10 Langkah Cantik ala 'Korean Beauty'


  • 10 Langkah Cantik ala 'Korean Beauty'
    Sepuluh langkah cantik ala 'Korean Beauty'. (Foto: Wang Tom©123RF.com)

    Kecantikan wanita Korea memang tidak perlu diragukan lagi. Kulit halus dan bersih mereka pun menjadi idaman para wanita lainnya, tidak hanya di Asia, tetapi juga Amerika dan Eropa. 

    Ternyata, kecantikan tersebut bisa didapatkan melalui 10 langkah perawatan kulit ala Korea.

    Meskipun disebut sebagai 10 langkah perawatan kulit ala Korea, bukan berarti kamu harus melakukan semua langkah tersebut setiap harinya, tapi beberapa langkah di antaranya juga cukup.



    (Baca juga artikel: Rahasia Kecantikan Oriental, Dulu vs Kini)


    Langkah 1: Pembersih dengan bahan dasar minyak 

    Pembersih dengan bahan dasar minyak sangat ampuh untuk membersihkan sisa makeup yang susah dibersihkan dengan pembersih makeup, seperti maskara dan lipstik. Selain it, oil cleanser juga dibutuhkan untuk menghilangkan sisa-sisa produk lain yang memiliki bahan dasar minyak, seperti tabir surya.


    Langkah 2: Pembersih dengan bahan dasar air

    Jika biasanya kamu hanya membersihkan wajah satu kali, para wanita Korea membersihkan wajah mereka hingga dua kali. Setelah membersihkan dengan oil cleanser, gunakan pembersih dengan bahan dasar air seperti sabun cuci muka untuk menghilangkan kotoran, debu, dan bekas keringat.


    Langkah 3: Eksfoliator

    Dengan melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati akan terangkat sehingga pori-pori pun tidak tersumbat, sehingga kulit pun bisa terlihat lebih bersih dan cerah. Langkah ini cukup dilakukan hingga tiga kali seminggu. Jika kulit kamu termasuk yang sensitif, lakukan eksfoliasi satu kali seminggu saja.

    (Baca juga: 15 Tips Kecantikan Wajah Alami)


    Langkah 4: Toner

    Setelah melakukan proses pembersihan yang cukup banyak, kulit akan menjadi lebih ringkih dari biasanya. Agar mendapatkan hidrasi cukup, awali proses pelembapan kulit dengan menggunakan toner yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

    (Baca juga: 7 Pilihan Toner yang Tepat untuk Kulit Berminyak)


    Langkah 5: Esens

    Penggunaan esens merupakah langkah paling penting yang tidak dilewatkan oleh para wanita Korea. Meskipun merupakan produk yang mirip dengan serum dan booster, namun esens memiliki tekstur lebih ringan dan mampu memberikan hidrasi lebih dan membantu memperbaiki jaringan kulit.


    Langkah 6: Serum, booster, dan perawatan lainnya

    Jika kamu membutuhkan perawatan kulit ekstra, seperti mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, dan menyamarkan garis halus dengan cepat, maka langkah ini perlu untuk dilakukan setiap hari hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. 

    (Baca juga: Tips Kecantikan Wajah Alami Sebelum Tidur)


    Langkah 7: Masker

    Masker kini hadir dalam berbagai jenis. Mulai dari sheet mask yang praktis untuk digunakan hingga sleeping mask yang bisa dipakai semalaman selama tidur. Jika menggunakan masker setiap hari merepotkan terlalu untuk kamu, lakukan langkah ini setidaknya satu kali seminggu.

    (Baca juga: Mengenal Manfaat Masker Kopi Sesuai Kebutuhan Kulit)


    Langkah 8: Eye cream

    Kulit di sekitar mata lebih tipis dibandingkan dengan area lainnya, sehingga membutuhkan krim khusus untuk merawatnya. Gunakan eye cream untuk menghidrasi dan memberikan perlindungan lebih bagian tersebut. Aplikasikan dengan cara ditepuk lembut dan jangan digosok agar tidak merusak kulit di area tersebut.


    Langkah 9: Pelembap wajah

    Pelembap wajah kini tidak hanya tersedia dalam bentuk krim saja, tetapi juga gel, losion, dan emulsi. Apabila kamu memiliki kulit berminyak, pelembap wajah tetap wajib untuk digunakan. Gunakan pelembap wajah yang sesuai dengan kondisi kulit untuk mendapatkan kulit lembap bercahaya dan menghindari produksi minyak berlebihan.


    Langkah 10: Tabir surya

    Jika kamu hendak pergi keluar pada pagi dan siang hari, pastikan untuk memakai tabir surya untuk menghindari dampak buruk dari sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Jika tabir surya yang kamu miliki memiliki tingkat SPF rendah, aplikasikan ulang setelah beberapa jam pemakaian awal.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below