Life & health

7 Hal Kecil Yang Berdampak Besar Pada Karier

By : Kiki Riama Priskila - 2018-11-14 15:29:00 7 Hal Kecil Yang Berdampak Besar Pada Karier


Meski terkesan sepele, hal-hal kecil berikut ini bisa memberikan dampak besar bagi pertumbuhan karier kamu di tempat kerja.

Simak 7 hal kecil yang berdampak besar pada karier berikut ini:

(Baca juga: Tips untuk Meningkatkan Karier Anda Tahun Ini)


1. Mengundang atasan untuk ngopi

Tentunya atasan memiliki segudang pengalaman sukses yang bisa kamu pelajari. Kalau kamu sedang mengejar promosi atau sekadar butuh arahan demi meningkatkan tahapan karier selanjutnya, coba ajak atasan untuk sesi ngopi yang santai. Kalau sudah mendapat persetujuan, pastikan kamu memaksimalkan quality time tersebut.


2. Dokumentasikan keberhasilanmu

Meski kamu tak lagi mencari pekerjaan baru, mencatat semua keberhasilan akan memberikan arahan jelas tentang kualitas kerja. Hal ini tentu sangat penting (dan bisa dibuktikan) saat kamu sedang menunggu momen promosi, kenaikan gaji, atau tanggung-jawab baru di kantor.


3. Mengenal rekan kerja

Mendekatkan diri dengan tim kerja akan membuka kesempatan baru untuk bekerja dalam berbagai jenis proyek, mempelajari kemampuan baru, atau justru membangkitkan passion baru. Cukup ajak rekan kerja makan siang di luar kantor atau sekadar berbincang santai setelai rapat.


4. Meningkatkan kualitas menulis

Meski pekerjaan kamu bukan untuk menulis, meningkatkan kemampuan ini bisa membantu dalam tahapan karier berikutnya. Apa pun jenis pekerjaannya, kemampuan ini akan membuat kamu lebih percaya diri saat harus mengirimkan e-mail sensitif, menciptakan presentasi, dan membuat laporan menarik. Saat rekan kerja menyadari peningkatan kinerja kamu, mereka akan semakin mempercayaimu dengan tugas-tugas yang penting.


5. Lebih banyak bicara saat rapat

Mengutarakan opini memang bukan hal yang mudah, apalagi kalau kamu kurang percaya diri dengan ide tersebut. Namun dengan berbicara lebih sering dalam rapat, kamu akan menumbuhkan rasa percaya diri sekaligus menunjukkan pada rekan kerja lainnya bahwa kamu memang peduli pada topik tersebut. Plus, kalau ide kamu ternyata menarik, tentu atasan akan mengingatnya.


6. Ciptakan tantangan untuk diri sendiri

Salah satu alasan paling umum yang membuat kita mencari pekerjaan baru adalah rasa bosan. Jika kamu mengalami hal ini, ada baiknya untuk menciptakan tantangan kecil untuk diri sendiri. Mulai dengan mengganti rutinitas mingguan dan lihat dampaknya pada produktivitasmu. Atau bisa juga luangkan waktu untuk membuat daftar masalah dan memikirkan solusinya. Dengan begitu, otak akan terstimulasi untuk terus bertumbuh secara personal.


7. Belajar mengapresiasi orang lain

Belajar berinteraksi dengan orang lain adalah kunci bagi pertumbuhan kariermu. Salah satu hal tersulit saat bekerja dengan orang lain adalah mengetahui cara mengapresiasi mereka dengan sungguh-sungguh. Caranya mudah saja. Misalnya, kamu bisa mengungkapkan apa saja yang sukses kamu pelajari di kantor. Mungkin kamu tidak terbiasa melakukannya di awal, namun hal ini akan memberikan manfaat besar karena kamu juga akan mendapat apresiasi yang sama.

Life & health