7 Makanan Sehat Untuk Cegah Kanker Payudara


  • 7 Makanan Sehat Untuk Cegah Kanker Payudara
    Berbagai makanan sehat untuk cegah kanker payudara(Foto:Dok.Trang Doang/Pexels)


    Kanker payudara jadi salah satu penyakit yang bisa menyerang siapapun. Terutama bagi mereka yang berusia lanjut, dan turunan keluarga. Lalu bagaimana cara mencegahnya?

    Menjalani pola hidup sehat bisa jadi upaya untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara di dalam tubuh. Selain berolahraga, tubuh juga perlu diberikan gizi dari makanan yang kaya akan zat-zat baik. Di antaranya adalah sayur, buah-buahan.



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut makanan yang menutrisi dan ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker payudara:

    (Baca Juga: 8 Upaya Cegah Risiko Terserang Kanker Payudara)


    1. Sayur


    (Sayur dan buah-buahan untuk mencegah kanker payudara)

    Sel kanker payudara bisa tumbuh dari mana pun. Sehingga mengonsumsi sayur sangat penting untuk mencegah penyakit ini. Dilansir dari Medical News Today, sebuah studi menemukan 91,799 wanita yang menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi sayur, bisa mengurangi risiko terserang kanker payudara sebesar 15%. Di antaranya adalah bayam, brokoli dan jamur. 


    2. Biji-Bijian


    (Biji-bijian untuk pencegah kanker payudara.Foto:Dok.Mike/Pexels)

    Biji-bijian memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga ampuh untuk mencegah sel kanker tumbuh, terutama di daerah payudara. Hal ini dikarenakan antioksidan bisa meningkatkan jumlah radikal bebas dan kayak akan vitamin C dan E.

    (Baca Juga: Lovepink Ajak Masyarakat Untuk Deteksi Kanker Payudara)


    3. Lemak Baik Dari Buah-buahan


    (Buah alpukat yang kaya akan lemak baik.Foto:Dok/pexels)

    Tidak semua lemak berbahaya jika dikonsumsi. Bahkan, tubuh juga perlu mendapatkan asupan lemak untuk energi. Lemak baik itu bisa kamu dapatkan dari buah-buahan, seperti salah satunya buah alpukat. Selain itu pula, kaya akan vitamin dan antioksidan, buah bluberi, kenari dan delima jadi jenis buah yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker


    4. Kacang Kedelai


    (Kacang kedelai untuk kanker payudara.Foto:Dok.Rawpixels/Pexels)

    Zat Isoflavon yang dikandung kacang kedelai bisa mencegah pertumbuhan sel kanker payudara dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan ini pula bisa meningkatkan pertumbuhan hormon estrogen yang berperan untuk penyembuhan kanker payudara. 


    5. Telur 


    (Telur untuk cegah kanker payudara.Foto:Dok/Pexels)

    Untuk mencegah terserangnya penyakit kanker dalam tubuh, diperlukan makanan yang mengandung Kolin. Nutrisi itu bisa kamu dapatkan dalam telur. Bahkan menariknya, kandungan telur ini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada wanita hingga 24 persen.

    (Baca Juga: 6 Cara Untuk Memperingati 'Hari Kanker Payudara')


    6. Roti Gandum


    (Roti gandum baik untuk dikonsumsi untuk cegah kanker payudara.Foto:Dok.Malidate Van/Pexels)

    Kaya akan serat, mineral dan juga asam fitat phytonutrisi, roti gandum baik dikonsumsi untuk mereka yang terdiagnosa kanker payudara. Kandungan di dalamnya mampu bekerjasama untuk membasmi sel kanker payudara untuk menyebar.


    7. Salmon


    (Ikan salmon untuk cegah kanker payudara.Foto:Dok/Pexels)

    Sebesar 24 persen risiko kanker payudara bisa diturunkan dengan mengonsumsi ikan salmon. Selain vitamin D yang dikandungnya, makanan laut ini pula memiliki omega-3 dan asam asam docosahexaenoic (DHA) yang ampuh untuk mencegah penyebaran sel kanker payudara dan mengikisnya di dalam tubuh.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below