7 Tanda Toxic Relationship Yang Harus Diketahui


  • 7 Tanda Toxic Relationship Yang Harus Diketahui
    Ilustrasi toxic relationship (Foto:Dok.Vera Arsic/Pexels)


    Dalam menjalin hubungan, tidak selamanya dibumbui oleh perasaan senang dan bahagia. Berbagai masalah bisa saja muncul karena ego yang saling ingin dipuaskan. 

    Oleh karenanya, tak jarang kamu atau mungkin pasanganmu, mengalah dan meredakan emosi demi bertahannya hubunganmu. Namun, apakah hal tersebut memang baik adanya?

    (Baca Juga: 4 Kebiasaan Penghancur Hubungan)

    Selalu mengalah dan mengikuti segala keinginan pasanganmu, bukanlah hal yang selamanya baik untuk dilakukan dalam hubunganmu. Hal ini bisa saja menjeratmu dalam hubungan yang toxic atau toxic relationship.

    Tanpa disadari, kamu mulai kehilangan jati dirimu sendiri karena mementingkan hubungan yang sebetulnya tidak lagi sehat untuk dipertahankan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 tanda bahwa dirimu telah masuk ke dalam toxic relationship:

    (Baca Juga: Kunci Hubungan Langgeng: Saling Percaya (II))


    1. Tidak Menjadi Dirimu Sendiri

    Menjadi diri sendiri dalam sebuah hubungan, merupakan hal yang terpenting dari pasangan dan juga dirimu. Jika kamu mulai kehilangan jati dirimu yang sebenarnya, dan tidak merubahmu menjadi orang yang lebih baik, itu bertanda kamu sedang menjalani hubungan yang toxic.

    2. Melupakan Kebahagiaan Untuk Diri Sendiri


    (Ilustrasi melupakan kebahagiaan diri sendiri.Foto:Dok.Nathan Cowley/Pexels)

    Sebuah hubungan akan dijalani oleh dua orang yang berbeda, kebahagiaan untuk keduanya adalah keutamaan untuk membangun goals relationship. Jika, hanya kamu yang mementingkan kebahagiaan pasanganmu dan kamu tidak merasakannya, mungkin kamu telah masuk ke dalam hubungan yang salah.

    (Baca Juga: Tanda-Tanda Anda Berada di Hubungan yang Buntu)


    3. Anti Sosial

    Menjalin hubungan dengan pasanganmu, seharusnya bisa menambah teman dan kerabat baru untukmu, dan bukan sebaliknya. Toxic relationship memungkinkan untuk membuatmu jauh dari teman-temanmu. Hal ini seharusnya tidak terjadi di dalam hubungan yang sehat.

    4. Tidak Merasa Nyaman

    Ketika kamu merasa tidak nyaman atau tegang saat berada di sekitar pasanganmu, hal ini bukanlah tujuan dari suatu hubungan. Energi negatif yang mengelilingimu akan mempengaruhi pikiran serta emosionalmu yang bisa menimbulkan stres.

    5. Selalu Salah


    (Ilustrasi tidak pernah benar dan selalu salah.Foto:Dok.Gratisography/Pexels)

    Jika apa yang kamu lakukan selalu salah di matanya, mungkin kamu perlu menyadari bukan kamu masalah yang sesungguhnya. Saling menerima dan melengkapi adalah salah satu kunci hubungan yang sehat. Jika kamu tidak merasakannya, bisa saja hubungan ini bukanlah yang baik untuk dirimu.

    (Baca Juga: Di Balik Rumor Hubungan Brad Pitt-Charlize Theron)

    6. Bergantung Pada Pasangan

    Selalu bergantung pada pasanganmu disegala situasi bukanlah pilihan yang tepat untuk membangun hubungan yang positif. Toxic relationship bisa membuatmu melupakan orang lain dan kemampuan dirimu sendiri untuk mengendalikan banyak hal.

    7. Berubah Ke Arah Negatif

    Toxic Relationship bisa membuatmu berubah ke arah negatif, di antaranya mudah marah, berkata kasar, dan bahayanya pula melakukan tindak kekerasan. Hal ini tentu tidak baik untuk dirimu dan juga orang lain.

    Untuk itu, penting bagimu untuk mempertahankan hubunganmu dengan pasanganmu. Namun, kenalilah ciri-ciri dan tandanya agar kamu terhindar dari toxic relationship.