related Articles