5 Cara Mudah Untuk Keluar Dari 'Toxic Relationship'


  • 5 Cara Mudah Untuk Keluar Dari 'Toxic Relationship'
    Cara untuk keluar dari hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship(Foto:Dok.Odonata/Pexels)


    Menjalin hubungan dengan seseorang, kerap kali dihujani oleh perdebatan dan perselisihan. Jika terlalu sering terjadi apakah hubungan tersebut baik untuk dilanjutkan?

    Berbagai faktor dari rasa cemburu berlebihan ataupun marah yang melampaui batas dari pasanganmu atau pun dirimu, yang kian membuatmu stres dan menghambat perkembanganmu bisa jadi 'Toxic Relationship'. Hal ini tentunya jadi hal yang tidak baik untuk dirimu dan pasanganmu.

    Meskipun sulit melepaskan, tapi hubungan ini kerap tak baik untuk dilanjutkan. Jika kamu berada di masa-masa seperti ini, berikut cara agar kamu bisa keluar dari jeratan hubungan yang berefek negatif tersebut.

    (Baca Juga: 7 Tanda Toxic Relationship Yang Harus Diketahui)


    1. Mempelajari Beragam Tanda


    (Cari tau mengenai ciri-ciri toxic relationshio.Foto:Dok.Dung Nhan/Pexels)


    Jika kamu sudah mulai merasakan cemas berlebihan dan terlalu banyak pertengkaran, hal itu bisa jadi salah satu tanda bahwa hubunganmu telah masuk ke dalam toxic relationship. Hal ini bisa kamu hindari dengan berkomunikasi bersama pasanganmu dengan baik.


    2. Lakukan Hal Positif


    (Melakukan beragam kegiatan positif.Foto:Dok.Prasanth/Pexels)

    Berkumpul bersama teman dan keluarga, serta mengikuti berbagai kegiatan positif bisa jadi upaya untuk mengeluarkanmu dari hubungan yang tidak sehat. Kesibukan yang ada akan membuatmu lupa dengan masalah dengan pasanganmu, sehingga hubunganmu bisa terjalin dengan sehat kembali.

    (Baca Juga: 5 Tipe Perempuan Dalam Hubungan)


    3. Sayangi Dirimu


    (Mencintai dirimu sendiri.Foto:Dok/Pexels)

    Menyayangi diri sendiri tidak selalu membuat dirimu menjadi orang yang egois. Sesekali kamu perlu memikirkan dirimu terlebih dahulu sebelum memikirkan orang lain. Lakukanlah meditasi dan refleksi yang bisa buat dirimu kembali bahagia.


    4. Jangan Gegabah


    (Buatlah list baik dan buruk dari pasanganmu.Foto:Dok.picjumbo/Pexels)

    Meskipun hubunganmu masuk ke dalam Toxic Relationship, bukan berarti menghilangkan perasaan jadi suatu hal yang mudah. Kamu bisa jadi akan dihantui oleh kenang-kenangan bersamanya. Oleh karenanya, jangan terburu-buru untuk memutuskan hubunganmu. Buatlah daftar 'Bad and Good Side' dari hubunganmu saat pikiranmu jernih. Lalu buatlah keputusanmu!

    (Baca Juga: Kunci Hubungan Sukses, Ada Hubungannya dengan SMS)


    5. Minta Bantuan Seorang Profesional


    (Sharing masalahmu bersama orang yang profesional.Foto:Dok.Christina Morillo/Pexels

    Jika kamu merasa kesulitan untuk menyelesaikannya sendirian, kamu bisa meminta bantuan seorang psikolog atau penasihat untuk membantumu untuk keluar dari jeratan Toxic Relationship, disaat kamu tak bisa berpikir dan membuat keputusan sendiri.


 

Related Articles